Jakarta, 17 Oktober 2018 – Peran PT Bank Central Asia Tbk (BCA) dalam memajukan pemanfaatan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) secara tepat guna di era masifnya teknologi digital saat ini mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak, salah satunya oleh Asosiasi Big Data Indonesia & AI (ABDI) dalam gelaran DataGovAI Summit, Expo & Awards 2018. Kali ini, BCA berhasil memperoleh penghargaan bergengsi, Best Data Governance in Banking Digital Services.
Hadir untuk menerima penghargaan, Executive Vice President Center of Digital BCA Wani Sabu didampingi Senior Vice President Data Management Group Strategic Information Technology BCA Dirgo Vanto yang diserahkan oleh Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Djoko Setiadi di Jakarta, Rabu (17/10). “Sebuah kehormatan bagi kami, BCA, selaku penyedia jasa layanan keuangan di Indonesia mendapatkan penghargaan sebagai institusi yang berhasil menerapkan perkembangan teknologi dan menyadari pentingnya pengolahan data dalam memajukan pelayanan perbankan kami,” urai Wani.
“Kami mencermati bahwa di era revolusi industri 4.0 yang mengarah ke digitalisasi dan otomasi, perusahaan-perusahaan besar, termasuk BCA harus cepat beradaptasi dengan perubahan yang ada. Hal ini yang membawa kami untuk tidak berhenti di satu titik kepuasan. Seluruh manajemen BCA senantiasa berusaha update dan cermat akan perkembangan teknologi yang kian bergulir,” tambah Wani.
DataGovAI Summit, Expo & Awards merupakan kegiatan yang bergerak di bidang IT (Small Data), Big Data Analytic Technology, Governance & Artificial Intelligence (AI). Penghargaan dari Asosiasi Big Data Indonesia & AI (ABDI) ini diberikan kepada perusahaan yang berhasil menjadi transformator dan disruptor big data governance dan artificial intelligence di Indonesia. Atas langkah strategisnya dalam menerapkan konsep pengolahan data dengan baik, BCA berhasil meraih penghargaan Best Data Governance in Banking Digital Services.
Selain pemberian penghargaan kepada sejumlah perusahaan, ajang kali ini juga diisi dengan konferensi dan pameran. Sejumlah pembicara yang handal di bidangnya akan bersama mengisi diskusi panel, presentasi, hingga sesi berjejaring (networking) antar pelaku industri.
Salah satu inovasi BCA yang memanfaatkan teknologi AI adalah Virtual Assistant Chat Banking BCA (VIRA), sebuah asisten virtual yang dirancang khusus untuk semakin mempermudah kebutuhan nasabah dalam bertransaksi keuangan. Menggunakan teknologi Natural Language Processing (NLP) dan Artificial Intelligence (AI), VIRA dapat memahami bahasa sehari-hari yang diucapkan nasabah untuk bertanya seputar layanan perbankan BCA. VIRA akan membantu nasabah memberikan informasi terkini seperti promo, kurs, dan lokasi ATM. Cukup mudah, nasabah dapat menggunakannya di beberapa channel seperti LINE, Google Assistant, Kaskus Chat, dan Facebook Messenger.
“Seperti halnya VIRA, inovasi dalam hal teknologi digitalisasi sedianya akan terus kami bangun dan rancang sebagaimana kebutuhan nasabah yang saat ini terus berkembang. Dan penghargaan yang BCA terima malam ini semakin memotivasi kami untuk bersemangat menyuguhkan produk dan layanan terbaik bagi nasabah, dengan tetap memperhatikan service quality di setiap layanan kami kepada nasabah,” tutup Wani Sabu.
BCA Raih Penghargaan di Ajang DataGovAI Awards 2018 - Executive Vice President Center of Digital BCA Wani Sabu (tengah) didampingi Senior Vice President Data Management Group Strategic Information Technology BCA Dirgo Vanto (kanan) menerima penghargaan Best Data Governance in Banking Digital Services yang diserahkan oleh Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Djoko Setiadi (kiri) di Jakarta, Senin (17/10). Atas langkah strategisnya dalam menerapkan konsep pengolahan data dengan baik dan implementasi inovasi teknologi di bidang big data dan analitik secara tepat, BCA berhasil meraih penghargaan kategori Best Data Governance in Banking Digital Services dalam ajang Data GovAI Awards 2018
***
Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 30 Juni 2018)
PT Bank Central Asia Tbk (BCA) merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial & UKM dan konsumer. Pada akhir Juni 2018, BCA melayani hampir 18 juta rekening nasabah dan memproses jutaan transaksi setiap harinya didukung oleh 1.241 kantor cabang, 17.565 ATM dan lebih dari 490.000 mesin EDC serta transaksi melalui layanan internet dan mobile banking yang dapat diakses 24 jam.
Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi:
PT BANK CENTRAL ASIA TBK
Divisi Sekretariat Perusahaan – Sub Divisi Komunikasi Korporasi
Biro Hubungan Masyarakat
Alamat : Jl. MH Thamrin No. 1
Menara BCA Grand Indonesia Lt. 20
Jakarta Pusat
Telepon : (021) 2358-8000
Fax : (021) 2358-8300
E-mail : humas@bca.co.id