20 Jan 2019 | Edukatips

Simak 3 Tips Kontrol Keamanan Kartu Kreditmu

Kartu kredit hadir sebagai solusi untuk transaksi yang lebih mudah dan praktis. Dengan kartu kredit kita bisa membeli berbagai produk yang dibutuhkan, kapan pun dan di mana pun. Meski demikian, pengguna kartu kredit juga perlu waspada terhadap berbagai modus penipuan, seperti skimming, phishing, dan social engineering yang berupaya mendapatkan data-data pribadi perbankan seperti data kartu kredit. 

Lalu, bagaimana tips-tips menjaga keamanan transaksi kartu kredit? Berikut penjelasannya. 

Ganti PIN Secara Berkala dan Jaga Keamanan Data

Ganti password atau PIN kartu kredit secara berkala dengan kombinasi angka yang sulit ditebak. Hindari pembaruan PIN dengan tanggal lahir seperti 101112, urutan angka seperti 654321, pengulangan nomor seperti 333444, atau hari ulang tahun diri sendiri hingga keluarga terdekat. Tak kalah penting, jangan pernah membagikan data penting kartu kredit, yaitu PIN, nomor kartu kredit, valid thru, dan CVV/CVC kepada siapa pun dan dalam kondisi apa pun. Ingat, #DatamuRahasiamu ya. 

Perhatikan SMS dan Email Notifikasi Transaksi 

BCA memberikan fasilitasSMS dan email notifikasi kepada pemegang Kartu Kredit BCA untuk setiap transaksi pada kategori tertentu yang sesuai dengan parameter yang ditetapkan oleh BCA. Tipsnya, perhatikan setiap SMS dan email notifikasi yang masuk khususnya terkait notifikasi transaksi Kartu Kredit BCA. Dengan begitu, jika ada notifikasi transaksi yang mencurigakan, kamu dapat segera memblokir kartu kredit tersebut melalui myBCA, BCA mobile atau ke Halo BCA 1500888.

Aktifkan dan Nonaktifkan Kartu Kredit Sesuai Kebutuhan Transaksi

Seperti kita tahu, kartu kredit menawarkan berbagai kemudahan bertransaksi. Tetapi ada baiknya untuk menonaktifkan fitur transaksi yang tidak dipakai, dan diaktifkan kembali apabila dibutuhkan. Salah satunya bisa melalui fitur Kontrol Kartu Kredit di aplikasi myBCA yang memungkinkan setiap pemegang Kartu Kredit BCA untuk mengaktifkan dan menonaktifkan transaksi setiap Kartu Kredit BCA sesuai kebutuhan. 

Contohnya, jika kamu menonaktifkan Transaksi Internasional pada salah satu Kartu Kredit BCA, maka hanya Kartu Kredit BCA tersebut yang tidak dapat digunakan untuk bertransaksi di luar negeri. Sedangkan untuk Kartu Kredit BCA lainnya tidak akan terpengaruh dengan perubahan tersebut.

Selain untuk transaksi internasional, fitur Kontrol Kartu Kredit juga bisa dilakukan untuk transaksi domestik, transaksi contactless dan transaksi e-commerce. 

Mau tau caranya? Langsung aja simak di bawa ini.

  1. Login ke aplikasi myBCA
  2. Pilih Akun Saya, lalu pilih Kontrol Akun
  3. Pilih Kartu Kredit dan pilih kartu yang ingin diatur
  4. Pilih Kontrol Kartu Kredit dan pilih jenis transaksi yang ingin diaktifkan atau dinonaktifkan
  5. Akan muncul layar konfirmasi dan masukkan PIN untuk verifikasi
  6. Kontrol transaksi Kartu Kredit BCA berhasil dilakukan

Nah, gampang kan? Yuk, lakukan 3 tips ini untuk mengontrol keamanan kartu kreditmu. Semoga bermanfaat ya guys!