27 Mar 2024 | Edukatips

Cara Bayar Zakat Fitrah Online Lewat Aplikasi myBCA

Kewajiban yang harus dilaksanakan oleh umat muslim sebelum menyambut Hari Raya Idul Fitri adalah membayar zakat fitrah. Zakat fitrah ini bisa dikumpulkan kepada lembaga pengumpul zakat untuk bisa langsung disalurkan kepada yang berhak. Pembayaran zakat fitrah pun bisa dilakukan secara online melalui aplikasi myBCA.

Selain lebih mudah dan praktis, pembayaran zakat fitrah ini juga bisa dilakukan kapan saja bahkan pada malam sebelum lebaran sekalipun. Tidak perlu khawatir dengan pembayaran zakat dengan metode ini. Pasalnya, pembayaran zakat fitrah secara online tetap dianggap sah jika dilakukan dengan cara yang benar.

Syarat Bayar Zakat Fitrah

Tidak semua orang wajib membayar zakat fitrah sebelum Idul Fitri. Berikut syarat-syarat seseorang sudah wajib membayar zakat fitrah.

  1. Muslim atau sudah memeluk agama Islam
  2. Merdeka atau tidak sedang dalam perbudakan
  3. Mampu, atau cukup harta untuk membayar zakat setidaknya bagi dirinya sendiri

Manfaat Bayar Zakat Fitrah

Harta yang dikeluarkan untuk zakat tentunya akan berdampak baik. Berikut keutamaan dalam membayar zakat bagi seorang muslim.

1. Menyucikan hati dan menghilangkan keburukan

Harta yang dikeluarkan untuk zakat akan menghilangkan sifat buruk pada individu. Pembayaran zakat fitrah juga akan melengkapi ibadah puasa Ramadan sehingga membuat diri menjadi lebih baik setelahnya.

2. Diampuni dosa yang sudah lalu

Zakat juga berperan sebagai penghapus dosa bagi umat muslim. Secara tidak langsung, zakat ini membantu orang lain yang membutuhkan untuk mencukupi kebutuhan hidupnya. Perbuatan baik inilah yang bisa mendatangkan kebaikan sekaligus pintu rezeki bagi umat muslim.

Cara Bayar Zakat Fitrah di myBCA

Pembayaran zakat fitrah bisa melalui aplikasi myBCA dilakukan dengan memanfaatkan fitur Virtual Account. Berikut langkah-langkah bayar zakat fitrah secara online dari myBCA.

  1. Login aplikasi myBCA
  2. Pilih menu Transfer
  3. Pilih menu Virtual Account
  4. Masukkan nomor Virtual Account dari lembaga zakat
  5. Pilih rekening sumber dana
  6. Cek kembali informasi yang tertera pada layar
  7. Jika sudah benar, masukkan PIN myBCA untuk konfirmasi transaksi
  8. Pembayaran zakat fitrah berhasil dan simpan bukti transaksi di ponsel

Manfaatkan kenyamanan melakukan berbagai transaksi hingga donasi cukup dari aplikasi myBCA. Download aplikasi myBCA di Play Store dan App Store sekarang juga.