2024-04-24 | #AwasModus

Awas Modus Penipuan Mengatasnamakan Paylater atau Kartu Kredit BCA!

Baru-baru ini banyak beredar lagi iklan penipuan di media sosial dari akun-akun palsu yang mengatasnamakan BCA. 

Tren yang sekarang terjadi, berupa iklan ajakan untuk apply Paylater BCA, apply atau upgrade kartu kredit BCA, dan lain-lain. 

Ini beberapa contoh iklan penipuan dari akun-akun bodong yang mengatasnamakan bank BCA.

Modus penipuan ajakan untuk mengajukan Paylater BCA

Modus penipuan ajakan untuk apply Kartu Kredit BCA

Modus penipuan ajakan untuk upgrade Kartu Kredit BCA

Dari semua contoh iklan penipuan di atas, tujuan si penipu sama yaitu mengincar data-data pribadi perbankan korban untuk disalahgunakan.

Contohnya, banyak penipu yang mengincar data pribadi korban untuk melakukan aktivasi OneKlik mengatasnamakan si korban di sebuah aplikasi e-commerce, dan kemudian melakukan transaksi ilegal untuk menguras uang milik korban.

Tips untuk menghindari penipuan seperti ini

Terus gimana cara kita terhindar dari modus penipuan seperti ini? Yuk pahami satu-persatu.

  1. Cek akunnya. Akun resmi IG bank BCA adalah @GoodlifeBCA (Cek semua akun resmi media sosial BCA di sini). Kalau dari sumber yang tidak jelas, kasih NO! alias abaikan aja.
  2. Jika menerima konten dari sumber yang tidak jelas, jangan mudah tergoda untuk klik tombol “Learn More”, “Sign Up”, dan lain-lain. Karena kamu akan diarahkan ke web / halaman palsu bank BCA, atau mungkin juga berupa link Malware.
  3. Jangan pernah sekali-kali mengisi data pribadimu sembarangan. Jaga selalu kerahasiaan data pribadimu seperti nomor kartu debit / kartu kredit, PIN, CVV/CVC, OTP dll. 

Jika menemukan penipuan dari akun-akun palsu BCA di media sosial, segera laporkan ke akun resmi Instagram BCA (DM ke @GoodlifeBCA).

Laporkan juga ke Instagram agar akun mereka di takedown, lihat caranya di sini. Atau segera laporkan ke Halo BCA di 1500888.

Yuk, kita sama-sama laporkan penipuan akun-akun BCA palsu di media sosial, agar tidak kian merajalela mencari korban. Cek juga informasi terkait akun-akun palsu di sini