2018-10-29 | #AwasModus

Awas Modus Cuma Kamu yang Boleh Tahu -Tiga Data Pribadi Ini

Semakin hari, modus penipuan terhadap nasabah perbankan semakin beragam. Berbagai modus-modus penipuan ini bisa dilakukan tanpa perlu bertemu langsung atau tanpa perlu mengambil kartu yang kamu miliki. Oleh karena itu, penting untuk tidak memberikan data-data berikut ini kepada siapa pun, bahkan petugas bank sekalipun!

PIN (Personal Identification Number)

PIN merupakan angka sandi rahasia untuk masuk ke rekening kamu. Jangan sampai info seperti nomor PIN kamu tulis atau foto lalu diletakkan di tempat-tempat umum. Ingatlah bahwa pihak BANK BCA sekalipun tak akan memintamu untuk memberitahu PIN yang kamu miliki dengan alasan apa pun.

CVV (Card Verification Code) atau CVC (card Verification Code)

CVV atau CVC adalah 3 digit angka terakhir yang terdapat pada bagian belakang kartu kredit. Biasanya terdapat di tempat tanda tangan di belakang kartu kredit. Hanya si pemilik kartu lah yang berhak mengetahui nomor CVV atau CVC. Perlu diingat, nomor CVV atau CVC, seperti halnya juga nomor OTP dan PIN sifatnya sangat rahasia, kamu bahkan tidak boleh memberitahukan kepada pihak BANK BCA dan BANK BCA tidak akan pernah meminta nomor CVV atau CVC.

OTP (One Time Password)

OTP adalah password dinamis (bisa berubah-ubah) yang dikirimkan oleh pihak bank atau situs jual beli online melalui SMS/email. OTP ini diberikan untuk meminta persetujuan akses ke rekening kamu, seperti mendebet rekening atau memotong pulsa. OTP bisa juga dibilang sebagai kode otorisasi terhadap sebuah transaksi, jadi jika ada orang tak dikenal yang meminta kamu menyebutkan nomor OTP dengan modus ingin transfer hadiah undian, segera tolak!