2023-06-07 | #AwasModus

Tips Agar Terhindar Dari Kebocoran Data

Waspada ya teman-teman, sekarang marak para pelaku kejahatan yang melakukan aksi kejahatannya menguras rekening korban dengan menggunakan data-data pribadi korban yang didapatkannya lewat media sosial / aplikasi chat, atau menyebar virus jahat dengan berbagai macam cara.

Virus jahatnya bisa berupa malware, spyware, dan sebagainya. Virus tersebut akan terinstall ke dalam device untuk mencuri data-data penting dan berharga milik kamu. Akibatnya, rekeningmu bisa dibobol.

Tips agar kamu terhindar dari kebocoran data

  • Jangan pernah membagikan data-data pribadimu ke siapapun, termasuk di media sosial. Ingat sekarang teknologi makin canggih termasuk AI yang bisa disalahgunakan oleh fraudster untuk melakukan aksi kejahatan.
  • Selalu waspada dan berhati-hati saat ber-internet menggunakan free Wi-Fi terutama saat mengakses berbagai website atau aplikasi perbankan.
  • Tidak men-download file foto, pdf, program dll dari situs tidak terpercaya. Tidak meng klik iklan-iklan pada situs yang bajakan. File dan iklan berbahaya biasa ditemukan di situs-situs bajakan (termasuk streaming film dan komik gratis). 
  • Waspada ketika menggunakan fitur save password di browser. Pastikan kamu mengetahui cara kerja dan dimana saja fitur tersebut dapat digunakan. 
  • Waspada saat install fitur tambahan browser (plugins/extensions) tidak resmi. Fungsi dari ekstensi browser sebenarnya membantu produktivitas kita, namun, belakangan muncul berbagai plugins/extensions tidak resmi yang disisipkan malware. Sebelum install, cek dulu reputasi dari developer / publisher yang membuat plugins/extensions
  • Pastikan software selalu di-update, operating system, app, browser, patch, baik komputer rumah maupun office.
  • TIDAK mendownload leaked file dari dark web. Biasanya banyak yg “curious” dan ingin meng klik link yg diberikan
  • Jangan pernah klik / install file APK, PDF, DOCX dll dari pengirim atau situs yang tidak jelas. File itu kemungkinan besar berbahaya dan rawan disusupi Malware.

Tips jika PC / perangkatnya sudah terkena virus

Jika PC / perangkat kamu terkena virus, segera lakukan pembersihan ke tempat / toko resmi atau terpercaya. Pastikan PC / perangkat kamu bersih dari virus.

Jika BCA mobile, myBCA atau KlikBCA kamu tidak bisa digunakan atau ada transaksi mencurigakan, segera hubungi cabang terdekat atau Halo BCA di 1500888 atau via aplikasi HaloBCA. 

Yuk selalu jaga PC dan perangkat kamu agar aman dari kebocoran data-data pribadimu. #AwasModus