Kembali ke Pressroom
16 Mar 2023

Beli Konten di Google Play Bisa Pakai Virtual Account BCA Melalui DOKU

Jakarta, 16 Maret 2023. Kemudahan virtual account untuk pembayaran transaksi digital menjadikannya sebagai salah satu metode pembayaran populer di Indonesia. Sebagai mitra payment gateway Google, DOKU terus menambahkan metode-metode pembayaran yang akan semakin mempermudah para pengguna Google Play dalam membeli konten digital, seperti misalnya konten game. Kini, para pengguna Google Play memiliki opsi untuk membayar menggunakan Virtual Account (VA) BCA ketika hendak membeli konten digital melalui aplikasi Google Play Store dan In-App Purchase.

Alison Jap, Chief of International Partnerships DOKU mengatakan, “Kepopuleran virtual account sebagai metode pembayaran pilihan konsumen juga tercermin di dalam total transaksi yang kami proses di DOKU, di mana VA menjadi metode pembayaran yang paling banyak digunakan oleh pelanggan dari merchant-merchant yang menggunakan payment gateway DOKU, setidaknya di dua tahun terakhir. Dengan virtual account dari BCA, kami berharap agar para pengguna makin nyaman ketika membeli konten digital dan transaksi dalam Google Play juga bisa semakin meningkat."

Menurut data Google Year in Search 2022, minat pencarian terhadap online games meningkat hingga 30%. Pada periode yang sama tren mabar (Main Bareng) meningkat pesat, terindikasi dari minat pencarian kata ‘mabar’ yang mencapai lebih dari 80%. Menurut laporan e-Conomy SEA 2022 frekuensi penggunaan digital gaming juga naik dari 29% pada tahun 2021 menjadi 34% pada tahun 2022.

“Kami menyambut kerja sama ini sebagai bagian dari upaya memberikan layanan terbaik, tak hanya bagi nasabah BCA tapi juga bagi pengguna Google Play. Kolaborasi antara BCA, Google, dan Doku menjadi salah satu perwujudan ekosistem layanan transaksi digital di Indonesia,” kata EVP Transaction Banking Business Development I Ketut Alam Wangsawijaya.

Untuk melakukan transaksi dengan menggunakan metode pembayaran Virtual Account BCA, pengguna dapat mengikuti cara berikut:

  1. Pilih game item/diamond yg akan dibeli di dalam game app
  2. Ganti metode pembayaran
  3. Pilih bayar dengan BCA
  4. Klik Dapatkan Kode Pembayaran
  5. Klik Copy Kode Pembayaran
  6. Buka aplikasi BCA Mobile lalu "M BCA" dan klik menu "M-Transfer" 
  7. Pilih BCA Virtual account
  8. Masukan nomor Virtual Account yang disalin tadi di kolom No Virtual account
  9. Klik konfirmasi dan transaksi berhasil

Selain virtual account, DOKU juga telah memfasilitasi pembayaran digital dengan metode bayar di minimarket dan bayar dengan e-wallet untuk belanja konten digital di Google Play.

Tentang DOKU

DOKU adalah suatu platform pembayaran, penyedia solusi pembayaran berbasis teknologi pertama yang melayani kebutuhan pembayaran merchant online. Berdiri sejak tahun 2007 dan terdaftar dengan nama PT. Nusa Satu Inti Artha, DOKU merupakan perusahaan lokal pertama di Indonesia yang menerima sertifikasi PCI DSS (Payment Card Industry Data Security Standard) Level 1 versi 3.2. DOKU menyediakan rangkaian produk pembayaran terluas, baik dari segi online maupun offline, dan memiliki pilihan pembayaran elektronik yang paling beragam, melayani lebih dari 150.000 merchant dari lintas industri, termasuk diantaranya TikTok, Google, Garuda, Prudential dan Traveloka.

Saat ini DOKU adalah satu-satunya penyedia layanan pembayaran yang memiliki lima lisensi dari Bank Indonesia, yang memungkinkan kami untuk memberikan layanan beragam, seperti payment gateway, transfer dana domestik, remitansi, PPOB, uang elektronik, dompet elektronik, serta QRIS. Kunjungi DOKU.com (info korporat), DOKU.promo (info konsumen), serta temukan kami di facebook dan twitter (DOKU ID), atau e-mail ke press@doku.com.

 

Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 31 Desember 2022)

BCA merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial, UKM, dan konsumer. Pada akhir Desember 2022, BCA melayani lebih dari 34 juta rekening nasabah dan didukung oleh 1.247 kantor cabang, 18.268 ATM, serta layanan internet & mobile banking dan contact center Halo BCA yang dapat diakses 24 jam. Kehadiran BCA didukung oleh sejumlah entitas anak yang berfokus pada pembiayaan kendaraan, perbankan Syariah, sekuritas, asuransi umum dan jiwa, perbankan digital, pengiriman uang, dan pemodal ventura. BCA berkomitmen untuk membangun relasi jangka panjang dengan nasabah, mengutamakan kepentingan Bersama, dan menciptakan dampak positif pada masyarakat luas. Dengan sekitar 25.000 karyawan, visi BCA adalah untuk menjadi bank pilihan utama andalan masyarakat yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia.

 

PT BANK CENTRAL ASIA TBK

Group Corporate Communication and Social Responsibility - CSR

Corporate Communication

 

Alamat : Jl. MH Thamrin No. 1
Menara BCA Lt. 22
Jakarta Pusat 10310
Telepon : (021) 2358-8000
Fax : (021) 2358-8339
E-mail : corcom_bca@bca.co.id

Kegiatan Terkait

Hubungi Biro Humas BCA