2024-04-04 | #AwasModus

Waspada Modus Penipuan di ATM Saat Mudik Lebaran!

Berhati-hatilah saat hendak melakukan tarik tunai di ATM yang ada di saat perjalanan mudik. Pasalnya, ada beragam kasus penipuan dan pencurian data yang sering kali terjadi di tempat-tempat tersebut. Meningkatkan kewaspadaan atas lingkungan sekitar dan mesin ATM yang digunakan akan menjauhkan diri dari pelaku kejahatan.

Modus Penipuan yang Sering Muncul di ATM

Pelaku kejahatan punya berbagai cara untuk bisa mengelabui korbannya. Berikut sejumlah modus penipuan yang kerap muncul di ATM saat mudik.

1. Skimming

Skimming adalah modus kejahatan dengan mengambil data milik korban untuk digunakan kembali. Oknum pelaku akan memasang alat pembaca kartu dan PIN di mesin ATM. Alat inilah yang akan mengambil seluruh data milik korban saat hendak menggunakan mesin ATM.

2. Tombol PIN palsu

Modus kejahatan lain yang juga sering terjadi di mesin ATM adalah tombol PIN palsu. Tombol yang digunakan sangat mirip dengan tombol milik mesin ATM. Tombol palsu ini bisa dipakai untuk merekam angka-angka yang ditekan oleh korban.

3. Tukar uang tunai

Cara penipuan lain yang digunakan oleh oknum pelaku kejahatan adalah berpura-pura melakukan tukar uang. Pelaku akan memberikan uang tunai dan meminta korban untuk mentransfer ke rekening miliknya. Sayangnya, uang yang diberikan kepada korban merupakan uang palsu dan tidak bisa digunakan untuk bertransaksi.

4. Hipnotis

Modus kejahatan yang cukup mengerikan dan kerap terjadi adalah hipnotis. Pelaku kejahatan akan menunggu di dekat ATM untuk mulai melancarkan aksinya. Setelah itu, korban akan diarahkan untuk melakukan penarikan tunai atau transfer dana ke pelaku hipnotis.

5. Sticker call center palsu

Pelaku kejahatan juga sering mengganti stiker nomor call center yang terpasang di mesin ATM dengan nomor palsu. Nomor ini akan terhubung dengan oknum pelaku kejahatan. Mereka akan meminta banyak data pribadi, mulai dari kartu ATM, PIN, hingga OTP.

Tips Terhindar dari Modus Penipuan di ATM

Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk terhindar dari modus penipuan di ATM, terutama di lokasi umum seperti rest area dll.

  1. Periksa sekeliling dan keadaan mesin ATM sebelum menggunakannya. Jika ada sesuatu hal yang mencurigakan seperti ada sticker “Halo BCA” dengan nomor selain 1500888, mulut kartu ATM mencurigakan, dll, segera meninggalkan lokasi ATM tersebut.
  2. Tolak bantuan dari orang yang tidak dikenal. Jika kamu mendapatkan problem (misalnya kartu tertelan, uang tidak keluar dll), dan ada seseorang yang menawarkan bantuan, segera tolak dengan halus.
  3. Menghubungi Halo BCA jika menemukan adanya hal mencurigakan di ATM. Jika kamu mendapatkan problem di mesin ATM, lebih baik menghubungi Halo BCA di 1500888 untuk membantu problem yang sedang kamu hadapi.

Pastikan hanya menghubungi Halo BCA di nomor 1500888 atau menggunakan aplikasi haloBCA. Terus perbanyak informasi tentang modus kejahatan di AwasModus untuk meningkatkan kewaspadaan selama mudik Lebaran.