07 Feb 2023 | Edukatips

Alasan Perlu Menyiapkan Dana Darurat dari Sekarang

Mengingat kondisi ekonomi yang dapat berubah dengan cepat, setiap individu perlu mempersiapkan diri untuk menghadapinya. Memiliki dana darurat merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan finansial dalam kondisi yang berat sekalipun.

Banyak pendapat menyarankan untuk memiliki dana darurat setidaknya dengan jumlah 6—12 kali jumlah pengeluaran bulanan. Namun, memiliki dana darurat yang lebih dari jumlah tersebut akan lebih baik lagi. Untuk bisa mencapai nilai tersebut, pengumpulan dana darurat pun harus dilakukan sejak dini.

Manfaat Memiliki Dana Darurat

Dana darurat ini memiliki tingkat urgensi yang sangat tinggi. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya manfaat dari uang dana darurat yang sudah dikumpulkan nantinya. Berikut manfaat memiliki dana darurat dalam jumlah yang cukup:

1. Mengamankan diri dari krisis

Kekayaan yang dimiliki sekarang sebenarnya dibutuhkan juga untuk masa yang akan datang. Hal ini membuat setiap orang perlu mempersiapkan dana darurat sejak dini. Saat krisis datang, dana darurat ini bisa langsung dipakai untuk menjaga kesehatan finansial.

2. Mengajarkan kedisiplinan

Menyisihkan uang dengan jumlah tertentu juga mengajari diri sendiri untuk hidup disiplin. Belum selesai sampai di situ, tidak menggunakan uang tersebut untuk keinginan ataupun kebutuhan konsumtif juga bagian dari kedisiplinan yang diajarkan oleh dana darurat. Jika kedisiplinan ini dijaga dengan baik, nilai dana darurat pun bisa lebih besar lagi.

3. Pengganti sementara sumber penghasilan

Setiap pekerja memiliki risiko pemutusan hubungan kerja (PHK) sewaktu-waktu. Jika hal tersebut terjadi, dana darurat bisa digunakan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari saat belum memiliki penghasilan tetap. Pastikan penggunaannya disesuaikan sampai mendapatkan penghasilan tetap yang baru.

4. Mempersiapkan dari kejadian tidak terduga

Bencana, kecelakaan, atau penyakit kronis bisa datang kepada siapa saja. Ada kalanya, sebuah kebutuhan muncul tanpa direncanakan. Banyak orang yang akhirnya memilih berutang untuk mencukupi kebutuhan tersebut.

Nah, kondisi ini bisa dicegah dengan memiliki dana darurat. Dana darurat yang sudah dikumpulkan ini bisa digunakan untuk membantu menyelesaikan masalah yang datang tanpa diduga ini.

5. Membuat pikiran tenang

Tidak ada yang lebih baik dalam hidup selain memiliki ketenangan hati dan pikiran. Dana darurat bisa mewujudkan hidup lebih nyaman dan tenang yang diidamkan banyak orang dengan mengamankan banyak aspek keuangan.

Cara Mengumpulkan Dana Darurat

Mengumpulkan dana darurat bisa dilakukan dengan menyisihkan penghasilan rutin bulanan. Nilainya bisa ditentukan sendiri. Namun, pastikan jumlahnya tidak terlalu kecil supaya bisa lebih cepat sampai ke nominal yang ditargetkan.

Manfaatkan sejumlah channel untuk mengumpulkannya. Berikut beberapa cara yang bisa dipakai untuk mengumpulkan dana darurat:

1. Rekening terpisah

Cara pertama yang bisa dipakai adalah membuat rekening terpisah khusus untuk dana darurat. Pindahkan sebagian dana penghasilan ke rekening tersebut secara rutin setiap bulan. Pastikan dana yang ada di rekening ini tidak dipakai untuk biaya konsumsi.

2. Memanfaatkan tahapan berjangka

Tabungan berjangka membuat memudahkan nasabah mengumpulkan dana darurat. Pasalnya, produk perbankan ini akan melakukan autodebet setiap bulan selama jangka waktu tertentu. Selain itu, jumlah pendebetan juga bisa diatur sesuai dengan kebutuhan.

Membuka rekening Tahapan Berjangka dari BCA pun cukup mudah dari KlikBCA. Nasabah pun bisa mengatur jangka waktunya mulai dari 1 sampai dengan 20 tahun. Untuk cara membuka Tahapan Berjangka BCA di KlikBCA, cek di sini.

3. Deposito

Deposito juga bisa menjadi salah satu pilihan untuk menabung dana darurat. Selain suku bunganya yang cenderung lebih tinggi dari tabungan biasa, deposito juga memiliki jangka waktu yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dari 1, 3, 6 dan 12 bulan. Pembukaan rekening Deposito BCA juga bisa dilakukan secara online melalui myBCA, cek caranya di sini.

Itu dia manfaat dan cara menyiapkan dana darurat. Yuk, mulai siapkan dana daruratmu dari sekarang!