27 Mar 2024 | Edukatips

Kelola Dana THR Untuk Investasi & Menabung

Tunjangan Hari Raya (THR) jadi dana tambahan yang dinanti-nantikan menjelang Hari Raya Idul Fitri. Mengingat THR adalah penghasilan tambahan yang tidak datang setiap bulan, tentu harus bijak dalam menggunakannya. Jangan hanya dihabiskan untuk keperluan konsumtif, sisihkan juga untuk menabung, dan investasi.

Cara Memanfaatkan THR

Tambahan dana menjelang Hari Raya Idul Fitri ini tentunya bisa digunakan untuk membuat finansial jadi lebih sehat. Berikut langkah untuk memanfaatkan THR.

1. Investasi

Menyisihkan sebagian besarnya untuk berinvestasi bisa jadi langkah bijak dalam mengelola dana THR. Manfaatkan fitur Welma di myBCA untuk berinvestasi di Reksa Dana dan Obligasi. Untuk mulai berinvestasi Reksa Dana di myBCA hanya memerlukan modal mulai dari Rp10 ribu. 

2. Menyiapkan dana darurat

Jangan lupa untuk membangun dana darurat untuk menghadapi kejadian yang tidak terduga di masa depan. Sebaiknya berjumlah minimal 6 sampai 12 kali dari biaya hidup bulanan. Agar dana darurat tidak terpakai untuk pengeluaran konsumtif, bisa ditabung menggunakan fitur e-Deposito di myBCA.

Investasi dan Deposito di myBCA

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai investasi dan deposito di myBCA, simak informasi berikut:

1. Reksa Dana

Untuk investasi Reksa Dana terdapat beberapa jenis Reksa Dana yang bisa disesuaikan dengan profil risiko, mulai dari Reksa Dana pasar uang, pendapatan tetap, saham, dan campuran. Cek profil risiko pribadi dan tentukan jenis Reksa Dana yang sesuai untuk berinvestasi

2. Obligasi

Obligasi adalah investasi pada Surat Berharga baik konvensional maupun syariah. Nantinya, keuntungan yang didapatkan akan dikembalikan oleh para investor dalam bentuk kupon. Tenor pengembalian pun bisa beragam, mulai dari 3 sampai 6 tahun.

3. Deposito

Rekening deposito ini juga termasuk salah satu instrumen yang bisa dimanfaatkan untuk mengelola keuangan, salah satunya dana THR. Tabungan deposito memiliki tenor tertentu yang dapat dipilih pada awal pembukaan. Dana tersebut dapat dicairkan beserta bunga depositonya saat tanggal jatuh tempo.

Download aplikasi myBCA di Play Store dan App Store sekarang untuk bisa menggunakan fitur Deposito, fitur Welma dan fitur lainnya.