07 Jun 2022 | Edukatips

Kartu Debit atau Kredit BCA Terblokir? Ini Cara Mengatasinya!

Pernahkah kartu Debit atau Kredit BCA kamu terblokir? Kalau terjadi pasti bikin panik dan khawatir karena tidak bisa melakukan transaksi seperti tarik dan setor tunai di ATM hingga membayar transaksi melalui mesin EDC.

Penyebab paling umum kartu terblokir adalah salah input Personal Identification Number (PIN) pada mesin ATM atau mesin EDC. Akibatnya, demi alasan keamanan sistem secara otomatis akan memblokir kartu tersebut. Atau terjadi pemblokiran kartu untuk keamanan karena terindikasi disalahgunakan.

Selain itu, pemblokiran Kartu Debit atau Kredit BCA dapat juga terjadi atas permintaan nasabah sendiri. Misalnya, saat kartu debit atau kredit kamu hilang atau dicuri, pemblokiran merupakan cara yang tepat untuk mencegah hal-hal yang kurang diinginkan.

Lalu, bagaimana cara membuka blokir Kartu Debit atau Kredit BCA? Yuk, langsung saja simak caranya di sini!

Cara Buka Blokir Kartu Debit via Kantor Cabang BCA

Buka Blokir Kartu Debit BCA dapat dilakukan melalui kantor cabang terdekat. Berikut caranya:

  1. Siapkan dokumen identitas diri berupa KTP (untuk WNI) dan Paspor (untuk WNA)
  2. Kunjungi cabang BCA terdekat di daerahmu dan bawa dokumen yang dibutuhkan
  3. Informasikan kepada Customer Service BCA terkait kendala yang kamu hadapi
  4. Isi Surat Permohonan Permintaan Pembukaan Blokir Kartu/ATM
  5. Pembukaan blokir Kartu Debit selesai
  6. Untuk keamanan dan kenyamanan transaksi kamu, lakukan penggantian PIN baru di mesin ATM BCA

Cara Buka Blokir Kartu Debit via Halo BCA

Buka blokir Kartu Debit BCA melalui Halo BCA hanya dapat dilakukan untuk kondisi Kartu Debit terblokir karena salah memasukkan PIN sebanyak 3 kali berturut-turut di mesin ATM atau EDC

Membuka blokir Kartu Debit BCA dapat kamu lakukan dengan menghubungi Halo BCA 1500 888 atau melalui aplikasi HaloBCA dengan cara-cara berikut:

  1. Buka Aplikasi HaloBCA
  2. Pilih jenis layanan “Call” dan pilih menu “Perbankan”
  3. Setelah terhubung dengan Halo BCA, informasikan kendala yang dialami, yaitu salah input PIN
  4. Halo BCA kemudian akan melakukan verifikasi data dan identitas kamu
  5. Jika data sudah dianggap sesuai, petugas Halo BCA akan membuka blokir dan mereset ulang kesalahan PIN Kartu Debit BCA
  6. Kartu Debit sudah dapat digunakan kembali
  7. Untuk keamanan dan kenyamanan transaksi, segera lakukan penggantian PIN baru di mesin ATM BCA

Cara Buka Blokir Kartu Kredit via Halo BCA

Kartu Kredit BCA yang terblokir karena salah input PIN sebanyak lima kali berturut – turut di mesin ATM/EDC akan te-reset secara otomatis di hari kerja berikutnya, dan dapat digunakan kembali untuk bertransaksi tanpa perlu menghubungi Halo BCA.

Jika pemegang kartu lupa PIN lama Kartu Kredit BCA-nya maka dapat dilakukan aktivasi PIN kembali melalui myBCA, BCA mobile, ATM BCA atau www.bca.co.id/creditcard (menu e-Statement & Aktivasi PIN). Aktivasi PIN Kartu Kredit yang dilakukan melalui ATM atau www.bca.co.id membutuhkan kode otentikasi berupa 6 digit numerik yang dikirimkan kepada pemegang Kartu Kredit BCA melalui SMS ke nomor handphone yang terdaftar di Kartu Kredit BCA. Apabila pemegang kartu belum mendapatkan/ tidak menerima kode otentikasi, maka kode otentikasi dapat diminta melalui sarana berikut :

Sarana

 

Keterangan

 

SMS

Format SMS: REQ<SPASI>KODE<SPASI>OTENTIKASI#NOMOR KARTU dan dikirimkan ke 89888.

Website BCA

Akses www.bca.co.id/creditcard dan klik menu e-Statement & Aktivasi PIN.

Halo BCA

Menghubungi Halo BCA di 1500888

Note : Masa berlaku kode otentikasi untuk aktivasi PIN Kartu Kredit BCA adalah tujuh hari kalender setelah dikirimkan ke pemegang kartu.

Sebagai informasi, untuk membuka blokir Kartu Debit BCA karena permintaan sendiri lantaran hilang atau dicuri dapat dilakukan melalui Cabang BCA terdekat. Sementara, untuk Kartu Debit BCA yang terblokir secara otomatis oleh BCA untuk alasan keamanan, Nasabah perlu mengunjungi Cabang BCA atau mesin CS Digital BCA untuk melakukan penggantian kartu. Sedangkan, untuk Kartu Kredit BCA yang diblokir atas permintaan nasabah melalui aplikasi myBCA, BCA mobile atau Halo BCA, akibat hilang atau dicuri, maka perlu dilakukan penggantian kartu agar dapat digunakan kembali.

Tak perlu panik kalau Kartu Debit atau Kredit BCA kamu terblokir. Dengan cara buka blokir kartu di atas, segala transaksi keuangan akan kembali lancar dan nyaman.

Yuk, share informasi bermanfaat ini ke teman-teman dan keluargamu, Goodfriends.

Untuk kamu yang ingin memblokir Kartu Debit atau Kartu Kredit BCA karena kartu hilang, rusak, ataupun karena alasan lainnya, cek caranya di artikel ini:

Ini Dia Cara Blokir Kartu Debit atau Kartu Kredit BCA dari Gadget