11 Nov 2002 | News & Features

Tips Persiapan Yoga PORSENI BCA 2023

Hai Insan BCA! Udah tahu kan kalau cabang olahraga Yoga akan hadir di PORSENI BCA 2023! Yoga ini adalah salah satu cabang lomba exhibition yang diadakan dalam bentuk yoga pose group challenge secara live streaming di tanggal 29 Januari 2023. Bagi Insan BCA yang tertarik mengikuti Yoga pada rangkaian perlombaan di PORSENI BCA 2023, mari simak beberapa tips untuk mempersiapkan diri berikut ini:

1. Lakukan latihan pernapasan secara rutin

Selain postur dan gerakan, teknik pernapasan adalah hal yang krusial diperhatikan dalam melakukan yoga. Hal ini karena pernapasan diperlukan dalam memenuhi kebutuhan oksigen dan membuat tubuh dan pikiran lebih rileks, meningkatkan konsentrasi, serta memperkuat tubuh selama beryoga. Latihan pernapasan dalam yoga dikenal dengan istilah “Pranayama”, yang merupakan latihan pernapasan secara perlahan dan  menggunakan otot diafragma sehingga memungkinkan paru-paru mengembang secara penuh.

2. Latihan kelenturan tubuh

Untuk dapat melakukan pose yoga dengan baik, tubuh perlu dilatih kelenturannya sehingga mendukung gerakan-gerakan dalam beryoga. Adapun latihan dasar yang dapat dilakukan  untuk melatih kelenturan yaitu tree pose, standing yoga pose, back pain, cat-cow, cobra pose, dan berbagai pose lainnya.

3. Pilih pakaian dan alas yang nyaman

Selama yoga, tubuh akan melakukan gerakan aktif sehingga disarankan memilih pakaian yang tidak terlalu ketat dan nyaman digunakan. Selain itu, pemilihan alas atau matras yang akan digunakan juga penting untuk diperhatikan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah material yang digunakan, ketebalan, ukuran, tekstur, dan base (bagian bawah) yang tidak mudah bergeser sehingga mendukung gerakan yoga yang dilakukan.

4. Lakukan latihan bersama tim

Dengan melakukan latihan bersama tim agar kita dapat menyesuaikan gerakan-gerakan yang bisa dilakukan dalam yoga pose group challenge ini. Latihan tim secara rutin juga membantu melatih kekompakan tim yang menjadi salah satu aspek penilaian dalam perlombaan.