27 Mar 2023 | Edukatips

Tips Memaksimalkan Kartu Kredit Untuk Manfaat Lebih Optimal

Hingga saat ini, kartu kredit masih menjadi alat pembayaran non tunai favorit di beberapa kalangan masyarakat. Selain karena memberikan kemudahan dalam bertransaksi, kartu kredit juga sering kali menawarkan berbagai promo menarik.

Mengutip situs Bank Indonesia (BI), kartu kredit adalah alat pembayaran menggunakan kartu (APMK) yang bisa digunakan untuk melakukan pembayaran, seperti transaksi pembelanjaan atau penarikan tunai. Nantinya, pemegang kartu berkewajiban untuk melakukan pembayaran pada waktu yang disepakati, baik dengan pelunasan secara langsung (charge card) atau dengan pembayaran secara angsuran.

Cara Memaksimalkan Manfaat Kartu Kredit

Agar manfaat kartu kredit bisa lebih optimal, simak tips memaksimalkan kartu kredit berikut ini!

1. Buat pembayaran tagihan menjadi satu pintu

Setiap orang biasanya memiliki sejumlah tagihan rutin yang harus dibayarkan setiap bulan. Sebagai contoh, tagihan telepon, listrik, internet, air, hingga televisi berbayar. Jika memiliki kartu kredit, pembayaran tagihan bisa dilakukan satu pintu lewat kartu kredit.

Cara ini juga dilakukan untuk mendapatkan reward point yang lebih banyak. Reward point ini bisa dimanfaatkan untuk hal lain di masa depan, misalnya digunakan untuk pembayaran di merchant, dan lain sebagainya. 

2. Memanfaatkan promo dan potongan harga

Kartu kredit biasanya menawarkan promo-promo menarik dengan periode yang terbatas. Manfaatkan promo tersebut saat bertransaksi agar lebih hemat. Khususnya untuk pembelanjaan yang dilakukan secara rutin, coba cari promo di merchant-merchant tersebut. Untuk mengetahui promo-promo yang berlaku dengan menggunakan Kartu Kredit BCA, bisa cek di sini.

3. Kumpulkan dan gunakan reward point untuk kebutuhan

Setiap kali bertransaksi di kartu kredit, nasabah akan mendapatkan reward point. Jumlah poin yang sudah terkumpul bisa digunakan untuk berbelanja, redeem menjadi voucher belanja, bahkan bisa juga untuk mileage member maskapai. Dengan menggunakan reward point, maka belanja bisa jadi lebih hemat. Untuk mengetahui cara cek Reward BCA, bisa lihat di sini.

4. Manfaatkan cicilan dengan bunga 0%

Kartu kredit biasanya memiliki cicilan 0% di merchant-merchant yang berpartisipasi. Jika fitur ini tersedia di merchant yang berpartisipasi, manfaatkanlah semaksimal mungkin. Dengan bunga 0% selama masa cicilan berlangsung dapat membantu meringankan pembayaran tagihan kartu kredit per bulannya dan juga menjaga cash flow tetap lancar.

5. Manfaatkan fitur cash advance

Cara memanfaatkan kartu kredit terakhir adalah dengan memanfaatkan fitur cash advance atau yang biasa disebut tarik tunai. Bukan hanya kartu debit saja yang bisa digunakan untuk mengambil uang secara tunai di ATM, kartu kredit juga menawarkan hal yang sama. Fitur ini bermanfaat untuk dipakai ketika sedang dalam kondisi darurat.

Itulah informasi mengenai tips memaksimalkan kartu kredit. Apabila digunakan dengan tepat, kartu kredit memang bisa sangat menguntungkan. Yuk, segera buat Kartu Kredit BCA. Informasi lengkap mengenai Kartu Kredit BCA, klik tombol di bawah ini: