Kembali ke halaman Keberlanjutan

Berkarya Memberi NIlai

Program keterlibatan dan pemberdayaan masyarakat

Berkarya Memberi Nilai


BCA secara berkesinambungan mengembangkan program tanggung jawab sosial perusahaan. Program dikembangkan tidak hanya untuk berkontribusi terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat, namun juga perbaikan kondisi lingkungan hidup dan kegiatan lain yang mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB). Program yang dikembangkan di bawah nama Bakti BCA, dilaksanakan melalui tiga pilar, yaitu:

  • Solusi Cerdas untuk bidang pendidikan
  • Solusi Sinergi untuk bidang kebudayaan, kesehatan dan lingkungan hidup
  • Solusi Bisnis Unggul untuk pembinaan UMKM dan pemberdayaan komunitas melalui desa binaan

Informasi mengenai Bakti BCA

Literasi dan Inklusi Keuangan


Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki peluang dan tantangan dalam ketersediaan akses jasa perbankan bagi masyarakat. Sejalan dengan itu, BCA turut aktif berperan mendukung program literasi dan inklusi keuangan, yang diinisiasi Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Implementasi program literasi dan inklusi keuangan dilakukan melalui pilar Solusi Cerdas Bakti BCA, BCA aktif melakukan edukasi budaya pengelolaan keuangan dan pengenalan lembaga finansial. Program dikembangkan sesuai dengan target kegiatan, sebagai ilustrasi, literasi keuangan kepada pelajar menggunakan sarana game board. Ini merupakan upaya agar edukasi bersifat interaktif dan menarik.

Pada tahun 2020, tidak kurang dari 105.522 orang mengikuti kegiatan literasi keuangan BCA. Jumlah tersebut termasuk 14.941 pelajar dan mahasiswa.

Sejak tahun 2015, BCA aktif mendukung inisiatif OJK dalam program layanan keuangan tanpa kantor dalam rangka keuangan inklusif (Laku Pandai), serta memperkenalkan LAKU BCA, DUITT. BCA juga menyediakan produk tabungan untuk pelajar berupa TabunganKu, dan SimPel.

Program Laku Pandai yang diusung BCA, diharapkan dapat membuka akses bagi masyarakat luas untuk mendapatkan layanan jasa keuangan, khususnya masyarakat yang belum tersentuh jaringan perbankan. Layanan LAKU BCA dibantu oleh Agen Laku Pandai. Tentunya, BCA menjaga profesionalitas dan integritas Agen Laku Pandai.

Dalam konteks pembangunan berkelanjutan, hal tersebut merupakan partisipasi aktif BCA dalam upaya mengurangi kesenjangan sosial dan ekonomi. Program Laku Pandai juga membantu terpenuhinya hak sosial ekonomi masyarakat untuk mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik, khususnya melalui pengelolaan keuangan dan akses pendanaan.

Total File

0

Total Ukuran File

0

Dapatkan Info Sustainability Terbaru dari BCA

Berlangganan