Surabaya, 17 Juli 2018 - Berkomitmen menjadi bank pilihan utama andalan masyarakat dan pilar penting perekonomian Indonesia, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) senantiasa berkomitmen mendukung pengembangan usaha di segmen UMKM sebagai salah satu motor penggerak perekonomian Indonesia. Kali ini, upaya BCA diwujudnyatakan melalui program Bakti BCA dalam acara Workshop UMKM ‘Satu Peluang Sejuta Kebahagiaan’ yang diikuti oleh 150 orang pelaku UMKM di Surabaya. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, yakni 17 hingga 18 Juli 2018.
Hadir untuk membuka acara ini adalah Kepala BCA KCU Diponegoro Chen Lin Andrew, Vice President CSR BCA Ira Bachtar, Kepala Pengembangan Bisnis BCA KCU Diponegoro Soesilo dan SO Proyek Khusus UMKM & SME Kanwil 3 Andrias Harianto. Mengangkat tema ‘Satu Peluang Sejuta Kebahagiaan’, seminar ini menghadirkan narasumber Ekonom BCA David E Sumual, Merchant SME Acquisition Blibli.com Angger Alfi, Merhant Program Learning 7 Development Blibli.com David Pintubatu, Senior Legal Specialist Merk Ivan Geraldi, dan Social Media Marketing Rizfi Juliansyah di Surabaya, Selasa (17/07).
“BCA terus berupaya untuk turut meningkatkan berbagai bidang usaha masyarakat agar mampu bertumbuh dan maju secara mandiri. Beragam program telah kami persiapkan untuk mendukung upaya tersebut. Melalui program yang berkelanjutan seperti seminar dan pelatihan, BCA senantiasa berkomitmen untuk memfasilitasi pelaku UMKM agar dapat mengembangkan usahanya dalam jangka panjang,” papar Chen Lin Andrew.
Program ini merupakan sebuah langkah awal pengembangan UMKM di beberapa kota yang diselenggarakan oleh Bakti BCA bagi pelaku UMKM yang tersebar di pelosok Tanah Air. Kali ini, BCA memfasilitasi para pelaku UMKM di Surabaya melalui Workshop UMKM Satu Peluang Sejuta Kebahagiaan yang diharapkan para pelaku UMKM dapat menjadi trendsetter bagi usahanya. Tak hanya itu, para pelaku UMKM juga akan menerima paparan tentang Trend Digital & E-Commerce di Blibli.com, Do's & Dont's di Blibli.com, Merek Dagang Legal di Indonesia, Sosial Media, serta pemahaman lebih tajam menjadi pelaku usaha UMKM.
Chen Lin Andrew menambahkan, komitmen BCA mengembangkan UMKM di Kota Surabaya ini merupakan salah satu kontribusi BCA dalam memfasilitasi serta membantu UMKM di berbagai pelosok tanah air dalam mengembangkan usahanya. Seminar Bisnis bagi Pelaku UMKM tersebut digelar juga dalam rangka menggarap potensi penyaluran kredit di sektor UMKM. Tahun ini, rasio penyaluran kredit UMKM ditargetkan mencapai 20 persen dari total porfotolio kredit BCA. Tahun 2017 lalu, kredit komersial serta usaha kecil dan menengah (UKM) yang disalurkan BCA mencapai Rp 167,49 triliun atau tumbuh 10,3% (yoy).
“Saat ini pemberdayaan UMKM juga dapat meningkatkan kegiatan ekonomi di Indonesia. Besar harapan kami, kegiatan ini dapat mendulang kontribusi BCA dalam mengembangkan UMKM di Indonesia sehingga dapat mengurangi angka pengangguran, memerangi kemiskinan, dan menciptakan produk-produk unggulan Indonesia yang mampu bersaing di dalam dan luar negeri,” tutup Chen Lin Andrew.
BCA Gelar Workshop ‘Satu Peluang Sejuta Kebahagiaan’ – Kepala BCA KCU Diponegoro Chen Lin Andrew (kedua kiri), Kepala Pengembangan Bisnis BCA KCU Diponegoro Soesilo (kiri), Ekonom BCA David Sumual (kedua kanan) dan Vice President CSR BCA Ira Bachtar (kanan) tengah mencermati produk-produk UMKM binaan BCA di sela Workshop UMKM bertajuk ‘Satu Peluang Sejuta Kebahagiaan’ di Surabaya, Selasa (17/07). Workshop yang diikuti oleh sekitar 150 orang pelaku UMKM ini merupakan salah satu kontribusi BCA dalam memfasilitasi serta membantu UMKM di berbagai pelosok tanah air dalam mengembangkan usahanya.
***
Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 31 Maret 2018)
PT Bank Central Asia Tbk (BCA) merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial & UKM dan konsumer. Pada akhir Maret 2018, BCA melayani hampir 17,5 juta rekening nasabah dan memproses jutaan transaksi setiap harinya didukung oleh 1.236 kantor cabang, 17.624 ATM dan lebih dari 490.000 mesin EDC serta transaksi melalui layanan internet dan mobile banking yang dapat diakses 24 jam.
Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi:
PT BANK CENTRAL ASIA TBK
Divisi Sekretariat Perusahaan – Sub Divisi Komunikasi Korporasi
Biro Hubungan Masyarakat
Alamat : Jl. MH Thamrin No. 1
Menara BCA Grand Indonesia Lt. 20
Jakarta Pusat 10310
Telepon : (021) 2358-8000
Fax : (021) 2358-8300
E-mail : humas@bca.co.id