11 Agt 2022 | Edukatips

Keuntungan Memiliki Asuransi Kesehatan untuk Menjaga Keuangan

Asuransi kesehatan menjadi sangat penting dalam hidup, khususnya yang berhubungan dengan rawat inap di rumah sakit. Bukan hanya untuk diri sendiri, asuransi rawat inap juga sangat disarankan dimiliki oleh seluruh anggota keluarga. Tentunya, banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan memilikinya.

Manfaat asuransi bisa sangat beragam. Pemegang polis asuransi bisa mendapatkan pelayanan di rumah sakit tanpa khawatir hingga mengamankan finansial pribadi. Dengan manfaat tersebut, setiap keluarga tentunya bisa mulai mempertimbangkan kepemilikan asuransi dari sekarang.

Perbedaan Asuransi Rawat Inap dengan Rawat Jalan

Beberapa orang mungkin sedikit bimbang dengan kepemilikan salah satu dari dua jenis asuransi ini. Secara garis besar, perbedaan keduanya terletak dari cara penanganan yang diberikan oleh pihak rumah sakit. Artinya, masing-masing jenis asuransi hanya akan melindungi perawatan yang akan diambil oleh pihak pasien dan pihak rumah sakit.

Seperti namanya, asuransi rawat inap merupakan jenis asuransi yang akan memberikan perlindungan kepada pasien yang harus dirawat di rumah sakit. Asuransi ini akan menanggung sebagian atau seluruh biaya kamar rawat inap sekaligus dokter dan obat-obatan yang diberikan.

Di sisi lain, asuransi rawat jalan tidak akan memberikan perlindungan saat pasien harus menginap dalam kamar rumah sakit. Jenis asuransi ini hanya melindungi saat pasien berkonsultasi dengan dokter dan mendapatkan obat.

Jika ditanya mana yang lebih penting, tentu saja dua-duanya sama pentingnya. Alangkah baiknya jika setiap keluarga memiliki semua jenis asuransi ini.

Manfaat Memiliki Asuransi Rawat Inap

Sebagai bahan pentimbangan, ada baiknya menyimak kelebihan dan manfaat yang bisa diberikan oleh jenis asuransi rawat inap di bawah ini!

1. Memberikan perlindungan kesehatan

Tidak akan ada yang tahu kapan risiko akan datang. Asuransi kesehatan perlu dimiliki secepatnya. Saat risiko penyakit datang, asuransi sudah bisa melindungi jika harus dirawat. Hal ini membuat pemegang polis asuransi bisa mengambil tindakan lebih cepat untuk dibawa ke rumah sakit terdekat.

2. Memberikan perlindungan dalam keadaan darurat

Nasabah asuransi pun tidak perlu khawatir jika harus dilakukan tindakan medis yang lebih besar, seperti operasi. Pasalnya, semua itu akan ditanggung oleh pihak asuransi terlebih saat ada biaya-biaya tidak terduga yang muncul. Pihak rumah sakit pun bisa langsung melakukan tindakan sesuai prosedur medis untuk pasien.

3. Menjaga finansial tetap sehat

Kesehatan itu mahal harganya. Pendapat ini akan benar-benar dirasakan saat jatuh sakit. Pasalnya, biaya penyembuhan bisa sangat mahal. Tidak heran banyak orang kehilangan banyak harta untuk biaya pengobatan. Di sinilah peran asuransi rawat inap untuk kesehatan finansial. Nasabah jadi tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk melakukan rawat inap.

4. Mencapai impian keluarga

Saat sudah berkeluarga, pasti ada impian yang ingin dicapai. Mungkin saja memiliki sebuah tempat tinggal terbaik atau sekadar mengganti gadget terbaru untuk aktivitas sehari-hari. Semua itu bisa tercapai jika tidak ada aral-melintang dan rencana berjalan mulus. Sayangnya, hal tersebut bisa musnah saat harus membiayai pengobatan di rumah sakit. Asuransi kesehatan sedikit banyak bisa membantu dalam mencapai impian-impian besar tersebut.

5. Memberikan ketenangan dalam menjalani aktivitas

Memiliki asuransi kesehatan akan membuat hidup lebih tenang. Pasalnya, sejumlah hal buruk yang mungkin muncul sudah dipersiapkan dengan baik. Namun, bukan berarti bisa bersantai-santai dan menganggap kesehatan hal yang sepele. Tetap mengonsumsi makanan bergizi, olahraga secara teratur, dan istirahat yang cukup untuk menjaga kesehatan.

Sudah punya asuransi rawat inap untuk diri sendiri dan keluarga? Nah, coba lengkapi hidup dengan asuransi BCA Life Hospital 100% Refundable dari BCA. Kamu bisa dapat penggantian 100 persen biaya harian kamar rawat inap, serta penggantian biaya harian kamar unit perawatan intensif di rumah sakit akibat sakit atau kecelakaan.

Ada juga tambahan manfaat pengembalian premi hingga 200% untuk santunan meninggal dunia dan pengembalian 100% premi yang telah dibayarkan dalam periode 10 tahun. Cek informasi tentang BCA Life Hospital 100% Refundable di sini. Biaya kamar rumah sakit, ditanggung gak pake nanggung.