2024-04-01 | #AwasModus

Lakukan Pengkinian Data Yuk, Ini Manfaatnya Untuk Kamu

Banyak orang mengira bahwa pengkinian data merupakan suatu hal yang tidak begitu penting, namun ternyata banyak sekali manfaatnya dalam transaksi perbankan. Maka dari itu, alangkah baiknya kamu mengenal terlebih dahulu mengenai pengkinian data.

Apa Itu Pengkinian Data?

Maksud dari pengkinian data dalam perbankan adalah suatu proses pembaruan data-data yang sudah kamu daftarkan pada suatu bank, atau suatu perusahaan penyedia jasa keuangan lainnya. Pengkinian data biasanya mencakup data-data pribadi yang umum, seperti nama lengkap, alamat rumah, nomor telepon, dan lain sebagainya.

Apa Manfaatnya Pengkinian Data?

Terdapat banyak sekali manfaat pengkinian data dalam transaksi perbankan. Tiga manfaat utamanya adalah:

1. Meningkatkan Keamanan

Antisipasi potensi penyalahgunaan data oleh pihak tidak bertanggungjawab yang berdampak pada kerugian finansial. Contohnya, ketika kamu mengganti nomor HP, seharusnya kamu melakukan pengkinian data ke bank agar nomor yang terhubung dengan mobile banking adalah nomor baru kamu. 

Karena tidak melakukan pengkinian data, nomor HP lamanya masih terkoneksi dengan mobile banking kamu, demikian juga dengan kartu kredit kamu. Maka akun mobile banking, kartu debit dan kartu kredit kamu akan rentan disalahgunakan oleh fraudster.

2. Mudah

Kemudahan proses verifikasi dan transaksi di seluruh channel dan layanan BCA. Ketika kamu mendatangi cabang BCA atau menghubungi Halo BCA untuk mendapatkan layanan BCA, kamu akan melalui proses verifikasi terlebih dahulu untuk memastikan bahwa kamu adalah benar pemilik rekening tersebut. Jika data yang tersimpan di bank berbeda dengan data-data terbarumu, maka proses verifikasi akan memakan waktu lama. Tapi jika kamu sudah melakukan pengkinian data, maka kamu akan mendapatkan kemudahan layanan.

3. Nyaman

Kenyamanan pelayanan dan personalisasi penawaran solusi perbankan yang sesuai kebutuhan. Ketika kamu sudah melakukan pengkinian data, maka BCA akan mudah mengidentifikasi data terbarumu, sehingga BCA dapat memberikan penawaran-penawaran yang lebih personal yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing Nasabah.

Selain ketiga manfaat di atas, pengkinian data juga merupakan suatu proses pembaharuan data yang diakui dan diatur oleh OJK melalui peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 12/POJK.01/2017 tentang Penerapan Program Anti Pencucian Uang Dan Pencegahaan Pendanaan Terorisme Di Sektor Jasa Keuangan. 

Apa Akibatnya Jika Nasabah Tidak Melakukan Pengkinian Data?

Beberapa akibat yang ditimbulkan jika kamu tidak melakukan pengkinian data adalah:

  1. Data finansial kamu akan lebih rentan untuk dicuri/diketahui pihak yang tidak bertanggung jawab.
  2. Ketika kamu menjadi korban penipuan, aduan kamu terhadap bank akan melewati proses verifikasi yang lebih lama karena bank tidak memiliki data nasabah yang terbaru. 
  3. Nasabah kehilangan kesempatan untuk mendapatkan penawaran solusi perbankan yang lebih personal sesuai kebutuhan.

Bagaimana Cara Melakukan Pengkinian Data di BCA?

Untuk kamu yang sangat berhati-hati dalam menjaga data finansial, tidak perlu panik karena pengkinian data merupakan proses yang aman. Tentunya hanya melalui channel-channel resmi BCA.

Jika ada pihak yang menawarkan pengkinian data di luar channel resmi BCA, dapat dipastikan itu penipuan.

Nah, setelah mengetahui pentingnya melakukan pengkinian data perbankan, segera lakukan pengkinian data di channel-channel resmi BCA.

#DatamuRahasiamu #AwasModus