11 Nov 2002 | News & Features

KENALI MANFAAT BERMAIN BASKET

Basket yuk!! Dalam rangka menyambut HUT BCA Ke-66, BCA setiap tahunnya menyelenggarakan PORSENI (Pekan Olahraga dan Seni) yang bisa diikuti Insan BCA secara Nasional. Basket menjadi salah satu cabang olahraga yang akan ditandingkan secara offline di Jakarta. Kompetisi ini berlangsung pada tanggal 1 – 3 Maret 2023.

Yuk Insan BCA juga bisa berolahraga basket karena ternyata banyak loh manfaatnya, cek infonya berikut ya:

1. Meningkatkan Koordinasi dan Kestabilan Tubuh

Bermain basket bermanfaat dalam meningkatkan koordinasi dan kestabilan tubuh. Pasalnya, selama permainan, kita harus mempertahankan kestabilan tubuh sekaligus mengoordinasikan setiap gerakan dengan cepat. Olahraga ini juga menggunakan keterampilan motorik, seperti menggiring, mengoper, serta melempar bola sambil melompat dan mengubah arah tubuh.

2. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Manfaat bermain basket berikutnya adalah meningkatkan kesehatan tulang. Ya, penelitian menunjukkan bahwa olahraga ini memberikan dampak positif bagi kekuatan tulang.

Bagaimana tidak, Anda terus melompat dan berlari sepanjang permainan. Hal ini melatih kekuatan otot sehingga membuat tulang menjadi lebih padat.

3. Memperkuat Ketahanan Otot

Olahraga basket juga diketahui bisa memperkuat ketahanan otot. Secara mendasar, olahraga ini memerlukan stamina, kekuatan serta kecepatan. Hal ini disebabkan karena kita harus bergerak dengan cepat dengan ketahanan otot yang kuat. Bila berlatih secara rutin, kita bisa meningkatkan stamina dan performa fisik tubuh menjadi lebih baik.

4. Menurunkan Berat Badan

Bermain baseket juga bisa membantu menurunkan berat badan dengan efektif. Hal ini disebabkan oleh gerakan cepat selama permainan seperti melompat dan berlari membuat tubuh membakar kalori lebih banyak pula. Pada orang dengan berat badan 75 kg, kalori yang terbakar bisa mencapai 600 kkal dalam 1 jam permainan. Sementara, pada orang dengan berat 113 kg, kalori yang tebakar mencapai 900 kalori dalam 1 jam permainan.

5. Menambah Tinggi Tubuh

Bermain bola basket juga bisa membantu menambah tinggi tubuh. Mengingat ring basket terletak sekitar 3 meter dari tanah, kita harus melompat agar bisa memasukkan bola ke dalam ring. Terlebih lagi, kelincahan gerakan dalam permainan melatih kekuatan otot pada kaki Anda. Hal ini diketahui mampu memicu tulang memanjang dengan cepat.

6. Menjaga Kesehatan Kardiovaskular

Manfaat bermain bola basket yang tidak kalah penting adalah menjaga kesehatan kardiovaskular. Permainan dengan intensitas tinggi di mana kita perlu berlari dan bergerak begitu cepat tentu membuat jantung berdetak lebih cepat. Lemak-lemak dalam tubuh pun akan terbakar, sehingga mencegah penyakit metabolik. Hal ini juga dinilai baik bagi kesehatan jantung dan mampu mencegah stroke ataupun penyakit-penyakit jantung lainnya di masa mendatang.

7. Menumbuhkan Rasa Percaya Diri

Manfaat bermain bola basket bagi mental adalah menumbuhkan rasa percaya diri. Sebab, basket merupakan olahraga beregu di mana kita harus bisa saling mendukung dan memotivasi teman satu tim. Kita akan terbiasa berada dalam kelompok dan harus siap mendengarkan kritik demi keberhasilan tim. Inilah yang kemudian menumbuhkan rasa percaya diri.

8. Meredakan Stres

Seperti olahraga lainnya, basket juga bisa menjadi salah satu cara menghilangkan stres. Aktivitas fisik semacam ini diketahui dapat memicu hormon endorfin yang kemudian membuat seseorang jadi lebih rileks sekaligus merasa senang.

9. Melatih Sikap Sportif

Ketika bertanding, kita harus bermain secara adil dan mengutamakan sportivitas terhadap tim lawan. KIta juga harus bisa menerima kekalahan dengan lapang dada dan menghargai kemenangan atau keberhasilan orang lain. Ini merupakan bagian penting dalam permainan basket.

10. Menjaga Kestabilan Emosi

Manfaat bermain bola basket yang terakhir adalah menjaga kestabilan emosi. Ya, seperti dijelaskan sebelumnya, olahraga beregu ini melatih kita menghargai orang lain. Kita harus bisa menerima kritik maupun kesalahan selama bermain tanpa harus melibatkan emosi, berpikir sebelum bertindak, dan siap mendengarkan pendapat orang lain. Secara tidak langsung, kestabilan emosi ini akan sangat bermanfaat bagi kehidupan Anda nantinya.