30 Sep 2021 | Edukatips

Tips Atur Keuangan Yang Wajib Diketahui

Sadarkah Kamu, bahwa kondisi nilai uang dapat berubah dari waktu ke waktu? Ini bisa digambarkan sebagai time value of money. Uang yang dimiliki tahun ini belum tentu value nya sama dengan tahun depan dan tahun berikutnya hal ini salah satunya disebabkan karena faktor inflasi. Sudah waktunya kita mulai mencari tahu informasi lebih detil mengenai solusi untuk menjaga value of money kita.

Merencanakan keuangan merupakan sebagai bentuk evaluasi komprehensif keadaan sekarang dan masa depan. Dalam hal ini juga untuk mengantisipasi risiko finansial yang mungkin terjadi di kemudian hari.

Dalam perencanaan tidak hanya sebatas memonitor kondisi keuangan saat ini, tetapi juga dengan pembuatan anggaran. Dengan adanya budgeting maka Kamu dapat mengetahui kemana saja uang Kamu mengalir. Sehingga akan lebih fokus untuk menabung agar mencapai tujuan keuangan. Menyusun perencanaan keuangan atau yang lebih dikenal dengan financial planning,ini merupakan kunci utama untuk mewujudkan impian Kamu.

Dalam hal menyusun perencanaan keuangan kita perlu mengetahui tujuan finansial, mengenali  profil risiko diri sendiri, jangka waktu untuk berinvestasi dan potensi keuntungan yang kita harapkan.

Terdapat beberapa instrumen investasi yang dapat digunakan agar uang kita berpotensi bertumbuh nilainya sehingga tidak tergerus oleh inflasi, diantaranya terdapat instrument investasi Reksa Dana.

Investor pemula yang ingin memulai investasi dapat dilakukan diantaranya melalui reksa dana karena bisa dimulai dari langkah kecil cukup Rp100.000,-, terdapat beragam jenis reksadana yang dapat disesuaikan dengan profil risiko, tujuan finansial Kamu, serta terdapat professional fund manager atau manajer investasi yang memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan mengelola dana Kamu.

Kamu juga tetap bisa berinvestasi di tengah pandemi saat berada #dirumahaja, salah satunya dengan menggunakan fitur Welma di myBCA mengelola keuangan Kamu bisa dari mana saja.

Jadi jangan ditunda lagi, mulai investasi dari sekarang! Lakukan evaluasi secara berkala untuk memastikan investasi sesuai dengan tujuan financial Kamu dan memastikan value of money kamu tetap terjaga. 

Penulis: Edward Narodo, Partnership Distribution Head PT Danareksa Investment Management

Disclaimer:

Reksa Dana merupakan produk pasar modal dan bukan produk PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) dan BCA tidak bertanggung jawab atas segala tuntutan dan risiko atas pengelolaan portofolio Reksa Dana. Investasi pada Reksa Dana bukan merupakan bagian dari simpanan pihak ketiga pada BCA sehingga tidak dijamin oleh BCA dan tidak termasuk dalam cakupan objek program penjaminan pemerintah atau penjaminan simpanan. BCA hanya bertindak sebagai agen penjual efek Reksa Dana. Investasi pada Reksa Dana mengandung risiko yang memungkinkan investor kehilangan sebagian atau seluruh modal yang diinvestasikan. Kinerja Reksa Dana di masa lampau bukan merupakan jaminan kinerja di masa mendatang. Calon investor wajib membaca dan memahami prospektus Reksa Dana sebelum memutuskan untuk melakukan investasi melalui pembelian unit penyertaan Reksa Dana. 

PT Danareksa Investment Management telah memperoleh izin sebagai manajer investasi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan dalam melakukan kegiatan usahanya diawasi oleh OJK.