04 Apr 2024 | Edukatips

Kelebihan Donasi Online Pakai Fitur Virtual Account di myBCA

Sudah menjadi sebuah keharusan untuk membantu mereka yang sedang membutuhkan. Salah satu caranya dengan menyisihkan sebagian harta untuk berdonasi. Nantinya, dana yang terkumpul dari donasi akan digunakan untuk membantu pihak-pihak yang membutuhkan.

Aktivitas sosial ini sebenarnya disarankan untuk siapa pun khususnya mereka yang mampu. Semua orang yang terlibat dalam donasi pun akan mendapatkan berkat dan kebahagiaan, baik mereka yang menerima maupun orang-orang yang memberikan donasi.

Pengertian Donasi

Donasi adalah pemberian bantuan atau sumbangan kepada suatu pihak untuk tujuan kebaikan. Pemberian ini bersifat sukarela tanpa mengharapkan imbalan dari para penerima donasi. Para donatur atau pemberi donasi bisa memberikan uang, pakaian, makanan, perlengkapan sehari-hari, bahkan tempat untuk berteduh sekalipun. Donasi pun sekarang sudah bisa dilakukan secara online dengan memanfaatkan kemajuan teknologi.

Manfaat Melakukan Donasi Online

Donasi online punya banyak kelebihan untuk mereka yang melakukannya. Berikut sederet manfaat yang bisa didapatkan dengan melakukan donasi online:

1. Bisa membantu orang lain

Donasi dihimpun untuk membantu mereka yang kesulitan ekonomi akibat musibah, fakir miskin, dan mereka yang sudah lansia. Bantuan dari orang lain yang dikumpulkan melalui donasi akan membantu meringankan beban mereka sehingga bisa hidup dengan lebih baik.

2. Membersihkan harta

Dalam setiap harta seseorang, terdapat hak milik orang lain yang harus disalurkan. Cara memberikannya bisa melalui donasi, zakat, atau bantuan-bantuan lainnya. Dengan begitu, harta yang dimiliki bisa terhindar dari hak orang lain.

3. Membuat hati lebih bahagia

Kebaikan sekecil apa pun akan kembali kepada diri sendiri. Salah satu hal baik yang bisa dirasakan adalah suasana hati yang lebih bahagia setelah berdonasi untuk orang lain. Kelegaan ini bisa muncul karena keikhlasan yang diberikan saat mengeluarkan donasi untuk orang lain.

4. Melancarkan rezeki

Banyak pendapat yang menyebutkan bahwa zakat, donasi, dan bantuan kepada orang lain akan membuat rezeki lebih lancar. Mereka yang sering berderma cenderung memiliki kehidupan yang lebih tenteram dan sehat. Untuk urusan finansial, donasi juga membuka pintu rezeki yang lebih besar lagi.

5. Memudahkan para donatur

Manfaat donasi online lain yang bisa didapat adalah membantu para donatur lebih mudah dalam berdonasi. Mereka pun bisa menentukan sendiri ke mana dan untuk tujuan apa saja donasi tersebut diberikan. Dengan kemudahan ini, diharapkan bisa membuat lebih banyak lagi orang lain untuk tergerak hatinya untuk melakukan donasi.

Cara Donasi di myBCA

Kemudahan donasi secara online bisa didapatkan juga dari aplikasi myBCA pada fitur Virtual Account. Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan saat ingin melakukan donasi melalui aplikasi myBCA.

  1. Masuk dan login ke aplikasi myBCA
  2. Pilih menu Transfer
  3. Pilih menu Transfer Virtual Account
  4. Masukkan nomor Virtual Account
  5. Pilih rekening sumber dana
  6. Cek kembali informasi yang tertera, lalu masukkan PIN myBCA
  7. Pembayaran donasi online berhasil

Itulah langkah melakukan donasi online melalui aplikasi myBCA. Selain donasi, BCA pun memberikan layanan zakat online. Untuk lebih jelasnya, simak informasi di sini.