Kembali ke Pressroom
24 Feb 2025

Dari Kemudahan Onboarding hingga Pembayaran Seamless, BCA Terus Berinovasi Untuk Mendukung Pertumbuhan UMKM

Tangerang, 24 Februari 2025 – Sebagai bagian dari perbankan nasional, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) konsisten memberikan solusi finansial kepada seluruh nasabah, termasuk segmen merchant UMKM. Komitmen ini diwujudkan BCA melalui inovasi berkelanjutan, dari mulai memudahkan onboarding UMKM, menyediakan platform pembayaran yang seamless, hingga digitalisasi operasional UMKM.

Dalam sesi talk show mini studio di BCA Expoversary 2025 pada Jumat (21/2), VP Acquisition & Business Partnership BCA Liyanni Lie memaparkan bahwa transformasi digital dari merchant UMKM terjadi semakin pesat setelah pandemi COVID-19. Hal ini dibuktikan dari peningkatan transaksi QRIS mitra merchant secara signifikan.

“Kami mencatat kenaikan nilai transaksi QRIS sebesar dua kali lipat, dengan pertumbuhan frekuensi transaksi lebih dari 112% YoY, sepanjang tahun 2024. Peralihan merchant UMKM ke pembayaran digital didorong oleh kebutuhan merchant dalam mengatasi berbagai permasalahan dalam pembayaran tunai, misalnya kesalahan perhitungan atau penggunaan uang palsu. Pada saat yang sama, BCA juga berkomitmen penuh untuk mendukung inisiatif regulator dan otoritas dalam mempercepat digitalisasi sistem pembayaran di Indonesia. Kami terus memperluas penyediaan QRIS statis atau QRIS dinamis melalui ratusan ribu mesin EDC yang BCA sediakan kepada para mitra merchant,” ucap Liyanni Lie.

BCA juga berkomitmen untuk memberikan kemudahan mitra merchant untuk melakukan onboarding hingga pengajuan QRIS dan EDC. Salah satu perwujudan komitmen ini adalah diluncurkannya aplikasi Merchant BCA pada awal tahun 2024. Aplikasi ini dirancang khusus bagi mitra merchant, di antaranya untuk menyederhanakan transaksi keuangan, meningkatkan efisiensi operasional, dan menjadi channel untuk memberikan informasi dan solusi. Dengan memanfaatkan aplikasi Merchant BCA, merchant dapat melakukan pengajuan untuk mendapatkan perangkat transaksi QRIS dan mesin EDC.

“Dengan pengajuan melalui aplikasi Merchant BCA, kini nasabah dapat memperoleh QRIS dalam hari yang sama atau same day, jika pengajuannya dilakukan pagi. Untuk mesin EDC, dapat diperoleh 2-3 hari setelah pengajuan, tergantung lokasi merchant-nya. Hal ini berkat jaringan distribution center BCA yang tersebar di berbagai lokasi strategis. Pengajuan kedua perangkat itu pun mudah, hanya cukup klik di aplikasi Merchant BCA,” jelas Liyanni Lie.

Per Januari 2025, BCA mencatat pertumbuhan yang positif dari tingkat akuisisi merchant ke dalam aplikasi Merchant BCA. Saat ini, terdapat lebih dari 275 ribu merchant aktif yang telah memanfaatkan aplikasi Merchant BCA. Pada tahun 2024 pun, dari 380 ribu merchant baru di segmen bisnis individu yang diakuisisi oleh BCA, sekitar 75% di antaranya telah memanfaatkan aplikasi Merchant BCA untuk kemudahan pendaftaran.

Mesin EDC BCA pun senantiasa disesuaikan dengan kebutuhan UMKM. Terbaru, BCA menghadirkan aposBCA, mesin EDC berbasis Android yang dirancang untuk meningkatkan fleksibilitas dan kemudahan bagi merchant dengan mobilitas tinggi. Dengan layar sentuh yang intuitif, aposBCA memungkinkan transaksi lebih cepat dan nyaman, mendukung berbagai metode pembayaran nontunai kartu dan QRIS, termasuk contactless, serta dilengkapi dengan konektivitas SIM card dan Wi-Fi.

Ke depan, BCA berkomitmen untuk menyediakan dukungan kepada UMKM untuk meningkatkan skala bisnisnya, tidak lagi hanya berfokus kepada sistem pembayaran. Upaya ini dilakukan BCA melalui kolaborasi dengan sejumlah perusahaan fintech penyedia platform point of sale (POS). Kolaborasi akan dilakukan dalam bentuk integrasi sistem pembayaran BCA dengan fungsi perangkat POS yang menyediakan sistem pengelolaan transaksi hingga pelaporan keuangan.

“Dalam proses scale-up bisnisnya, UMKM membutuhkan lebih dari sekadar solusi pembayaran digital. Kami menyebutnya beyond payment. BCA akan terus berinovasi dan menyempurnakan solusi digital, dalam rangka memudahkan operasional bisnis UMKM secara end-to-end. Dengan komitmen ini, kami berharap semakin banyak UMKM yang dapat merasakan manfaat dari integrasi ekosistem fintech dan perbankan, yang pada gilirannya akan berdampak positif bagi pertumbuhan bisnis mereka,” tutup Liyanni Lie.

Keterangan Foto:

BCA Senantiasa Berinovasi Dukung Pertumbuhan Bisnis dan Digitalisasi UMKM – VP Acquisition & Business Partnership BCA Liyanni Lie (kiri) menjelaskan terkait solusi finansial BCA dalam mendukung pertumbuhan UMKM. Dalam sesi talk show mini studio di BCA Expoversary 2025 pada Jumat (21/2), Liyanni Lie memaparkan inovasi berkelanjutan BCA, dari mulai memudahkan onboarding UMKM, menyediakan platform pembayaran yang seamless, hingga digitalisasi operasional UMKM. BCA juga mencatat kenaikan nilai transaksi QRIS sebesar dua kali lipat, dengan pertumbuhan frekuensi transaksi lebih dari 112% YoY, sepanjang tahun 2024.

*****

Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 31 Desember 2024)

BCA merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial, UKM, dan konsumer. Pada akhir Desember 2024, BCA melayani lebih dari 41 juta rekening nasabah dan memproses lebih dari 98,4 juta transaksi setiap harinya, didukung oleh 1.264 kantor cabang, 19.543 ATM, serta layanan internet & mobile banking dan contact center Halo BCA yang dapat diakses 24 jam. Kehadiran BCA didukung oleh sejumlah entitas anak yang berfokus pada pembiayaan kendaraan, perbankan Syariah, sekuritas, asuransi umum dan jiwa, perbankan digital, pengiriman uang, dan pemodal ventura. BCA berkomitmen untuk membangun relasi jangka panjang dengan nasabah, mengutamakan kepentingan bersama, dan menciptakan dampak positif pada masyarakat luas. Dengan lebih dari 27.000 karyawan, visi BCA adalah untuk menjadi bank pilihan utama andalan masyarakat yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia.

PT BANK CENTRAL ASIA TBK
Group Corporate Communication and Social Responsibility - CCR
Corporate Communication

Alamat : Jl. MH Thamrin No. 1
Menara BCA Lt. 22
Jakarta Pusat 10310
Telepon : (021) 2358-8000
Fax : (021) 2358-8339
E-mail : corcom_bca@bca.co.id

Kegiatan Terkait

Hubungi Biro Humas BCA