18 Apr 2024 | Edukatips

Cara Transaksi QR Cross Border di Luar Negeri Lewat Aplikasi myBCA

Pembayaran QR menjadi salah satu metode pembayaran yang praktis untuk berbagai jenis transaksi. Berbagai merchant sudah memanfaatkan sistem pembayaran tersebut untuk menerima pembayaran.

Perluasan fitur QR juga sudah diimplementasikan di negara lain seperti Singapura, Malaysia dan Thailand. Sehingga, transaksi dengan QR melalui aplikasi myBCA dapat dilakukan di negara-negara tersebut menggunakan QR Cross Border.

Simak penjelasan berikut untuk info lengkap tentang cara pembayaran menggunakan QR dari aplikasi myBCA saat melakukan transaksi luar negeri.

QR Cross Border untuk Transaksi di Luar Negeri

Pembayaran atas transaksi di luar negeri dengan QR bisa langsung dilakukan menggunakan mata uang Rupiah. Jadi, tidak perlu repot menghitung konversinya terlebih dahulu ke mata uang rupiah karena nominal transaksi dikonversikan otomatis sesuai dengan kurs Reuters BCA yang kompetitif.

Transaksi pembayaran dengan fitur QRIS BCA di luar negeri diterima oleh merchant jika terdapat logo bank partner di tempat transaksi.

QR Cross Border Bisa Dipakai di Negara Mana Saja?

Berikut ini beberapa negara yang sudah mengimplementasikan QR Cross Border.

1. Singapura

Jaringan QR Cross Border di Singapura terintegrasi melalui partner yaitu Network for Electronics Transfer (NETS). Transaksi di Singapura dengan fitur QRIS di myBCA bisa dilakukan di tempat yang menyediakan metode pembayaran QR dengan logo NETS atau logo SGQR + NETS berikut.

2. Malaysia

Transaksi QR di Malaysia berlaku untuk beberapa bank partner yang terintegrasi melalui jaringan perbankan. Berikut ini beberapa jaringan perbankan yang sudah melakukan integrasi dengan QR: Public Bank Berhad, Razer Merchant Services Sdn Bhd, United Overseas Bank Berhad, TNG Digital Sdn Bhd, Axiata Digital eCode Sdn Bhd (Boost), AmBank Malaysia Berhad, Maybank Berhad dan Hong Leong Bank Berhad.

Selain itu, transaksi QR di Malaysia bisa dilakukan jika terdapat logo DuitNow dan logo bank partner yang tertera di atas. Pembayaran bisa dilakukan langsung menggunakan fitur QRIS dari aplikasi myBCA.

3. Thailand

Jika melakukan perjalanan ke Thailand, transaksi juga bisa dilakukan melalui pembayaran QR nontunai. Metode pembayaran QR BCA di Thailand juga diberlakukan melalui bank partner yang terintegrasi melalui jaringan perbankan berikut ini: Bank CIMB Thai, BBL (Bangkok Bank), BAY (Bank of Ayudhya), Krungthai Bank (KTB), CIMB Thai, Kasikorn Bank (KBANK) dan Siam Commercial Bank (SCB).

Di Thailand, selain logo bank partner yang tertera di atas, pastikan merchant yang menerima transaksi juga memiliki logo Cross Border QR Payment. Jika ada logo tersebut, pembayaran bisa dilakukan langsung dari aplikasi myBCA.

Cara Menggunakan QR Cross Border dari Aplikasi myBCA

Cara untuk transaksi menggunakan QR Cross Border sama dengan cara bertransaksi menggunakan QR pada umumnya, yaitu dengan scan kode QR di merchant.

  1. Login ke myBCA
  2. Pilih QRIS
  3. Scan QR yang tersedia di merchant
  4. Pilih rekening sumber dana, atau Paylater dan masukkan/pastikan nominal yang harus dibayarkan, klik Lanjut
  5. Pastikan nama merchant dan nominal transaksi telah sesuai, klik Lanjut
  6. Masukkan PIN
  7. Transaksi berhasil

Dengan transaksi QR Cross Border menggunakan myBCA, perjalanan ke luar negeri jadi lebih nyaman. Untuk merasakan kenyamanan bertransaksi lainnya, segera download aplikasi myBCA di Play Store atau App Store sekarang juga!