2022-03-15 | #AwasModus

Kenali 7 Ciri Fake Account Agar Terhindar dari Penipuan

Fake account atau disebut juga dengan akun bodong adalah akun di media sosial yang menggunakan identitas palsu untuk maksud dan tujuan tertentu. Tidak jarang, akun ini juga digunakan untuk melakukan aksi kriminal, seperti penipuan.

Cara mengenali fake account

Sebenarnya, mengidentifikasi keaslian suatu akun di media sosial tidak terlalu sulit. Berikut ini adalah cara yang bisa kamu lakukan untuk mengenali fake account:

1. Bandingkan jumlah follower dan following

Biasanya, akun palsu memiliki perbandingan jumlah follower dan following yang tidak wajar. Jumlah akun yang diikuti atau following seringkali jauh lebih banyak dari jumlah akun yang mengikuti atau follower.

Namun, hal tersebut bisa juga dialami oleh akun asli. Oleh karena itu, kamu bisa melanjutkan pengecekan dengan melihat akun yang mengikuti akun palsu tersebut.

Akun palsu umumnya membeli followers. Itu sebabnya, akun-akun yang mengikuti mereka pun pada akhirnya adalah akun-akun yang tidak jelas atau akun spam.

2.Bandingkan jumlah like dan comment dengan jumlah followers

Langkah selanjutnya adalah dengan membandingkan jumlah pengikut dengan like dan comment. Meski memiliki jumlah follower yang sangat banyak, biasanya face account hanya mendapat like dan comment dalam jumlah yang sangat sedikit. Saat kamu sudah melihat beberapa ciri akun BCA palsu di sini, jangan follow atau percaya informasi yang dibagikan.

3. Lihat tanda verifikasi akun

Jika akun palsu tersebut mengatasnamakan selebriti atau merek ternama, sebenarnya kamu bisa dengan mudah mengecek keasliannya. Pasalnya, brand atau artis ternama biasanya memiliki lambang verifikasi di sebelah nama akunnya (ada centangnya).

Misalnya saja, Instagram. Tokoh terkenal umumnya memiliki centang biru sebagai tanda sudah terverifikasi keasliannya. Meski demikian, jangan terkecoh. Fraudster biasanya mengelabuinya dengan memasang centang biru pada profil image.

4. Periksa caption dan akun yang di-tag

Salah satu ciri akun palsu adalah pengulangan caption di setiap foto atau video. Begitu juga dengan penggunaan hashtag atau tagar di dalam caption. Selain itu, susunan kalimat yang asal-asalan pun sering kali terlihat dalam akun palsu.

Ciri lainnya bisa dilihat dari akun-akun yang di-tag atau ditandai oleh akun tersebut. Fake account kerap kali men-tag atau menandai sembarang akun. Bahkan, mungkin kamu sendiri pernah tiba-tiba di-tag oleh akun yang tidak kamu kenal.

Kamu juga bisa melihat tagged photo akun tersebut. Jika isi tagged photo akun tersebut tidak jelas, bisa jadi akun tersebut adalah akun palsu. Untuk informasi resmi terkait BCA, waspadai ciri-cirinya di sini.

5.Perhatikan kualitas foto atau video

Fake account juga sering mengambil atau menggunakan konten dari akun lain tanpa izin. Itu sebabnya, kualitas foto atau video yang diunggah pun tidak terlalu baik. 

Ditambah lagi, foto dan video yang diunggah pun biasanya tidak terkonsep dengan baik. Hal tersebut membuat feed akun tersebut terlihat berantakan.

6.Cari tahu info lebih banyak tentang akun tersebut

Sejumlah platform media sosial memiliki fitur khusus untuk memberikan informasi tambahan mengenai suatu akun. Contohnya saja Instagram yang memiliki fitur About This Account atau Tentang Akun Ini. 

Dengan fitur ini, kamu bisa mengetahui tanggal pembuatan akun dan perubahan username. Jika akun tersebut baru dibuat atau sering berganti username, kamu bisa mencurigai akun tersebut. Informasi lengkap tentang akun-akun resmi BCA bisa dicek di sini.

6.Mengirimkan direct message yang meminta data pribadi

Direct message (DM) sering dijadikan sarana bagi para oknum untuk menjangkau target mereka. Akun-akun ini kerap kali meminta data pribadi dengan iming-iming untuk membantu nasabah yang sedang mengalami kendala atau bahkan untuk pengiriman hadiah tertentu. Perlu diingat bahwa BCA tidak pernah meminta data nasabah, seperti nomor kartu debit bca/kartu kredit BCA, masa berlaku kartu, CVC/CVV (3 digit angka dibelakang kartu) kode OTP, PIN, password, dll.

Cara mengatasi gangguan dari fake account

 

Langkah pencegahan setelah mengetahuinya adalah langsung memblokir akun tersebut. Dengan begitu, akun palsu tersebut tidak akan bisa melihat atau menemukan akun media sosialmu lagi.

Jika akun tersebut terasa sangat mengganggu, kamu bisa melaporkan akun tersebut. Jika ingin melakukan pelaporan untuk menutup fake account tersebut, ketahui caranya di sini.

Jika akun tsb mengatasnamakan BCA dan meminta data pribadi kamu, segera laporkan kasus tersebut ke Halo BCA di 1500888 atau langsung laporkan melalui aplikasi HaloBCA yang bisa kamu download di Appstore dan Playstore.

Jangan lupa untuk tidak membagikan data pribadimu ke siapapun dan melalui media apapun. Tetap berhati-hati, ya! #CariTahuBiarAman #AwasModus #DatamuRahasiamu