Kembali ke halaman Keberlanjutan

Komitmen Keberlanjutan

Komitmen BCA untuk keberlanjutan

Total File

0

Total Ukuran File

0

Mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan


Bagi BCA, keberlanjutan merupakan bagian dari komitmen Bank untuk menciptakan masa depan yang lebih baik bagi seluruh pemangku kepentingan. Upaya BCA untuk mewujudkannya yaitu melalui penerapan Keuangan Berkelanjutan dan dukungan pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB). Dalam mencapai nilai berkelanjutan yang selaras dengan TPB, BCA mengelola aspek LST, meningkatkan engagement dan customer value, serta mengimplementasikan tata kelola dengan baik.


Prioritas Tujuan Pembangunan Berkelanjutan


BCA mendukung 17 TPB dalam semua kegiatannya dan memetakan 9 tujuan utama dengan mempertimbangkan kesesuaian strategi bank, hal-hal material BCA, dampak dan pengaruh langsung pada BCA, serta faktor lain yang menjadi pertimbangan dalam strategi bank.


Dukungan BCA terhadap Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) lainnya


BCA senantiasa memaksimalkan dukungan dalam pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan dengan tetap memberikan dukungan terhadap ke 7 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) lainnya.

Ikhtisar Keberlanjutan 2022

Kinerja Ekonomi

Rp 183,2

Triliun (14,9% YoY)

Pembiayaan Kategori Kegiatan Usaha Berkelanjutan

Rp 102,3

Triliun (16,0% YoY)

Pembiayaan sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM)

Rp 478

milyar (131,6% YoY)

Penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Rp 87,5

triliun (31,2% YoY)

Pendapatan Operasional

Rp 40,7

triliun (31,2% YoY)

Laba Bersih

Aspek Lingkungan

142,720 tCO2


Emisi Karbon yang dihasilkan

1.995,8 tCO2

(+2,25X YoY)

Estimasi Pengurangan Emisi Karbon

518,1 ton

(+40,7X YoY)

Pengelolaan Limbah & Inisiatif Daur Ulang

50,6 Ha

luas Area tanam

24.631 pohon

Pohon ditanam

139 kWh/m2/tahun

(kategori efisien) (turun 12,6% YoY)

Intensitas Energi Listrik

Aspek Sosial

60,6%


Komposisi Manajer Perempuan dari Total Manajer

4,73


Indeks Customer Engagement (skala 5)

155.769 orang


Jumlah peserta edukasi literasi keuangan

98,1%


Tingkat penyelesaian keluhan nasabah

Rp 143,1

milyar

Realisasi dana kegiatan tanggung jawab sosial

Kerangka Tata Kelola Berkelanjutan


Perbankan Berkelanjutan Budaya Keberlanjutan Berkarya Memberi Nilai

Perbankan Berkelanjutan

Pilar ini memuat topik material utama bank untuk menjalankan bisnis secara bertanggungjawab serta mendukung tercapainya Tujuan Pembangunan Berkelanjutan

Budaya Keberlanjutan

Pilar ini memuat implementasi nilai-nilai keberlanjutan dan upaya Bank agar senantiasa menjalankan kegiatan operasionalnya secara bertanggung jawab

Berkarya Memberi Nilai

Pilar ini memuat keterlibatan dan pemberdayaan masyarakat melalui Program Bakti BCA.

Strategi dan Tata Kelola Keberlanjutan


Strategi keberlanjutan BCA sejalan dengan praktik Keuangan Berkelanjutan dan terintegrasi dengan strategi korporasi. Strategi keberlanjutan BCA menekankan pada:

  • Penyediaan pembiayaan kegiatan usaha berkelanjutan
  • Pengembangan kapasitas internal
  • Penyesuaian organisasi, manajemen risiko, tata kelola, dan/atau standar prosedur operasional

Pelaksanaan pengelolaan aspek keberlanjutan menjadi bagian dari tanggung jawab unit-unit kerja, di bawah pengawasan Dewan Komisaris dan Direksi. Untuk memastikan implementasi tata kelola keberlanjutan, dan pengawasan implementasi Keuangan Berkelanjutan, BCA memiliki unit kerja khusus yaitu GrupEnvironment Sustainability Governance (ESG). Kinerja keberlanjutan BCA disampaikan secara berkala kepada Direktur Perencanaan & Keuangan dan Presiden Direktur.

Menetapkan Key Performance Indicator (KPI) terkait keberlanjutan di unit-unit kerja, dan KPI bersama bagi seluruh jajaran Direksi untuk mendukung implementasi LST selaras dengan peta jalan OJK.