02 Mar 2023 | Edukatips

5 Tips Membeli Apartemen bagi Calon Pembeli Pemula

Apartemen menjadi hunian favorit milenial karena banyaknya fasilitas yang ditawarkan, fasilitas publik yang mendukung, ditambah juga desain interior yang modern dan minimalis dan terutama lokasi yang strategis.

Khususnya untuk orang-orang yang tinggal di urban area dimana memerlukan mobilitas yang tinggi. Semuanya harus serba cepat sehingga waktu menjadi prioritas utama dalam beraktivitas. Selain menjadi tempat hunian, apartemen pun bisa dijadikan sebagai instrumen investasi properti.

Tertarik untuk membeli, tapi tidak ingin merugi? Yuk, simak 5 tips dalam membeli apartemen yang sesuai dengan ekspektasi kamu.

1. Riset

Sebelum memutuskan untuk beli, sebaiknya lakukanlah riset untuk menentukan apartemen yang sesuai dengan kebutuhan. Kamu bisa mencari tahu dan membandingkan harga, lokasi, fasilitas yang dimiliki setiap apartemen, serta desain yang diinginkan. Riset dapat dilakukan melalui situs properti (online) atau secara langsung di pameran properti.

2. Tentukan Budget

Pilih tipe kamar, lokasi, dan fasilitas apartemen sesuai budget karena hal ini juga mempengaruhi harga unit apartemen. Selain harga unit itu sendiri, perhatikan biaya-biaya rutin dan tagihan lain setiap bulannya, seperti biaya kebersihan, keamanan, parkir dan sebagainya.

3. Pilih Apartemen dari Developer Terpercaya

Developer yang terpercaya lebih berpengalaman dan memberikan jaminan kualitas layanan yang baik. Hal ini dilakukan untuk menghindari tindakan yang ilegal. Biasanya developer yang sudah bekerja sama dengan bank besar memiliki kredibilitas yang baik karena bank pasti sudah melakukan analisa mendalam  sebelum bekerja sama dengan developer tersebut.

4. Cek Legalitas dan Peraturan di Apartemen

Periksa dan teliti dokumen/surat yang ada seperti Sertifikat HMSRS, IMB, PBB terakhir saat tanda tangan perjanjian kredit, dan Akta Jual Beli (AJB). Lebih baik lagi jika kamu melakukan pembelian melalui KPR. Karena semua dokumen legalitas dari apartemen yang akan kamu beli akan diperiksa oleh bank secara detail.

5. Pembayaran

Setelah cocok dengan apartemen pilihan Anda, siapkan booking fee sebagai tanda bahwa memang serius akan membeli unit tersebut. Jika menggunakan fasilitas KPR, maka ada beberapa biaya yang perlu disiapkan seperti biaya DP, administrasi, provisi, asuransi jiwa, dan lain sebagainya.

Nah, jika sudah mendapatkan apartemen yang cocok, wujudkan melalui KPR BCA. Kamu bisa simulasikan terlebih dahulu angsuran yang kamu mau di Rumahsaya.bca.co.id. Dan jika sudah, segera ajukan di bca.id/bungaspesialkpr