29 Mei 2024 | Edukatips

Cara Bayar Tagihan Kartu Kredit di myBCA

Kartu kredit bisa membantu kemudahan transaksi, baik secara online maupun offline. Namun, hal yang tidak boleh dilupakan adalah pembayaran tagihan kartu kredit secara tepat waktu. Melalui myBCA, kamu bisa bayar tagihan kartu kredit kapan pun dan dari mana pun, lho.

Yuk, ketahui pentingnya membayar kartu kredit secara tepat waktu di bawah ini.

Alasan Perlu Bayar Kartu Kredit Tepat Waktu

Tanggal jatuh tempo pembayaran kartu kredit perlu diperhatikan untuk menghindari keterlambatan bayar. Informasi ini biasanya ada pada surat penagihan yang dikirim setiap bulan, baik melalui email maupun surat tagihan. 

Berikut alasan kenapa pembayaran kartu kredit harus dilakukan sebelum tanggal jatuh tempo:

1. Terhindar dari denda keterlambatan

Denda keterlambatan akan dibebankan jika tagihan kartu kredit belum dibayar pada tanggal jatuh tempo. Denda ini akan dimasukkan ke dalam tagihan dan nilainya berlaku akumulasi. Hal ini dapat membuat nilai tagihan semakin membesar dari waktu ke waktu.

2. Berpengaruh pada skor kredit

Nasabah yang melakukan pinjaman memiliki skor kredit pribadi. Skor kredit ini dilihat dari kelancaran dalam melakukan pembayaran kredit. Skor kredit bisa menjadi buruk jika terdapat kredit macet atau keterlambatan dalam pembayaran kredit. Hal ini dapat berdampak ke semakin sulitnya mendapatkan pinjaman baru dari bank, baik untuk kredit kepemilikan kendaraan maupun rumah atau apartemen.

Cara Bayar Kartu Kredit di myBCA

Bayar tagihan kartu kredit bisa dilakukan pada fitur Bayar & Isi Ulang di dalam myBCA. Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan.

  1. Login ke myBCA 
  2. Pada bagian Bayar & Isi Ulang, pilih menu Kartu Kredit & Paylater
  3. Pilih bank penerbit kartu kredit
  4. Pilih sumber dana dan masukkan nomor kartu kredit dalam kolom yang tersedia
  5. Akan muncul jumlah tagihan dan pembayaran minimum yang bisa dilakukan. Masukkan nominal pembayaran kartu kredit dan pilih Lanjut
  6. Cek kembali detail informasi pembayaran kartu kredit. Jika sudah benar, pilih Bayar.
  7. Masukkan PIN untuk melakukan konfirmasi pembayaran
  8. Pembayaran tagihan kartu kredit berhasil

Selain pembayaran untuk Kartu Kredit BCA dan Paylater BCA, myBCA juga menyediakan pembayaran kartu kredit dari berbagai bank lainnya. 

Untuk dapat menggunakan fitur dan layanan tersebut, download aplikasi myBCA di Play Store dan App Store. Untuk apply Kartu Kredit BCA secara online, klik tombol di bawah ini: