27 Mar 2024 | Edukatips

Cara Bayar PDAM di myBCA

Air bersih di rumah jadi salah satu hal wajib yang harus tersedia setiap saat. Untuk memudahkan pembayaran tagihan PDAM, manfaatkan aplikasi myBCA untuk melakukan pembayaran dengan lebih mudah tanpa perlu antre.

Cara bayar tagihan PDAM bisa dilakukan pada fitur Bayar dan Isi Ulang yang sudah bisa ditemukan di beranda di dalam aplikasi myBCA. Pembayaran ini pun bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja untuk mencegah keterlambatan. Cari tahu lebih banyak tentang cara bayar tagihan PDAM setiap bulannya di bawah ini.

Batas Pembayaran Tagihan PDAM Setiap Bulan

Salah satu informasi yang perlu diketahui oleh para pengguna fasilitas PDAM adalah tanggal jatuh tempo tagihan setiap bulannya. Mengetahui tanggal jatuh tempo ini perlu dilakukan untuk mempersiapkan pembayaran tagihan PDAM sebelum batas waktunya.

Setiap wilayah PDAM punya tanggal yang berbeda-beda. Namun, biasanya tanggal ini tidak berjarak terlalu jauh. Batas bayar tagihan PDAM biasanya berada di antara tanggal 20—25 setiap bulannya.

Informasi tanggal jatuh tempo ini bisa dilihat pada surat tagihan yang dikirimkan melalui pos maupun email. Pastikan untuk menandai tanggal jatuh tempo dan segera melakukan pembayaran setiap bulan secara tepat waktu.

Keterlambatan dalam membayar akan menyebabkan munculnya denda yang akan diakumulasi dalam tagihan berikutnya. Hal ini yang akan membuat tagihan menjadi lebih besar. Bukan hanya itu, keterlambatan bayar selama tiga bulan berturut-turut akan membuat layanan PDAM diputus.

Cara Cek Tagihan PDAM

Ada baiknya untuk mengecek tagihan PDAM sebelum melakukan pembayaran tagihannya. Cek tagihan PDAM bisa dilakukan di banyak channel yang tersedia. Cukup siapkan nomor pelanggan PDAM untuk mengetahui jumlah tagihan yang belum terbayarkan.

Pelanggan bisa melakukan pengecekan melalui website atau aplikasi resmi dari PDAM. Kamu juga bisa juga mengecek tagihan PDAM di aplikasi myBCA. Selain mengecek tagihannya, aplikasi myBCA juga bisa langsung dipakai untuk melakukan pembayaran tagihan PDAM.

Cara Bayar Tagihan PDAM lewat myBCA

Pembayaran tagihan bisa dilakukan langsung dengan memotong saldo rekening BCA yang terhubung. Berikut cara bayar tagihan PDAM melalui aplikasi myBCA.

  1. Login ke myBCA dengan memasukkan BCA ID dan password
  2. Pilih fitur Bayar dan Isi Ulang dan pilih Air
  3. Pilih sumber dana rekening yang akan dipakai untuk bayar tagihan
  4. Pilih wilayah pelayanan PDAM dan masukkan nomor pelanggan, lalu pilih Lanjut
  5. Periksa kembali seluruh data yang tertampil pada layar ponsel. Jika sudah benar, pilih Bayar
  6. Masukkan PIN myBCA untuk melakukan konfirmasi pembayaran
  7. Simpan bukti pembayaran

Nikmati kemudahan bayar dan isi ulang, download myBCA di Play Store dan App Store sekarang.

Bukan hanya tagihan PDAM, myBCA juga bisa dipakai untuk beli token listrik, pulsa, paket data, hingga bayar pajak kendaraan bermotor. Temukan informasi lebih lengkap tentang aplikasi myBCA di sini.