05 Agt 2022 | Edukatips

Mengenal Apa Itu Financial Freedom dan Cara Mencapainya di Usia Muda

Setiap individu tentu saja ingin mencapai financial freedom atau kebebasan finansial.

Financial freedom adalah keadaan yang diimpikan oleh banyak orang, karena jika sudah mencapai financial freedom, seseorang tidak akan cemas lagi memikirkan kondisi keuangan karena sudah memiliki uang yang cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Lalu, bagaimanakah cara untuk mencapai financial freedom di usia muda?

Berikut adalah uraian lengkap tentang bagaimana cara mencapai kebebasan finansial sebelum menginjak umur 40 tahun.

Apa itu Financial Freedom?

Sebelum mengetahui bagaimana cara mencapai financial freedom di usia muda, kenali lebih jauh makna financial freedom.

Financial freedom bisa diartikan sebagai kemapanan finansial untuk seorang individu. Saat seseorang sudah mencapai kebebasan finansial, maka tidak ada lagi kekhawatiran untuk kekurangan uang saat membeli barang-barang atau memenuhi kebutuhan yang diinginkan.

Secara umum, financial freedom adalah kondisi di mana seseorang memiliki cukup simpanan, terbebas dari hutang, memiliki investasi, dan uang untuk mencukupi gaya hidup yang diinginkan dalam jangka waktu relatif lama.

Manfaat Financial Freedom

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan jika sudah mencapai financial freedom! Berikut ini beberapa rinciannya.

1. Memiliki stabilitas finansial

Manfaat yang bisa dirasakan saat sudah mencapai financial freedom adalah memiliki stabilitas finansial. Artinya, kamu bisa mengalokasikan anggaran keuangan yang dimiliki pada tempatnya masing-masing secara efektif dan efisien.

Orang yang sudah stabil dalam hal ekonomi tidak akan kebingungan mengalokasikan uang karena sebelumnya sudah merencanakan persentase pendapatan untuk keperluan-keperluan yang harus dianggarkan setiap bulannya.

2. Tidak cemas memikirkan kondisi finansial

Salah satu ciri orang yang sudah mencapai financial freedom adalah tidak lagi merasa cemas akan kondisi keuangan. Semua kebutuhan harian akan terpenuhi, begitu pula dengan keinginan-keinginan yang diimpikan, biasanya juga sudah bisa tercapai.

Orang dengan kondisi finansialnya cukup mapan dan stabil dalam hal ekonomi bisa membeli barang kebutuhan sekunder bahkan tersier tanpa perlu mencemaskan kondisi keuangannya setelah aktivitas pembelian.

3. Independen dalam Hal keuangan

Manfaat yang juga bisa didapatkan saat sudah mencapai financial freedom adalah independen dalam hal keuangan.

Orang yang sudah mencapai kebebasan finansial bisa mencukupi kebutuhan pribadinya tanpa memerlukan bantuan dari pihak lain.

Misalnya, pada usia 25 tahun ketika sudah memiliki pendapatan, bisa menabung, dan bisa mencukupi kebutuhan secara mandiri, maka bisa diartikan bahwa kamu tergolong individu yang sudah mencapai financial freedom di usia muda.

Cara Mencapai Financial Freedom di Usia Muda

Saat ini banyak pekerja atau pengusaha yang masih berusia muda, dan sudah memiliki pendapatan yang besar. Namun, tingginya tingkat pendapatan tidak selamanya berdampak positif.

Alih-alih mencapai financial freedom di usia yang relatif muda, banyak orang terjebak pada gaya hidup boros, kredit membengkak, dan terbebani berbagai macam hutang.

Nah, berikut ini adalah lima cara untuk mencapai financial freedom di usia muda dengan perencanaan dan pengelolaan keuangan yang baik!

1. Memahami kondisi finansial pribadi

Cara pertama untuk mencapai financial freedom adalah dengan memahami kondisi keuangan yang dimiliki. Kenali kondisi keuangan pribadi dan pastikan jika pendapatan yang dimiliki bisa sepenuhnya mencukupi kebutuhan.

Apabila pendapatan masih pas-pasan atau kurang, maka perlu melakukan evaluasi apa saja yang bisa dirubah. Dengan melakukan penghematan atau merubah gaya hidup agar tidak terlalu boros dan bisa menutup seluruh kebutuhan dengan jumlah pendapatan yang diterima.

2. Menyusun Financial Planning

Langkah selanjutnya adalah dengan menyusun financial planning atau rencana keuangan. Mulailah dengan merancang pos-pos pengeluaran rutin bulanan atau mingguan dengan bantuan kecanggihan produk-produk perbankan.

Untuk memudahkan pembayaran berbagai tagihan rutin seperti listrik, internet, layanan TV berbayar, dan lainnya dapat menggunakan Autopay BCA. Karena dengan Autopay BCA, pembayaran tagihan rutin jadi lebih mudah tanpa perlu mengingat nomor tagihan dan tanggal tagihan, cukup sekali bayar saat tagihan kartu kredit muncul.

3. Melunasi Hutang

Langkah paling signifikan untuk merdeka secara finansial adalah dengan terbebas dari hutang. Pada dasarnya financial freedom bisa dicapai saat seseorang sudah memiliki pendapatan yang stabil dan terbebas dari hutang.

Dari hal tersebut, maka perlu memprioritaskan untuk melakukan pelunasan hutang-hutang yang dimiliki dengan menekan pengeluaran tidak perlu atau menambah pendapatan. Agar impian mencapai financial freedom bisa terwujud dengan cepat.

4. Menabung dan Investasi

Satu hal yang membedakan antara orang-orang yang pas-pasan dengan seseorang yang sudah mencapai financial freedom adalah bisa atau tidaknya mengalokasikan pendapatannya untuk menabung dan berinvestasi.

Ketika ingin mencapai financial freedom di usia muda, perlu menyiapkan diri untuk mengatur keuangan dan menyisihkan sebagian pendapatan untuk ditabung atau berinvestasi.

BCA menawarkan beberapa jenis tabungan yang bisa menyesuaikan kebutuhan nasabah, seperti Tahapan BCATahapan XpresiTahapan Gold dan lainnya. Sedangkan untuk investasi, BCA menawarkan Welma yang memudahkan proses transaksi investasi seperti Reksa Dana dan Obligasi.

5. Pintar Menyesuaikan Lifestyle dengan Kondisi Keuangan

Cara lain yang tidak kalah penting untuk dapat mencapai financial freedom adalah dengan pintar mengatur pengeluaran. Salah satunya adalah dengan menyesuaikan gaya hidup dengan kondisi keuangan yang dimiliki.

Di dunia yang serba digital ini, tentu perlu memanfaatkan kemudahan yang diberikan oleh penyedia layanan perbankan.

Pengelolaan uang untuk kebutuhan hiburan bisa dipermudah dengan mengandalkan BCA Lifestyle. Segala macam transaksi seperti membeli tiket pesawat, tiket bioskop, membeli voucher game, bisa ada dalam satu genggaman dengan kemudahan yang diberikan oleh layanan BCA.

Sekarang, sudah paham bukan apa itu financial freedom dan cara mencapainya? Yuk, segera praktikan dan raih financial freedom-mu.