Kembali ke halaman Keberlanjutan

Komitmen Keberlanjutan

Komitmen BCA untuk keberlanjutan

Total File

0

Total Ukuran File

0

Mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan


Bagi BCA, keberlanjutan merupakan bagian dari komitmen Bank untuk menciptakan masa depan yang lebih baik bagi seluruh pemangku kepentingan. Upaya BCA untuk mewujudkannya yaitu melalui penerapan Keuangan Berkelanjutan dan dukungan pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB). Dalam mencapai nilai berkelanjutan yang selaras dengan TPB, BCA mengelola aspek LST, meningkatkan engagement dan customer value, serta mengimplementasikan tata kelola dengan baik.


Prioritas Tujuan Pembangunan Berkelanjutan


BCA mendukung 17 TPB dalam semua kegiatannya dan memetakan 9 tujuan utama dengan mempertimbangkan kesesuaian strategi bank, hal-hal material BCA, dampak dan pengaruh langsung pada BCA, serta faktor lain yang menjadi pertimbangan dalam strategi bank.


Dukungan BCA terhadap Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) lainnya


BCA senantiasa memaksimalkan dukungan dalam pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan dengan tetap memberikan dukungan terhadap ke 7 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) lainnya.

Ikhtisar Keberlanjutan 2022

deskripsi gambar

 Kinerja Ekonomi

deskripsi gambar

 Rp 183,2

Triliun (14,9% YoY)

Pembiayaan Kategori Kegiatan Usaha Berkelanjutan

deskripsi gambar

 Rp 102,3

Triliun (16,0% YoY)

Pembiayaan sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM)

deskripsi gambar

 Rp 478

milyar (131,6% YoY)

Penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR)

deskripsi gambar

 Rp 87,5

triliun (31,2% YoY)

Pendapatan Operasional

deskripsi gambar

 Rp 40,7

triliun (31,2% YoY)

Laba Bersih

deskripsi gambar

 Aspek Lingkungan

deskripsi gambar

 142,720 tCO2


Emisi Karbon yang dihasilkan

deskripsi gambar

 1.995,8 tCO2

(+2,25X YoY)

Estimasi Pengurangan Emisi Karbon

deskripsi gambar

 518,1 ton

(+40,7X YoY)

Pengelolaan Limbah & Inisiatif Daur Ulang

deskripsi gambar

 50,6 Ha

luas Area tanam

24.631 pohon

Pohon ditanam

deskripsi gambar

 139 kWh/m2/tahun

(kategori efisien) (turun 12,6% YoY)

Intensitas Energi Listrik

deskripsi gambar

 Aspek Sosial

deskripsi gambar

 60,6%


Komposisi Manajer Perempuan dari Total Manajer

deskripsi gambar

 4,73


Indeks Customer Engagement (skala 5)

deskripsi gambar

 155.769 orang


Jumlah peserta edukasi literasi keuangan

deskripsi gambar

 98,1%


Tingkat penyelesaian keluhan nasabah

Rp 143,1

milyar

Realisasi dana kegiatan tanggung jawab sosial

Strategi dan Tata Kelola Keberlanjutan


Strategi keberlanjutan BCA sejalan dengan praktik Keuangan Berkelanjutan dan terintegrasi dengan strategi korporasi. Strategi keberlanjutan BCA menekankan pada:

  • Penyediaan pembiayaan kegiatan usaha berkelanjutan
  • Pengembangan kapasitas internal
  • Penyesuaian organisasi, manajemen risiko, tata kelola, dan/atau standar prosedur operasional

Pelaksanaan pengelolaan aspek keberlanjutan menjadi bagian dari tanggung jawab unit-unit kerja, di bawah pengawasan Dewan Komisaris dan Direksi. Untuk memastikan implementasi tata kelola keberlanjutan, dan pengawasan implementasi Keuangan Berkelanjutan, BCA memiliki unit kerja khusus yaitu GrupEnvironment Sustainability Governance (ESG). Kinerja keberlanjutan BCA disampaikan secara berkala kepada Direktur Perencanaan & Keuangan dan Presiden Direktur.

Menetapkan Key Performance Indicator (KPI) terkait keberlanjutan di unit-unit kerja, dan KPI bersama bagi seluruh jajaran Direksi untuk mendukung implementasi LST selaras dengan peta jalan OJK.