Dalam melakukan transaksi dan berinteraksi dengan pelanggan, terkadang adakalanya terjadi kendala teknis, salah satunya ketika pelanggan sudah melakukan pembayaran dan layar handphone menunjukkan status transaksi berhasil, namun informasi status transaksi belum diterima oleh pihak penjual dan belum terlihat di layar mesin EDC BCA, atau yang seringkali disebut transaksi tertunda/ gantung.
Transaksi tertunda/gantung ini seringkali disebabkan oleh 2 hal berikut:
- Kendala jaringan yang terjadi pada EDC BCA
- Image QRIS yang ditampilkan/dikeluarkan tidak segera dilakukan pemindaian sampai waktu habis
Ini cara memastikan transaksi yang dilakukan berstatus tertunda/menggantung dan sedang dalam proses
Jika EDC yang digunakan adalah EDC BCA layar sentuh:
- Pada layar EDC BCA, pada “Beranda” pilih menu “QRIS”
- Pilih menu “List Transaksi Tertunda” untuk melihat list transaksi yang sifatnya menggantung
- Pada layar akan terlihat list transaksi tertunda atau transaksi yang sifatnya menggantung
- Pilih salah satu transaksi yang ingin dilakukan pengecekan status.
- Apabila status transaksi berhasil, kamu bisa mencetak bukti transaksi atau mengirim bukti transaksi ke alamat email pembeli
- Apabila status transaksi belum berhasil, kamu bisa menunggu proses ini berlanjut dan melakukan pengecekan berkala hingga layar menunjukkan bukti transaksi berhasil.
Jika EDC yang digunakan adalah EDC BCA tanpa fitur touchscreen:
- Pada layar EDC BCA, pilih menu “QR”
- Pilih menu “Inquiry Tran”
- Pilih “Reff No” yang ingin dicek
- Cek ulang nominal transaksi dan lakukan konfirmasi nominal transaksi dan pilih “Yes”
- Pada layar akan muncul status dari transaksi yang dilakukan pengecekan
- Apabila status transaksi berhasil. Mesin EDC akan mencetak bukti transaksi. Atau Jika menggunakan mesin EDC layar sentuh, layar akan menunjukkan status transaksi berhasil.
- Apabila status transaksi gagal namun dana pembeli sudah terpotong. Kamu bisa menghubungi Merchant Solution di 1500788 melalui telepon regular atau melalui aplikasi Merchant BCA
Dapatkan bantuan mengenai detail transaksi yang terkendala dengan menghubungi Merchant Solution di 1500788 atau melalui aplikasi Merchant BCA.