06 Apr 2023 | Edukatips

Cara Bayar Zakat Fitrah Online dari BCA mobile

Membayar zakat fitrah merupakan salah satu kewajiban yang harus ditunaikan bagi yang mampu pada bulan Ramadan. Pembayaran zakat pun bisa dilakukan di pengumpul (amil) zakat yang berada di dekat tempat tinggal. Untuk lebih mudahnya lagi, kamu pun bisa melakukan pembayaran zakat fitrah secara online.

Metode pembayaran zakat fitrah secara online ini diperbolehkan dan dianggap sah, sehingga bisa dilakukan tanpa perlu ke luar rumah. Bukan hanya itu, metode online ini pun memudahkan kamu yang ingin membayarkan zakat untuk orang tua atau keluarga lainnya.

Orang yang Wajib Membayar Zakat Fitrah

Ketahui golongan yang wajib membayar zakat fitrah saat bulan Ramadan. Berikut mereka yang diwajibkan untuk membayar zakat fitrah:

  • Beragama Islam
  • Menemui dua waktu di antara bulan Ramadan dan Syawal biarpun hanya sebentar
  • Mampu atau memiliki harta yang cukup untuk diri sendiri dan orang yang ditanggungnya selama Ramadan dan malam Hari Raya Idulfitri

Waktu Membayar Zakat Fitrah

Berbeda dengan zakat harta (maal) yang bisa dilakukan kapan saja. Ada waktu khusus dalam pembayaran zakat fitrah. Zakat yang satu ini hanya bisa dibayarkan pada bulan Ramadan dan sebelum berganti ke 1 Syawal atau Hari Raya Idulfitri.

Selain itu, ada sejumlah waktu pembayaran zakat fitrah menurut ajaran Islam. Berikut waktu-waktu pembayaran zakat fitrah yang disarankan:

1. Waktu wajib

Saat matahari terbenam di hari terakhir Ramadan menuju Syawal

2. Waktu afdhal

Setelah menjalani ibadah Salat Subuh sebelum menuju salat Ied pada 1 Syawal

3. Waktu makruh

Setelah menjalani ibadah Salat Ied sampai sebelum matahari terbenam pada hari pertama Idulfitri.

Besaran Zakat Fitrah yang Wajib Dibayar

Nominal zakat fitrah sudah diatur besarannya dalam agama Islam. Besaran zakat fitrah pun dihitung per individu. Besaran zakat fitrah ini dihitung dengan menggunakan makanan pokok yang dikonsumsi sehari-hari. Untuk masyarakat Indonesia, biasanya menggunakan takaran beras sebagai perhitungan zakat fitrah.

Setiap individu wajib menzakatkan sebesar 2,5 kilogram atau 3,5 liter beras. Kualitas beras yang digunakan pun harus menyesuaikan dengan beras yang dikonsumsi sehari-hari oleh mereka yang membayar zakat fitrah.

Pembayaran zakat fitrah ini pun bisa diganti dengan uang. Berdasarkan perhitungan mantra Lembaga penyalur Zakat BCA yang berkerjasama dengan BCA yaitu (Dompet Dhuafa dan LAZISNU), ditetapkan nominal zakat fitrah yang perlu dibayarkan sebesar Rp59.000 per jiwa.

Cara Membayar Zakat Fitrah secara online melalui BCA mobile

Kamu bisa membayar zakat fitrah melalui aplikasi BCA mobile, loh. Berikut langkah-langkah pembayaran zakat fitrah secara online:

  1. Buka dan login di BCA mobile
  2. Pilih Fitur Lifestyle
  3. Pilih menu Zakat
  4. Pilih “Zakat Fitrah”
  5. Isi data diri dan pilih “Daftar Sekarang”
  6. Masukkan nominal zakat fitrah
  7. Pilih Lembaga Penyalur Zakat
  8. Masukkan NPWP (optional)
  9. Klik “Bayar Sekarang”
  10. Masukkan PIN BCA mobile
  11. Pembayaran zakat fitrah selesai

Itu dia cara melakukan pembayaran zakat fitrah online dari BCA mobile. Jangan lupa untuk tunaikan ibadah zakat fitrah pada bulan Ramadan tahun ini, ya.