16 Feb 2024 | Edukatips

Beralih ke Kendaraan Listrik, Simak Tips Berikut Ini!

Di tahun 2023, banyak brand otomotif meluncurkan kendaraan listrik seiring dengan kompetisi pasar otomotif yang semakin ketat. Selain karena ramah lingkungan, bebas peraturan dari ganjil genap, dan kabin mobil yang senyap, keunggulan lain yang dimiliki kendaraan listrik adalah biaya pajak tahunan dan pengisian daya yang lebih irit dibandingkan dengan kendaraan konvensional. Jika Anda tertarik dan berencana untuk memiliki kendaraan listrik, simak tips berikut ini yang dapat menjadi panduan untuk memilih kendaraan listrik:

1. Tentukan Kebutuhan dan Fitur

Budget, tipe, dan spesifikasi kendaraan listrik yang dijual di Indonesia sangat beragam. Perusahaan otomotif yang berasal dari Jerman bisa jadi memiliki fitur yang lebih banyak dengan tingkat safety lebih tinggi dibanding mobil produksi dari negara lain. Ketahui juga jenis kendaraan listrik, seperti Hybrid Electric Vehicle (HEV), Battery Electric Vehicle (BEV), Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), dan Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV) karena hal ini juga berdampak terhadap budget. Oleh karena itu, sesuaikan keinginan dengan spesifikasi yang sesuai dari sebuah mobil listrik.

Setelah menggali informasi kendaraan yang akan dipilih, pelajari informasi tentang baterai dan spare part. Langkah selanjutnya adalah gali informasi terkait:

  1. Titik Electric Vehicle Charging Station (EVCS) baik di SPBU atau non SPBU yang terdekat dengan domisili rumah dan akses yang dilewati saat berpergian.
  2. Jika ingin memasang charger khusus di rumah, pastikan beberapa hal seperti biaya charger (perhitungannya: maksimal daya x besar tegangan listrik rumah x durasi waktu) dan hubungi petugas PLN untuk menaikkan voltase listrik di rumah jika diperlukan.
  3. Masa pakai baterai yang ditawarkan perusahaan otomotif dan cara menjaga kesehatan baterai kendaraan listrik. Salah satunya adalah dengan menghindari kapasitas baterai kendaraan di bawah 40% dan menghindari over charge. Idealnya pengisian daya tidak perlu hingga 100%, cukup mencapai 80%-90% saja.

2. Mengasuransikan Kendaraan Listrik
Terakhir, pentingnya mengasuransikan kendaraan listrik agar terhindar dari berbagai kerugian finansial akibat risiko tidak terduga saat berkendara seperti halnya dengan kendaraan konvensional. Oleh karena itu, asuransi kendaraan diperlukan untuk membantu meng-cover kerugian finansial jika risiko tersebut terjadi.

BCA bekerja dengan PT Asuransi Umum BCA (BCAinsurance) dalam memberikan perlindungan kendaraan yang dirancang khusus untuk kendaraan. Dengan Asuransi Kendaraan Bermotor dari BCAinsurance, Anda bisa mendapatkan perlindungan untuk kendaraan dengan premi yang terjangkau dan jaminan yang lengkap, seperti perlindungan atas kerusakan akibat kecelakaan, pencurian dengan kekerasan dan paksaan, serta tersedia pilihan jaminan perluasan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Selain mendapatkan kendaraan listrik yang ramah lingkungan, berkendara pun tenang dengan Asuransi Kendaraan Bermotor dariBCAinsurance.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, segera berikan perlindungan ekstra untuk kendaraan kesayangan Anda bersama BCAinsurance dengan menghubungi cabang BCA terdekat atau Anda dapat klik di sini untuk informasi lebih lanjut.