01 Nov 2021 | Edukatips

3 Jangka Waktu Investasi. Mana yang cocok sama kamu?

*Update : 1 Mar 2024

Setiap orang punya tujuan finansial yang berbeda. Supaya tujuan finansial tercapai, perlu ada strategi membagi tujuan finansial menjadi 3 bagian berdasarkan jangka waktu investasi, yaitu jangka pendek, menengah, dan panjang. Masing masing punya strategi yang berbeda loh.

 

  • Tujuan jangka pendek

Biasanya dapat terpenuhi dalam waktu kurang dari 1 tahun. Strategi untuk jangka pendek adalah menggunakan dana yang bisa di akses sewaktu-waktu seperti Instrumen Reksa Dana Pasar Uang (RDPU) dan instrumen jangka pendek (deposito dan obligasi < 1 tahun). RDPU menawarkan imbal hasil yang optimal dengan risiko yang relatif rendah, dapat ditarik kapan saja (likuid), dan lebih terlindungi dari volatilitas perubahan harga reksa dana.

 

  • Tujuan jangka menengah

Biasanya dapat terpenuhi dalam waktu sekitar 1-5 tahun. Kamu bisa menggunakan instrumen Reksa Dana Pendapatan Tetap (RDPT), atau Reksa Dana Campuran (RDC) yang menawarkan potensi imbal hasil lebih tinggi daripada RDPU. RDPT berinvestasi pada instrumen surat utang baik pemerintah maupun perusahaan, sedangkan RDC maksimal 79% berinvestasi pada instrumen pasar uang, efek bersifat utang dan/atau efek bersifat ekuitas/saham.

 

  • Tujuan jangka panjang

Biasanya dapat dipenuhi dalam waktu lebih dari 5 tahun. Selain disarankan me-monitor pengeluaran secara disiplin dan menyisihkan pemasukan secara konsisten,  sebaiknya memilih produk investasi yang dapat mempercepat tujuan finansial jangka panjang tetapi disesuaikan dengan profil risiko. Reksa Dana Saham (RDS) merupakan pilihan investasi untuk seorang investor dengan profil risiko agresif yang dapat menerima risiko yang tinggi dan jangka waktu investasi panjang.

 

Data historis menunjukkan hasil yang berbeda dari  instrumen yang berbeda:

  1. Deposito 12 bulan (sudah dipotong pajak) menghasilkan keuntungan sebesar 72%
  2. Bindo yang adalah indeks kumpulan obligasi pemerintah dengan mata uang Rupiah atau disebut juga dengan seri Fixed Rate menghasilkan keuntungan sebesar 188%
  3. IHSG yang adalah indeks kumpulan saham di Indonesia menghasilkan total return sebesar 129%

 

 

Tips biar tujuan finansial dapat tercapai:

  1. Mulai dengan merencanakan dan merealisasikan dari yang lebih mudah terlebih dahulu. Ketika sudah mencapai target, tingkatkan tujuan finansial kamu sedikit demi sedikit.
  2. Buat target dan evaluasi strategi secara berkala. Untuk tujuan jangka menengah dan panjang lakukan setahun sekali. Target membantu kamu memantau proses dan memberikan semangat untuk mencapai tujuan finansial
  3. Disiplin dalam proses pemenuhan tujuan finansial untuk mengatur keuangan dan memantau perkembangannya

 

Pilih instrumen investasi dan strategi yang kamu anggap ideal, supaya nantinya gak jadi beban dalam jangka panjang. Nah kira-kira mana yang cocok sama kamu?

 

Untuk membantu strategi investasi di reksa dana dan obligasi, gunakan fitur Welma di myBCA yang bisa di download di Appstore dan Playstore.

 

Penulis: Theodorus Nico, Investment Specialist Bahana TCW

 

Disclaimer:

Reksa Dana merupakan produk pasar modal dan bukan produk PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) dan BCA tidak bertanggung jawab atas segala tuntutan dan risiko atas pengelolaan portofolio Reksa Dana. Investasi pada Reksa Dana bukan merupakan bagian dari simpanan pihak ketiga pada BCA sehingga tidak dijamin oleh BCA dan tidak termasuk dalam cakupan objek program penjaminan pemerintah atau penjaminan simpanan. BCA hanya bertindak sebagai agen penjual efek Reksa Dana. Investasi pada Reksa Dana mengandung risiko yang memungkinkan investor kehilangan sebagian atau seluruh modal yang diinvestasikan. Kinerja Reksa Dana di masa lampau bukan merupakan jaminan kinerja di masa mendatang. Calon investor wajib membaca dan memahami prospektus Reksa Dana sebelum memutuskan untuk melakukan investasi melalui pembelian unit penyertaan Reksa Dana.

 

PT Bahana TCW Investment Management telah memperoleh izin sebagai manajer investasi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan dalam melakukan kegiatan usahanya diawasi oleh OJK.