2022-06-08 | #AwasModus

Waspada Iklan Penawaran Apply Kartu Kredit di Media Sosial

Buat para nasabah BCA, khususnya pengguna BCA mobile yang belum memiliki kartu kredit BCA, hati-hati ya, ada modus penipuan baru.

Di media sosial, khususnya di Instagram, beredar iklan dari akun palsu yang mengatasnamakan BCA dan menawarkan apply kartu kredit BCA. Tujuannya untuk memancing korban agar tertarik dan mau memberikan data-data perbankan seperti nomor kartu ATM, PIN m-BCA, kode OTP dll. guna mengambil alih akun BCA mobile milik korban.

Ciri-ciri modus penipuan

Biasanya korban menerima iklan akun palsu di media sosial, terutama di Instagram, seolah-olah dari BCA, yang menawarkan pengajuan kartu kredit BCA. Bukan hanya menawarkan pengajuan kartu kredit, fraudster juga menawarkan upgrade ke Nasabah Prioritas dan penggantian kartu Chip BCA.

Pada akun palsu tersebut terdapat link yang jika di klik akan terhubung dengan WhatsApp yang seolah-olan WhatsApp resmi BCA.

Kemudian melalui chat di WhatsApp tsb, fraudster memandu korban untuk melakukan pengajuan / apply kartu kredit BCA pada link yang disediakan.

Pada link tersebut, korban diminta untuk input data-data pribadi perbankan korban seperti nomor kartu ATM, nomor HP, PIN m-BCA, dan Kode OTP.

Hal ini terindikasi bahwa fraudster ingin mendapatkan data pribadi perbankan milik korban yang nantinya digunakan untuk mengambil alih akun rekening korban (account take over), dalam hal ini BCA mobile milik korban dan menarik uang milik korban.

Tips Menghindari Penipuan ini

Yuk pahami tips-tips yang harus kamu ketahui:

  • Nomor telepon halo BCA adalah 1500888 tanpa awalan 021, +62 dsb. Nomor resmi WhatsApp bank BCA itu adalah 08111500998 dengan centang hijau. Selain itu, kamu harus waspada itu penipuan.
  • Akun resmi Instagram BCA hanyalah @GoodlifeBCA. Cek semua akun resmi media sosial BCA di sini
  • Website resmi BCA adalah www.bca.co.id . Jika ada selain ini, sudah pasti itu palsu.
  • Awas link palsu! Jangan asal klik, apalagi mengisi data-data pribadi kamu. BCA tidak pernah meminta nasabah untuk mengisi data-data pribadi melalui sarana apapun termasuk link.
  • Jaga selalu kerahasiaan data pribadimu seperti nomor kartu Debit / kartu kredit, PIN, CVV/CVC, OTP, APPLI 1/2 KeyBCA dll. #DatamuRahasiamu.

Sebagai Informasi, channel resmi untuk apply Kartu Kredit BCA secara online dapat dilakukan :

  • Melalui aplikasi myBCA (download aplikasi myBCA di Playstore / Appstore)
  • Melalui website BCA , silakan klik di sini untuk apply kartu kredit BCA. Berikut video tutorial apply online kartu kredit BCA:

Yuk Bantu Laporkan Akun Palsu!

Jika menemukan akun-akun palsu BCA di Instagram Ads, selain melaporkan ke akun resmi Instagram BCA (@GoodlifeBCA), kamu juga bisa melaporkannya ke Instagram agar akun mereka di takedown, lihat caranya di sini.

Jika menemukan nomor telepon / WhatsApp BCA palsu, segera laporkan ke Halo BCA di 1500888.

Yuk, kita sama-sama bantu BCA, agar nomor dan akun-akun BCA palsu tersebut tidak kian merajalela mencari korban. Cek juga informasi terkait akun-akun palsu di sini. #CariTahuBiarAman