Purwakarta, 16 Desember 2019 – Tumbuh menjadi salah satu bank swasta terbesar di Indonesia, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) terus bergerak ke berbagai segmen dalam rangka memenuhi kebutuhan nasabahnya. Hal ini kembali diimplementasikan BCA dengan memberikan Solusi Cash Management kepada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Purwakarta dan berupa kemudahan pembayaran tagihan air bagi masyarakat melalui ATM BCA.
Hadir dalam seremoni peluncuran kerja sama tersebut, Kepala KCU BCA Purwakarta Susiana Arifah didampingi Kepala Pengembangan Bisnis BCA Purwakarta Praptomo Dwi Putro bersama Direktur Keuangan PDAM Purwakarta Kusman dan Direktur Utama PDAM Purwakarta Dadang Saputra di Purwakarta, Senin (16/12).
“Seperti yang kita ketahui, PDAM Purwakarta merupakan salah satu institusi penting yang meyokong aspek air dalam kehidupan sehari-hari bagi masyarakat. Maka sudah selayaknya kami sebagai institusi perbankan memberikan opsi kemudahan dalam hal pembayaran yang cepat, aman dan nyaman melalui ATM BCA,” ungkap Susiana.
Susiana menambahkan, era disrupsi teknologi yang sedang berlangsung saat ini memicu kami untuk mengoptimalkan berbagai layanan dan produk dengan mengakomidir beragam kebutuhan masyarakat yang semakin dinamis, termasuk salah satunya menyediakan fasilitas pembayaran tagihan air secara online di BCA.
Kerjasama antara BCA dan PDAM Purwakarta yang terbentuk merupakan kerjasama penerimaan pembayaran iuran PDAM melalui e-channel BCA yang dilakukan secara bertahap dimana untuk tahap awal telah diimplementasikan pada ATM BCA. Di ATM, nasabah BCA cukup memilih menu Transaksi Lainnya, pilih Pembayaran, pilih PAM, memasukkan Kode PAM, memasukkan Nomor Bayar, kKonfirmasi pembayaran, dan transaksi berhasil.
Purwakarta merupakan salah satu kabupaten di Jawa Barat yang sedang tumbuh. Dan seiring makin berkembangnya industri dan jumlah penduduk yang semakin besar, menuntut adanya kemudahan dalam berbagai pembayaran tagihan untuk kebutuhan sehari-hari. “Hal ini lah yang melatarbelakangi BCA untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat Purwakarta dalam hal pembayaran tagihan air PDAM. Semua dapat dibikin simpel dengan BCA.” tambah Susiana.
Selain bertujuan untuk memberikan kemudahan dan meningkatkan kedisiplinan pelanggan membayar tagihan air PDAM, kerjasama ini juga diharapkan dapat melanjutkan kontribusi BCA kepada Pemerintah terkait dukungan terhadap Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT). “Kerja sama ini merupakan langkah strategis BCA dan PDAM Purwakarta untuk mendukung program pemerintah dalam mewujudkan masyarakat non-tunai di Indonesia melalui program GNNT yang diprakarsai oleh Bank Indonesia (BI). Kami berharap untuk kedepannya, masyarakat Purwakarta dapat terpapar secara merata mengenai solusi pembayaran air yang lebih mudah, efisien, dan efektif melalui e-channel BCA, dalam jangka panjang yang terus berkelanjutan,” tutup Susiana.
Kerjasama Cash Management BCA dengan PDAM Purwakarta - Kepala KCU BCA Purwakarta Susiana Arifah (kedua kanan) didampingi Kepala Pengembangan Bisnis BCA Purwakarta Praptomo Dwi Putro (kanan) bersama Direktur Keuangan PDAM Purwakarta Kusman (kiri) dan Direktur Utama PDAM Purwakarta Dadang Saputra (kedua kiri) usai menandatangani perjanjian kerjasama Cash Management di Purwakarta, Senin (16/12). Kerjasama antara BCA dan PDAM Purwakarta yang terbentuk merupakan kerjasama penerimaan pembayaran iuran PDAM melalui e-channel BCA yang dilakukan secara bertahap dimana untuk tahap awal telah diimplementasikan pada ATM BCA. Di ATM, nasabah BCA cukup memilih menu Transaksi Lainnya, pilih Pembayaran, pilih PAM, memasukkan Kode PAM, memasukkan Nomor Bayar, kKonfirmasi pembayaran, dan transaksi berhasil.
***
Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 30 September 2019)
BCA merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial & UKM dan konsumer. Pada akhir September 2019, BCA melayani hampir 21 juta rekening nasabah dan memproses jutaan transaksi setiap harinya didukung oleh 1.246 kantor cabang, 17.673 ATM serta layanan internet dan mobile banking yang dapat diakses 24 jam.
Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi:
PT BANK CENTRAL ASIA TBK
Divisi Sekretariat & Komunikasi Perusahaan
Sub Divisi Komunikasi Perusahaan
Biro Hubungan Masyarakat
Alamat : Jl. MH Thamrin No. 1
BCA Grand Indonesia Lt. 20
Jakarta Pusat
Telepon : (021) 2358-8000
Fax : (021) 2358-8300
E-mail : humas@bca.co.id