2021-07-27 | #AwasModus

Awas Modus Phishing Data Kartu Kredit, Pelajari Ciri-cirinya!

Halo Nasabah BCA, khususnya pengguna Kartu Kredit BCA. Waspada dengan modus penipuan yang baru-baru ini sedang terjadi, yaitu modus phishing kartu kredit via email, social media atau Whatsapp.

Kita simak yuk jenis dan ciri-ciri modusnya seperti apa, dan bagaimana tips-nya supaya kamu terhindar dari modus phishing ini.

 

JENIS & CIRI-CIRI MODUS

Email e-statement dan notifikasi transaksi tidak resmi

 

 

  • Pelaku (selanjutnya kita sebut Fraudster) mengirimkan email yang menyerupai / mirip dengan email BCA terkait e-statement (billing statement) dan notifikasi transaksi.
  • Fraudster mencoba untuk mendapatkan data rahasia cardholder (no kartu kredit, exp date, dan CVV) melalui link/attachement yang dikirimkan melalui email tersebut.
  • Jika email tersebut menggunakan modus e-statement, maka fraudster akan menggunakan attachement. Sebagai cardholder BCA, karena terkait dengan e-statement maka akan otomatis melakukan “klik” terhadap attachment tersebut. Padahal email tersebut dan type file attachement berbeda/tidak sesuai dengan email resmi dari BCA.
  • Jika email tersebut menggunakan modus notifikasi transaksi, maka fraudster akan menggunakan link blokir kartu kredit di badan email. Sebagai cardholder BCA, karena terkait notifikasi transaksi dan transaksi tersebut tidak pernah merasa dilakukan maka cardholder akan otomatis segera klik link tersebut dan mengisi informasi yang diminta.

 

Social Media / Whatsapp tidak resmi

 

 

  • Fraudster mendekati cardholder BCA melalui social media/whats app yang serupa tapi tak sama / mirip dengan akun BCA.
  • Fraudster menginformasikan terdapat transaksi/penggunaan kartu kredit yang tidak wajar.
  • Fraudster menginformasikan link blokir kartu kredit melalui Social Media/whats app tersebut. Cardholder yang terkecoh akan otomatis mengisi data yang diminta di link tersebut.
  • Fraudster mencoba untuk mendapatkan data rahasia cardholder (no kartu kredit, exp date, dan CVV) melalui link yang dikirimkan tersebut.

 

TIPS TERHINDAR DARI KORBAN PHISHING

Nah, agar kamu terhindar dari modus penipuan phishing seperti ini, simak yuk beberapa tips berikut ini.

  1. Kenali email resmi BCA:
    • Email resmi yang dipergunakan untuk notifikasi transaksi: KartuKreditBCA@klikbca.com
    • Email resmi yang dipergunakan untuk kirim billing statement: eStatement@klikbca.com(antara huruf “e” dan “Statement” tidak menggunakan tanda “-“ dan type file attachement adalah PDF)
  2. Kenali akun social media dan whatsapp resmi BCA:
    • Akun resmi social media resmi BCA: Twitter @HaloBCA, FB/IG @GoodLifeBCA. Selengkapnya dapat dilihat pada link berikut BCA - Social Media
    • Waspada akun palsu BCA, cek di  BCA - Waspadai Akun Palsu HaloBCA di MedSos
    • Akun social media BCA verified adalah yang bercentang biru
    • Whats app resmi BCA adalah 0811-1500998 (Bank BCA) atau cek di sini Bagikan pada WhatsApp
    • Whats app resmi BCA verified adalah yang bercentang hijau
  3. Channel resmi untuk melakukan blokir kartu kredit BCA adalah melalui:
    • Aplikasi BCA mobile
    • Aplikasi myBCA
    • Aplikasi Halo BCA, atau
    • Telpon Halo BCA di 1500888.
  4. Datamu rahasiamu. Jaga selalu kerahasiaan data pribadi kartu kreditmu dan jangan berikan informasi ini kepada siapapun : nomor kartu kredit, kode OTP, PIN, Expired date kartu, dan nomor CVV/CVC kartu kredit.
  5. Nah, mulai waspada ya jika menerima email, sosmed atau WA yang mencurigakan. Biar kamu makin paham tentang modus penipuan phishing, simak juga ini: BCA - Waspadai Bahaya Phishing!!

    Biar kamu jadi generasi anti modus, simak juga -modus lainnya!