Kembali ke Pressroom
24 Jun 2023

Permudah Melepas Rindu Kuliner Tradisional, BCA Tebar Cashback 30% Bagi Pengunjung Pasar Kangen


Solo, 24 Juni 2023 – Melepas rindu tidak pernah semudah di Pasar Kangen yang digelar di Pamedan Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah. Dukungan PT Bank Central Asia Tbk (BCA) dalam bentuk cashback sebesar 30% menambah gegap-gempita para pengunjung dalam melepas kerinduannya terhadap kuliner tradisional Nusantara.

Pasar Kangen sendiri merupakan acara tahunan yang biasa digelar di Yogyakarta sejak 2007. Acara ini mempertemukan tradisi, kuliner, kesenian, dan kreativitas serta mengemasnya dengan suasana tempo dulu. Pada tahun ini, Pasar Kangen untuk pertama kalinya digelar di Solo dan sekitar 60 UMKM dari Solo dan sekitarnya turut meramaikan hajatan istimewa ini. BCA menyambut baik gelaran tersebut dengan menebar promo menarik bagi pengunjung Pasar Kangen.

Pendiri sekaligus Ketua Pasar Kangen Jogja Ong Hari Wahyu bercerita bahwa Pasar Kangen merupakan bentuk usaha ketahanan pangan. Ong menambahkan, “Spirit yang mendasari Pasar Kangen itu adalah ketahanan pangan. Makanan lokal dan tradisi kita harus dipertahankan karena saat ini banyak gempuran makanan dari luar negeri. Sebab kuliner itu bagian dari kebudayaan, tidak sekadar makanan. Maka ini harus dipertahankan supaya generasi di bawah kita mengerti dan mengenal makanan khas kita.”

Guna menyemarakkan Pasar Kangen yang digelar selama 23-25 Juni 2023 ini, BCA hadir memberikan kejutan kepada pengunjung berupa cashback hingga 30% untuk 1.500 transaksi pertama. Promo ini berlaku untuk transaksi menggunakan QRIS di aplikasi myBCA, BCA mobile, dan Sakuku. Cukup menunjukkan bukti transaksi di booth BCA, pengunjung memperoleh cashback hingga Rp15.000 dengan transaksi minimal Rp50.000. Informasi lebih lengkap mengenai Pasar Kangen dapat dilihat di bca.id/pasarkangen.

EVP Corporate Communication & Social Responsibility BCA, Hera F. Haryn menyatakan promo tersebut hanya salah satu langkah konkret perseroan dalam mendukung pelestarian budaya Tanah Air yang begitu kaya. “Produk kebudayaan Indonesia begitu banyak sehingga menjadi panggilan bagi kami untuk turut memperkenalkan kuliner khas tradisional kepada masyarakat luas melalui Pasar Kangen ini. Tidak hanya dengan penawaran menarik, BCA juga berperan aktif dalam memberikan pembinaan kepada UMKM dalam mengembangkan bisnisnya,” ujar Hera.

Kontribusi BCA Terhadap UMKM Peserta Pasar Kangen

Sebagai perbankan nasional, ada berbagai cara dalam memberi dukungan untuk UMKM. Salah satunya dengan memberi pembinaan kepada UMKM agar memperoleh pengetahuan dan akses yang diperlukan dalam berbisnis. Sejumlah peserta yang merupakan binaan BCA merasakan betul bantuan BCA dari waktu ke waktu seperti halnya yang hadir sebagai tenant di Pasar Kangen ini.

Agung Ngoro, salah satu UMKM di bawah naungan Bangga Lokal BCA yang hadir sebagai peserta di Pasar Kangen, mengaku cara BCA dalam mendorong UMKM naik kelas tidak dengan cara instan seperti memberikan permodalan. “Jadi yang saya rasakan itu dampak terbesar itu adalah trust. Ketika ada agen atau pembeli grosir ada keraguan bertransaksi dengan kita, mereka bisa cek nama kita ada di website BCA. Event offline seperti ini juga sangat membantu karena memberikan eksposur yang tidak kecil bagi kita, ini yang jika diukur nilainya sangat besar,” tutur Albert Suproyogi, pemilik Agung Ngoro.

Hal serupa juga dirasakan oleh Demy Raharja, Ketua Pengelola Wisata Desa Wisata Wayang Wukirsari. Demy mengungkapkan, “Kehadiran BCA dalam mendukung kemajuan Desa Wisata Wayang Wukirsari tersalurkan dalam berbagai bentuk. Ada yang bentuknya promosi seperti yang kita lakukan di Pasar Kangen ini, pelatihan melayani tamu, digital marketing, kepemimpinan, hingga team building. Kami yang tadinya cuma bisa menjual wayang kepada tamu kini dapat menawarkan homestay dan 25 paket wisata lainnya kepada wisatawan.”

Dari sekitar 60 peserta Pasar Kangen di Pademan Pura Mangkunegaran ini, ada sekitar 5 UMKM yang berada di bawah binaan Bakti BCA, di antaranya Kampung Batik Gemar Sumilir, Wisata Wayang Desa Wukirsari, Agung Ngoro, Kopi Sirap/Doesoen Kopi Sirap, dan Sosis Solo Pojok Beteng. Gelaran Pasar Kangen ini merupakan bagian dari rangkaian acara ‘Satu dalam Cita’ yang menghadirkan pertunjukkan, pameran, serta lokakarya.

Keterangan Foto:

Melepas Rindu Lewat Kuliner Tradisional di Solo – Pasar Kangen resmi digelar di Pemadan Pura Mangkunegaran, Solo, pada 23-25 Juni 2023. Semarak Pasar Kangen yang pertama kali digelar di Solo ini turut diramaikan dengan cashback 30% dari BCA. Tidak hanya itu, sejumlah UMKM dan desa wisata binaan BCA yang menawarkan nilai-nilai tradisi dalam produknya juga berpartisipasi dalam ajang lepas rindu warga terhadap kuliner asli Indonesia ini.

##

Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 31 Maret 2023)

BCA merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial, UKM, dan konsumer. Pada akhir Maret 2023, BCA melayani lebih dari 36 juta rekening nasabah dan memproses sekitar 77 juta transaksi setiap harinya, didukung oleh 1.247 kantor cabang, 18.348 ATM, serta layanan internet & mobile banking dan contact center Halo BCA yang dapat diakses 24 jam. Kehadiran BCA didukung oleh sejumlah entitas anak yang berfokus pada pembiayaan kendaraan, perbankan Syariah, sekuritas, asuransi umum dan jiwa, perbankan digital, pengiriman uang, dan pemodal ventura. BCA berkomitmen untuk membangun relasi jangka panjang dengan nasabah, mengutamakan kepentingan bersama, dan menciptakan dampak positif pada masyarakat luas. Dengan sekitar 25.000 karyawan, visi BCA adalah untuk menjadi bank pilihan utama andalan masyarakat yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia.

PT BANK CENTRAL ASIA TBK

Group Corporate Communication and Social Responsibility - CSR

Corporate Communication

Alamat : Jl. MH Thamrin No. 1
Menara BCA Lt. 22
Jakarta Pusat 10310
Telepon : (021) 2358-8000
Fax : (021) 2358-8339
E-mail : corcom_bca@bca.co.id

Kegiatan Terkait

Hubungi Biro Humas BCA