2022-04-04 | #AwasModus

4 Modus Penipuan Online Saat Ramadan dan Lebaran!

Momen Ramadan dan libur Lebaran biasanya dimanfaatkan oleh para fraudster untuk melakukan modus-modus penipuan, salah satunya melalui media online. Banyak orang menjadi kurang aware dan tidak mengenali modus penipuan tersebut. 

Lantas, apa saja modus-modus penipuan online yang kerap terjadi? Berikut ulasannya.

1. Modus voucher belanja online 

Modus penipuan pemberian voucher belanja online ini biasanya kerap terjadi melalui aplikasi WhatsApp. Bisanya, metode penipuan ini berupa link voucher diskon belanja online Ramadan / Lebaran, dimana penerima pesan ini harus mengklik link tersebut untuk mendapatkan hadiah atau voucher diskon.

Saat tautan tersebut diklik, maka akan diarahkan untuk mengisi berbagai informasi seputar data pribadi. Jika mendapatkan pesan WhatsApp berisikan link seperti ini dari nomor yang tidak dikenal, sebaiknya abaikan saja. 

Namun, modus yang satu ini juga kerap mengecoh apalagi jika link tersebut didapatkan dari nomor WhatsApp yang mengatasnamakan bank / e-commerce, dll. 

Nomor WhatsApp resmi bank BCA adalah 08111500998 dengan centang hijau. Jika nomornya berbeda atau tidak ada centang hijau, itu nomor WA palsu. 

Baca juga: Awas Modus Penipuan Jual-Beli Online. Ini Ciri-Ciri Toko Online Bodong!

2. Modus pinjaman online

Ada juga modus penipuan menawarkan pinjaman online melalui SMS atau sarana lainnya. Meskipun cara yang satu ini sudah ada sejak lama, tidak sedikit orang yang masih terkecoh hingga terjebak modus penipuan ini. 

Biasanya, pesan tersebut berisikan tawaran pinjaman online cepat, langsung disetujui, dengan nilai pinjaman besar. Banyak orang yang punya banyak kebutuhan Ramadan dan untuk THR Lebaran, sehingga banyak yang tergiur dengan modus ini. 

Modus penipuan yang satu ini juga biasanya menyertakan link / tautan palsu untuk pengisian data pribadi seperti rekening bank, KTP, nomor kartu ATM, PIN sampai dengan kode OTP (one-time password)

Baca juga: Awas penipuan berkedok Pinjol 

3. Modus menang undian / hadiah THR 

Modus penipuan online selanjutnya adalah penipuan dengan modus menang undian / hadiah THR (Tunjangan Hari Raya), melalui telepon atau sarana lainnya. Meskipun, ini merupakan penipuan klasik, namun modusnya tentu lebih beragam sehingga tidak sedikit orang terjebak. 

Penipu biasanya mengatasnamakan dari pihak bank, e-commerce atau dompet digital bahwa kamu memenangkan sejumlah uang tunai / hadiah Ramadan / THR Lebaran, yang nantinya akan ditransferkan ke nomor rekening bank / dompet digital milik korban. 

Biasanya kamu akan diminta untuk memberikan nomor telepon dompet digital yang aktif, nomor rekening, KTP, nomor kartu ATM atau kode OTP. Ini sebabnya, jangan pernah berikan data-data pribadimu termasuk kode OTP kamu pada siapapun, ya. 

Baca juga: 3 cara terhindar dari penipuan telepon Halo BCA palsu 

4. Modus penipuan pengkinian data 

Modus penipuan online yang ke-empat adalah modus permintaan pengkinian data customer. Ciri modus penipuan online yang satu ini adalah penipu mengirimkan pesan berisikan link / tautan palsu yang menyerupai website resmi BCA, melalui email atau sarana lainnya. Jika diklik, kamu akan diminta untuk login dengan mengisikan data-data pribadi seperti username, password, nomor kartu debit/kredit, PIN dll. 

Penipuan yang satu ini dapat berkedok minta update / pengkinian data pada online shop sampai perbankan. Jika tidak segera melakukan pengkinian data, korban diancam rekening / kartu kredit / akun online shop / akun dompet digitalnya akan segera terblokir. Ini merupakan metode phising / pencurian informasi korban sehingga pelaku dapat mengakses dompet digital, rekening bank, mobile banking atau kartu kredit korban. 

Untuk menghindari penipuan ini, kamu harus mengenali email resmi BCA, dan jangan pernah sekalipun masuk ke link yang disediakan dan membagikan data pribadimu. 

Baca juga: Cara Mengenali Akun Palsu yang Mengatasnamakan BCA 

Itulah sejumlah penipuan online yang kerap terjadi di momen Ramadan dan libur Lebaran. Meskipun berbagai penipuan tersebut tampak menggiurkan namun pastikan untuk selalu waspada, dan jangan pernah memberikan data-data pribadimu ke siapapun karena #DatamuRahasiamu. 

Cari tahu modus-modus penipuan terkini lainnya di halaman Awas Modus ini, biar kamu aman.

#CariTahuBiarAman