Jakarta, 1 Juli 2025 - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menjadi pemenang utama dan perusahaan pertama yang berhak membawa pulang piala bergilir ajang Indonesia Operations Bank Summit (IOBS). Capaian tersebut diperoleh berkat keberhasilan seluruh perwakilan BCA meraih berbagai penghargaan pada ajang yang diselenggarakan Forum Komunikasi Direktur Operasional Perbankan (FKDOP) ini.
Presiden Direktur BCA Hendra Lembong berkata, “Sebuah kehormatan bagi BCA dapat membawa pulang piala bergilir dari IOBS 2025. Penghargaan ini merupakan buah dari kerja keras, kolaborasi, dan semangat inovatif para bankir muda BCA untuk terus menghadirkan solusi bagi nasabah. Kami percaya, keberadaan ruang kompetisi yang sehat dan kolaboratif seperti ini bisa mendorong para bankir muda agar semakin siap menghadapi dinamika, serta memberikan nilai tambah bagi industri perbankan Indonesia.”
IOBS merupakan ajang yang mempertemukan berbagai inovasi dari industri perbankan, sekaligus memberikan penghargaan untuk setiap inovasi dalam peningkatan kapabilitas bankir muda. Ajang pertama IOBS bertema “From Nusantara to The World” dan diselenggarakan pada 26 – 28 Mei, menghadirkan para ahli industri untuk berbagi wawasan terkait inovasi, strategi operasional, serta tantangan perbankan di era digital. Sebanyak 135 peserta dari berbagai bank mengikuti ajang tersebut.
BCA mengirimkan perwakilan sebanyak 30 tim dari divisi e-Channel & Settlement Services (CSV) dan Global Trade & Payment Services (GTP). Seluruh perwakilan BCA meraih penghargaan dengan detail 14 platinum dan 16 diamond. Keduanya merupakan penghargaan tertinggi pada ajang tersebut.
Sebanyak tiga tim perwakilan BCA juga berhasil meraih penghargaan spesial pada IOBS 2025. Ketiga penghargaan spesial itu adalah Best Impact for Industries, Best 4.0 Business Implementation, dan National Standard Innovation. Masing-masing penghargaan spesial diberikan kepada tim BCA yang membawa inovasi berikut:
- Optimalisasi pencegahan penggunaan fasilitas pembayaran untuk transaksi judi online dengan FAST
- Percepatan proses top-up Flazz dengan AI Agent & Mechatronics di BCA pada 2024
- Mengurangi kegagalan transaksi, mempercepat rekonsiliasi, dan penyelesaian keluhan-Fast dengan PSR, Auto-Reverse, OSRA serta RPA
“Partisipasi BCA dalam ajang IOBS 2025 merupakan wujud nyata upaya perseroan untuk terus belajar dan memperkuat komitmen membangun SDM berkualitas, serta mendorong inovasi berkelanjutan di lini operasional. Melalui forum ini, BCA mendapat kesempatan untuk mengeksplorasi solusi yang adaptif terhadap perkembangan teknologi, sekaligus memperbaiki proses dalam menghadirkan layanan yang semakin andal, efisien, dan tepat bagi nasabah,” ujar Hendra Lembong.
Keterangan Foto 1 & 2:
BCA Jadi Pemenang Utama Indonesia Operations Banking Summit 2025 - Wakil Presiden Direktur BCA Armand Hartono (foto atas - kelima dari kiri), Direktur BPD Jawa Tengah Dodit Wiweko Probojakti (foto atas - kelima kanan), Executive Vice President BCA Reni Septiana (foto atas - keempat kanan) dan jajaran hadir dalam penutupan ajang Indonesia Operations Banking Summit (IOBS) 2025. Pada perhelatan perdana IOBS, BCA meraih piala bergilir dan menjadi pemenang utama ajang yang diselenggarakan Forum Komunikasi Direktur Operasional Perbankan (FKDOP) tersebut. BCA mengirimkan perwakilan sebanyak 30 tim, pada ajang yang diikuti total 135 tim dari 30 bank anggota FKDOP.
*****
Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 31 Maret 2025)
BCA merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial, UKM, dan konsumer. Pada akhir Maret 2025, BCA melayani lebih dari 41 juta rekening nasabah dan memproses lebih dari 110 juta transaksi setiap harinya, didukung oleh 1.264 kantor cabang, 19.681 ATM, serta layanan internet & mobile banking dan contact center Halo BCA yang dapat diakses 24 jam. Kehadiran BCA didukung oleh sejumlah entitas anak yang berfokus pada pembiayaan kendaraan, perbankan syariah, sekuritas, asuransi umum dan jiwa, perbankan digital, pengiriman uang, dan pemodal ventura. BCA berkomitmen untuk membangun relasi jangka panjang dengan nasabah, mengutamakan kepentingan bersama, dan menciptakan dampak positif pada masyarakat luas. Dengan lebih dari 27.000 karyawan, visi BCA adalah untuk menjadi bank pilihan utama andalan masyarakat yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia.
PT BANK CENTRAL ASIA TBK
Group Corporate Communication and Social Responsibility - CSR
Corporate Communication
Alamat : Jl. MH Thamrin No. 1
Menara BCA Lt. 22
Jakarta Pusat 10310
Telepon : (021) 2358-8000
Fax : (021) 2358-8339
E-mail : corcom_bca@bca.co.id