2024-04-23 | #AwasModus

Waspada Penawaran Promo Palsu Mengatasnamakan Bank!

Siapa yang tidak suka dengan promo saat berbelanja? Promo ini bisa membuat kamu mendapatkan sebuah barang dengan harga yang lebih murah atau bonus lainnya dari pembelian. Namun, tidak jarang ada banyak penawaran promo palsu yang malah menyesatkan bagi para konsumen.

Kamu diharapkan lebih hati-hati terhadap penawaran promo atau diskon palsu yang mungkin menggiurkan. Kenali lebih dalam tentang penawaran promo-promo palsu dan cara untuk terhindar dari modus penipuan ini.

Ciri-Ciri Penawaran Promo Palsu

Kamu juga perlu tahu ciri-ciri dari promo abal-abal yang ditawarkan. Berikut ciri-ciri promo palsu yang kerap dipakai oleh pelaku penipuan.

1. Promo yang terlalu menggiurkan

Bisnis apa pun akan selalu memberikan promo yang terhitung wajar. Jika promo tersebut dianggap terlalu menggiurkan, bisa dipastikan bahwa penawaran yang diberikan palsu. Sebut saja potongan harga yang sangat tinggi, bonus produk yang banyak, hingga sistem cicilan jangka panjang dengan syarat yang terlalu mudah.

2. Tidak memiliki batas waktu

Promosi biasanya dilakukan dalam batas waktu tertentu. Itu artinya, promo tersebut hanya bisa didapatkan sejak tanggal dimulai sampai tanggal yang sudah ditentukan. Penawaran promo palsu biasanya memiliki jangka waktu yang panjang hingga tanpa batas waktu. Jika melihat ada penawaran promo seperti itu, pasti promo tersebut tidak benar.

3. Tanpa syarat dan ketentuan

Pihak bank atau bisnis biasanya menetapkan syarat dan ketentuan bagi konsumen yang ingin mendapatkan promo tersebut. Sebut saja syarat minimal belanja atau promo tersebut hanya bisa dipakai satu atau dua kali dalam satu hari yang sama. Namun, pelaku kejahatan biasanya tidak memberikan syarat dan ketentuan atau syarat dan ketentuan yang sangat ringan.

4. Tidak dipublikasikan di channel resmi (melalui web/akun palsu)

Setiap promo akan dipublikasikan di website dan akun media sosial resmi dari bank atau perusahaan yang mengadakan promo. Jika kamu tidak bisa menemukan informasi tersebut di internet, bisa dipastikan bahwa itu adalah promo palsu

Cara Terhindar dari Penawaran Promo Palsu

Mengingat penipuan ini bisa mengakibatkan kerugian, perlu trik yang tepat supaya tidak menjadi korban. Berikut sejumlah langkah yang bisa dilakukan.

  1. Tidak cepat tergiur oleh penawaran promo dari pihak mana pun. Teliti dalam melihat bentuk dan sistem promo yang diberikan.
  2. Cek sumbernya dari mana? jika berasal dari web / akun aneh yang tidak jelas berarti itu fix penipuan.
  3. Cek di website dan akun sosial media resmi BCA untuk mencari tahu tentang promo yang berjalan
  4. Tidak melakukan transfer atau memberikan data pribadi sebelum dapat informasi yang benar tentang promo
  5. Hubungi HALO BCA 1500888 jika menemukan ada akun palsu yang mengatasnamakan BCA yang memberikan penawaran promo palsu, agar di takedown.

Pelaporan bisa dilakukan juga melalui aplikasi haloBCA yang bisa di-download melalui Play Store dan App Store.

Jaga terus data pribadimu dan jangan mudah tergiur dengan pihak-pihak yang mengatasnamakan BCA untuk memberikan promo-promo palsu. Cari tahu lebih banyak tentang modus kejahatan lain di AwasModus untuk meningkatkan kewaspadaan diri.