26 Apr 2023 | Edukatips

10 Tips Liburan yang Aman Bersama Keluarga Saat Lebaran

Momen libur Lebaran sering dijadikan momen spesial untuk liburan dan berkumpul bersama keluarga tersayang. Selain karena waktu libur yang lebih lama karena ada cuti bersama lebaran, momen Lebaran juga memungkinkan bersilaturahmi ke keluarga di kampung halaman sekaligus liburan melepas penat dari aktivitas sehari-hari.

Simak beberapa tips berikut supaya momen libur Lebaran ini semakin nyaman.

Tips Liburan Nyaman Bersama Keluarga Saat Lebaran

Perlu diingat, pergi liburan saat momen Lebaran bukan hanya ide segelintir orang saja. Liburan selama kurang lebih satu minggu ini pastinya juga akan dimanfaatkan oleh banyak orang untuk menikmati hal yang sama. Oleh karena itu, coba perhatikan baik-baik tips di bawah agar libur Lebaran lebih nyaman bersama keluarga.

1. Siapkan pos pos keuangan

Siapkan budget tersendiri. Hal ini dikarenakan akan ada banyak pengeluaran yang harus dilakukan, baik itu yang telah direncanakan ataupun yang tidak direncanakan. Oleh karena itu, buat budget terpisah pos pos keuangan untuk liburan atau lebaran, misalnya budget untuk perjalanan liburan, budget untuk makan-makan, sampai budget menabung agar dompet tidak menipis setelah libur Lebaran usai.

2. Hindari barang bawaan yang merepotkan

Menikmati momen libur lebaran merupakan hal yang terpenting saat melakukannya. Oleh karena itu, jangan rusak momen menyenangkan nanti dengan membawa barang-barang yang tidak diperlukan. Saat membawa barang-barang yang berlebihan, bisa jadi malah direpotkan atau berpotensi rusak sehingga harus ada budget tambahan untuk memperbaikinya.

Bawalah baju secukupnya, misalnya set baju lebaran dan sisanya cukup baju kasual yang nyaman. Kamu hanya perlu membawa hal-hal yang sifatnya membuat perjalanan liburan menjadi lebih berkesan, seperti makanan, minuman, atau peralatan dokumentasi liburan yang sederhana.

3. Sediakan uang kas dan waspadai risiko kehilangan

Hal ini sering dilupakan karena sekarang sudah era digital, tapi kehadiran uang kas tetap diperlukan untuk hal-hal tertentu. Misalnya, untuk bayar parkir, bayar toilet, atau sampai membeli makanan kecil. Namun, kamu cukup membawa uang kas seperlunya saja. Jangan sampai membawa uang kas yang berlebihan karena bisa meningkatkan risiko kejadian yang tidak diinginkan selama cuti bersama lebaran.

Selain itu, pisahkan uang kas yang dibawa ke dalam beberapa tempat penyimpanan. Mulai dari dompet, tas, atau bahkan saku celana. Selain untuk kemudahan akses untuk mengambilnya saat diperlukan, uang kas yang disimpan di beberapa tempat juga bisa mengurangi risiko kehilangan uang, seperti terjatuh atau bahkan dicuri orang.

4. Eksplorasi destinasi wisata hidden gem

Libur lebaran menjadi momen yang tepat bagi kamu untuk mengeksplorasi destinasi wisata di kota yang dikunjungi nanti. Cari tahu dari jauh-jauh hari tentang destinasi wisata di kota tersebut, mulai dari rutenya, tempat makan yang enak, sampai berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk bisa liburan di sana.

Selain itu, perhatikan juga faktor popularitas destinasi tersebut. Hal ini sangat berkaitan dengan akan ramai atau tidaknya tempat tersebut saat momen liburan nanti. Jika kamu tidak suka tempat wisata yang terlalu ramai, sebaiknya carilah tempat-tempat wisata hidden gem yang belum diketahui oleh orang-orang dan harganya pun bisa relatif lebih murah.

5. Staycation di hotel bagi yang tidak mudik

Libur Lebaran bukan berarti harus pergi keluar kota dan menghabiskan waktu di perjalanan sampai berjam-jam. Bagi yang tidak mudik ke kampung halaman juga bisa kok liburan di dalam kota tapi tetap mengesankan, salah satunya adalah dengan staycation di hotel berbintang yang nyaman.

Ide staycation ini pada dasarnya adalah merasakan liburan dengan menikmati fasilitas-fasilitas yang nyaman di hotel pilihan. Coba riset terlebih dahulu hotel-hotel yang ada di kota tempat tinggal berikut dengan fasilitas yang ditawarkannya. Fasilitas ini mulai dari kamar dengan desain yang menarik, kolam renang, sampai sarapan pagi yang enak.

6. Manfaatkan promo menarik

Periode libur lebaran biasa menjadi momen yang menarik bagi para pelaku usaha memberikan berbagai macam promo dengan harga yang menarik. Hal ini bisa kamu manfaatkan untuk menikmati libur Lebaran tanpa harus membuat boros berlebihan.

Untuk bisa memanfaatkan promo ini, cobalah untuk rutin melihat promo-promo yang ditawarkan lewat berbagai macam saluran media, mulai dari sosial media, media massa, sampai website. Selain itu, pesan dengan menggunakan pilihan pembayaran seperti kartu kredit juga biasanya lebih banyak promonya.

7. Siapkan asuransi perjalanan

Buat yang ingin melakukan perjalanan jauh, tak ada salahnya untuk mulai menyiapkan asuransi perjalanan. Kehadiran asuransi perjalanan ini akan membuat perjalanan libur Lebaran bisa menjadi tenang karena merasa terlindungi oleh hal-hal yang bisa saja terjadi selama di perjalanan.

Selain itu, kehadiran asuransi ini juga bisa membuat perencanaan keuangan selama liburan terjaga dengan baik karena bisa mencegah pengeluaran yang tidak perlukan. Jika berencana pergi untuk waktu yang lama, pastikan juga untuk memberi perlindungan ekstra untuk barang-barang yang ditinggal di rumah.

8. Beli oleh-oleh yang bisa dinikmati bersama

Oleh-oleh liburan menjadi barang formalitas yang diberikan kepada kerabat terdekat saat baru pulang liburan. Namun, jangan jadikan oleh-oleh ini menjadi barang yang wajib dibeli. Untuk menghemat budget, cukup beli oleh-oleh yang bisa dinikmati secara kolektif dan bukan ditujukan kepada perorangan.

Misalnya, membeli makanan khas dari kota tertentu yang bisa dimakan secara bersama-sama. Dengan cara ini budget perjalanan bisa lebih dihemat dan dialihkan ke pengeluaran lainnya yang lebih diperlukan.

9. Siapkan dokumentasi sederhana

Liburan yang berkesan bersama keluarga ini tentunya sangat disayangkan jika tidak diabadikan momennya dengan baik. Oleh karena itu, persiapkanlah alat dokumentasi, baik itu foto ataupun video. Saat ini sudah banyak variasi pilihan kamera dengan kualitas bagus yang bisa dipergunakan untuk foto ataupun merekam video.

Jika merasa kamera smartphone sudah cukup mumpuni untuk melakukan tugas tersebut, sebaiknya cukup gunakan smartphone saja. Hal ini untuk mengurangi beban barang bawaan atau risiko kamera tertinggal di tempat wisata yang menyebabkan kerugian materi. Jadi, boleh saja buat foto atau video untuk konten media sosial asalkan tidak berlebihan.

10. Nikmati momen dan lupakan pekerjaan sejenak

Ingatlah, momen libur Lebaran seperti ini tidak datang setiap pekan karena faktor kesibukan masing-masing anggota keluarga. Manfaatkan momen ini sebaik-baiknya dengan menikmati bersama seluruh anggota keluarga yang ikut. Lupakan sejenak urusan pekerjaan, jika perlu matikan terlebih dahulu semua hal yang berkaitan dengan pekerjaan di dalam smartphone kamu.

Jangan terlalu sering melihat smartphone saat liburan hanya untuk melihat media sosial. Hal ini bisa kamu lakukan kapan saja, tapi tidak dengan momen liburan bersama keluarga tercinta.