03 Apr 2024 | Edukatips

Tips Agar Mudik Lebih Nyaman dan Berkesan

Momen yang dinanti sudah di penghujung mata. Libur lebaran merupakan momen yang sangat ditunggu khususnya bagi para perantau untuk mudik alias pulang kampung. Banyak hal yang perlu disiapkan untuk mudik, tidak terbatas pada oleh-oleh, baju beserta alas kaki yang nyaman, makanan minuman selama perjalanan dan obat-obatan.

Yuk, simak tips berikut agar perjalanan mudik lebih nyaman dan berkesan:

1. Jaga stamina agar tetap fit

Mengingat perjalanan yang mungkin membutuhkan waktu yang panjang, perlu menyiapkan kondisi tubuh agar tetap prima dan bisa menikmati liburan. Berbagai hal bisa dilakukan: berolahraga, makan dengan menu yang sesuai kebutuhan tubuh, berjemur, minum air putih, istirahat yang cukup dan menjalani gaya hidup yang sehat.

2. Pemilihan waktu keberangkatan

Jika berencana untuk berangkat dan pulang dari mudik ke wilayah Jawa dan sekitarnya melalui jalur darat, ada baiknya untuk berangkat lebih awal agar terhindar dari puncak arus mudik. Jika perlu ambil cuti 1-2 hari sebelum tanggal cuti bersama untuk menghindari kepadatan di jalan, pelabuhan atau bandara sehingga masih cukup waktu menyiapkan hari Raya Idul Fitri dengan kondisi lebih prima.

3. Explore Jalan Tol Baru Sesuai Tujuan

Bagi yang melakukan perjalanan mudik jalur darat di wilayah Jawa dan Sumatera, dapat juga memanfaatkan tol baru, seperti:

  1. Tol Semarang – Demak,
  2. Tol Bekasi – Marga Jaya,
  3. Tol Cinere – Krukut,
  4. Tol Pasuruan – Gending,
  5. Tol Indralaya – Prabumulih,
  6. Tol Cisumdawu – Dawuan,
  7. Tol Ciawi – Cibadak,
  8. Tol Binjai – Kuala Bingai,
  9. Tol Indrapura – Limapuluh,
  10. Tol Tebing Tinggi – Indrapura,
  11. Tol Sigli – Kuto Baro,
  12. Tol Cibitung – Cilincing,
  13. Tol Cimanggis – Cikeas.

Selain mempersingkat waktu perjalanan, sekalian sambil menikmati pemandangan yang berbeda jika dibandingkan dengan rute mudik sebelumnya.

4. Wisata dan Tempat Kuliner Baru

Kepadatan arus mudik baik saat pergi dan pulang sudah menjadi hal yang umum. Dengan perjalanan bersama keluarga yang panjang ini, healing sejenak dengan mengunjungi tempat wisata dan kuliner khas daerah yang belum pernah dikunjungi juga bisa dilakukan. Dengan menyempatkan healing sejenak, momen liburan bersama keluarga juga makin berkesan.

5. Persiapkan Proteksi selama perjalanan

Momen mudik selalu memiliki animo yang besar setiap tahun. Semakin padat arus kendaraan, semakin tinggi juga risiko yang dapat terjadi pada kondisi tubuh dan kendaraan. Untuk mengantisipasi hal tersebut, berbagai proteksi mungkin perlu disiapkan, seperti:

  1. Asuransi perjalanan: Asuransi ini dapat dimanfaatkan untuk mengalihkan risiko tak terduga kepihak asuransi seperti delay, kehilangan bagasi dan lainnya.
  2. Asuransi kendaraan: Asuransi ini dapat disiapkan untuk menghindari dari risiko tidak terduga pada kendaraan, seperti kecelakaan antar kendaraan, dan risiko lain terhadap kendaraan.

Untuk memenuhi kebutuhan asuransi selama mudik, BCA bekerja sama dengan BCAinsurance dalam menyediakan, baik asuransi perjalanan dengan perlindungan untuk perjalanan domestik dan internasional mulai dari pelacakaan dokumen atau barang yang hilang, masalah perjalanan (pembatalan, keterlambatan perjalanan hingga kehilangan atau keterlambatan bagasi), biaya pengobatan darurat hingga kecelakaan selama perjalanan. Dan untuk asuransi kendaraan, BCAinsurance telah bekerja sama dengan 489 bengkel rekanan berkualitas yang tersebar di 52 kota.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi Cabang BCA terdekat atau cek di travel insurance dan asuransi kendaraan!