12 Sep 2022 | Edukatips

Tips Nonton Konser Pertama Kali

Menonton konser menjadi kegiatan yang disukai cukup banyak orang dari berbagai kalangan usia. Pengalaman mendengarkan pertunjukan musik secara langsung tentu saja berbeda dengan menikmati musik dari media tertentu. Apalagi, menonton konser juga bisa menjadi momen untuk bertemu musisi idola.

Bagi yang baru pertama kali menonton konser, mungkin akan memiliki kecemasan tersendiri. Namun, jangan khawatir. Simak tips nonton konser pertama kali berikut ini agar pengalaman menonton pertunjukan musik jadi semakin menyenangkan.

Tips Menonton Konser Pertama Kali

Tidak perlu bingung, apalagi panik, saat baru pertama kali menonton pertunjukan musik. Dengan persiapan yang tepat, menonton musik secara langsung untuk pertama kalinya pun bisa menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Berikut adalah tips menonton konser untuk pemula yang bisa diikuti:

1. Jaga kondisi tubuh agar tetap fit

Kondisi fisik yang prima akan membuat pengalaman menonton konser jadi lebih maksimal. Jangan sampai juga gagal menonton konser karena tiba-tiba sakit di hari H. Sebelum hari konser tiba, persiapkan kondisi fisik agar tubuh senantiasa fit.

Cara menjaga kesehatan tubuh sebenarnya sederhana. Konsumsilah makanan bergizi seimbang dan jangan lupa beristirahat atau tidur di malam hari yang cukup. Pastikan juga tubuh tetap aktif dengan berolahraga sekitar 30 menit setiap hari. Tidak hanya membuat fit, stamina pun akan terjaga sehingga tidak mudah lelah saat konser nanti.

2. Pilih baju yang nyaman

Pilihlah baju sesuai lokasi konser. Jika konser berlokasi di dalam ruangan, pilihlah baju yang dapat menghangatkan karena biasanya ruangan konser akan lebih dingin karena AC. Sebaliknya, pilih baju yang mampu menyerap keringat agar tubuh tidak kepanasan untuk konser di luar ruangan. Misalnya saja, menggunakan kaos dan celana jeans.

Hal yang terpenting adalah memilih baju yang nyaman digunakan saat menonton konser. Sebisa mungkin hindarilah menggunakan alas kaki berhak tinggi, pilihlah alas kaki yang nyaman seperti sepatu. Pasalnya, penonton biasanya akan mengantre atau berdiri dalam waktu yang lama.

3. Datang ke tempat konser lebih awal

Ingatlah bahwa akan ada banyak orang yang ingin menonton konser. Itu sebabnya, biasanya antrean konser akan mengular. Ditambah lagi, dalam kategori tiket tertentu, penonton tidak diberikan nomor kursi atau posisi tertentu. Semakin cepat datang, semakin bagus pula posisi menonton yang akan didapat.

4. Bawa tiket konser

Tiket konser adalah hal paling penting yang harus dibawa. Jangan sampai panik atau senang berlebihan hingga terburu-buru pergi ke tempat konser dan lupa membawa tiket yang sudah dibeli.

Selain itu, periksa juga ketentuan penukaran tiket yang dibeli secara online. Beda promotor, biasanya beda juga cara penukaran tiketnya. Ada yang bisa dilakukan di hari H, ada pula yang harus menukar tiket sehari sebelumnya.

5. Isi baterai smartphone

Tips nonton konser pertama kali lainnya adalah pastikan mengisi baterai smartphone hingga penuh. Menonton konser biasanya akan menghabiskan waktu seharian, mulai dari mengantre hingga menonton. Saat mengantre untuk memasuki venue, belum tentu tersedia colokan listrik di sekitar tempat antrean. Pastikan isi baterai ponsel hingga penuh. 

Jika perlu, bawa juga power bank untuk berjaga-jaga jika butuh menggunakan ponsel. Misalnya, menghubungi teman yang ingin menonton konser bersama atau memesan transportasi online saat ingin pulang nanti.

6. Jangan lupa makan

Meski menyenangkan, menonton konser juga sangat melelahkan. Pastikan makan terlebih dahulu sebelum menonton konser. Dengan begitu, tubuh akan lebih bertenaga dan bisa menikmati pertunjukan musik dengan bebas.

Beberapa konser akan memakan waktu berjam-jam. Pastikan selalu mengisi tenaga dengan mengonsumsi makanan. Biasanya ada sejumlah jajanan yang tersedia di sekitar area konser.

7. Bawa minum

Sejumlah promotor memang tidak membolehkan penonton membawa makanan atau minuman saat memasuki area konser. Namun, ada juga yang membolehkan hal tersebut. Cek terlebih dahulu ketentuan yang diberikan promotor.

Jika dibolehkan, bawalah minuman dari rumah. Selain lebih hemat, membawa minuman sendiri juga akan memudahkan saat haus, baik karena lelah mengantre atau bernyanyi bersama idola. Pilih botol minum yang praktis untuk dibawah, ya.

8. Bawa barang secukupnya

Saat menonton konser, penonton biasanya akan saling berdekatan bahkan bisa juga berimpitan. Membawa banyak barang hanya akan menyulitkan gerak dan membuat tidak nyaman saat menonton konser. Jadi, cukup bawa barang yang penting saja dan gunakanlah tas berukuran kecil agar lebih leluasa bergerak.

9. Hafalkan lirik lagu

Tips nonton konser pertama kali yang terakhir adalah hafalkan lirik lagu dari musisi tersebut. Tujuannya tentu saja agar bisa bernyanyi bersama musisi idola saat menonton konser.

Cara Beli Tiket Konser

Saat hendak menonton konser, hal terpenting yang harus dimiliki adalah tiket konsernya. Berikut adalah cara untuk membeli tiket konser:

1. Beli dari jauh-jauh hari

Biasanya, promotor sudah membuka penjualan tiket konser beberapa bulan sebelum konser diadakan. Waktu terbaik untuk membeli tiket konser adalah di awal penjualan. Pasalnya, pada awal penjualan biasanya pihak promotor menjual presale dengan harga lebih murah.

Selain itu, membeli tiket sejak awal juga membuat peluang mendapatkan tiket konser jadi lebih besar. Terlebih jika konser tersebut merupakan konser musisi papan atas yang memiliki banyak penggemar.

2. Pesan secara online

Saat ini, tiket konser umumnya bisa dibeli secara online. Salah satunya adalah melalui aplikasi BCA mobile. Membeli tiket konser melalui BCA mobile pun lebih mudah dan praktis. Cukup login ke akun BCA mobile, pilih menu Lifestyle, lalu pilih menu Tiket Event dan cari tiket konser yang ingin ditonton. Setelah itu, lengkapi proses pembayaran dan selesai. Untuk informasi lanjut tentang fitur Lifestyle, klik di sini.

Pengalaman menonton konser untuk pertama kalinya tentu saja akan menimbulkan sedikit kekhawatiran di dalam diri. Cobalah mengikuti tips nonton konser pertama kali di atas agar lebih siap ketika hari yang dinantikan tiba. Selamat menonton konser!