15 Sep 2021 | Edukatips

Cara Mudah Ganti Kartu Debit Non Chip ke Debit Chip

Di antara kamu ada yang masih menggunakan Kartu Debit Non Chip?

Kalau begitu, yuk segera ganti ke Kartu Debit Chip sebab sesuai arahan Bank Indonesia. Efektif 1 Desember 2021 Kartu Debit BCA Non Chip tidak akan bisa digunakan untuk bertransaksi.

Nah, khusus buat kamu nasabah BCA yang mungkin belum tahu, Kartu Debit Non Chip ini meliputi Kartu ATM BCA dan Paspor BCA lama yang menggunakan teknologi magnetic strip

Dan, kamu semua yang saat ini masih menggunakan Kartu Debit Non Chip tidak perlu khawatir ya! Karena mengganti kartu tersebut ke Kartu Debit Chip itu mudah kok. Bahkan, BCA menyediakan 3 cara mudah ganti Kartu Debit Non Chip ke Kartu Debit Chip yang bisa kamu pilih. Penasaran? Begini caranya.

  1. Datang ke Kantor Cabang BCA terdekat
    Penggantian ke Kartu Debit Non Chip ke Kartu Debit Chip dapat dilakukan di seluruh kantor cabang BCA di seluruh Indonesia.
  2. Melalui Layanan CS Digital BCA
    CS Digital adalah layanan Customer Service (CS) bagi setiap nasabah BCA yang ingin melakukan transaksi perbankan dalam satu mesin digital secara self service di cabang. Informasi lengkap mengenai CS Digital BCA, klik di sini
  3. Hubungi Halo BCA 1500888
    Informasi lebih lanjut terkait Syarat dan Ketentuan penggantian Kartu Debit Non Chip ke Kartu Debit Chip dapat menelepon Halo BCA.
  4. Melalui BCA mobile
    Untuk penggantian melalui BCA mobile bisa dilakukan dengan cara login ke BCA mobile dan klik menu ‘Akun Saya’, lalu klik “Ganti Kartu”.

 

Perlu kamu tahu, mengganti Kartu Debit Non Chip ke Kartu Debit Chip ini terbilang wajib lho. Hal ini disebabkan Kartu Debit BCA yang sudah berbasis chip bisa mendukung kenyamanan dan kemudahan transaksi. Adapun 3 Alasan kenapa harus ganti ke Kartu Debit Chip, yaitu:

  1. Banyak benefitnya

    Jika kamu beralih ke Kartu Debit BCA berteknologi chip, misalnya ke Kartu Debit Chip BCA Mastercard, maka kamu tidak hanya bisa melakukan transaksi di ATM dan mesin EDC. Kamu juga bisa melakukan transaksi debit online, dengan cara mengaktifkan fiturnya lewat BCA mobile. Kamu bisa bayar belanja online, berlangganan streaming musik/film, sampai beli voucher game di berbagai platform yang menyediakan pembayaran dengan Mastercard.

  2. Mendukung kebijakan Bank Indonesia

    Sejak 2015 Bank Indonesia sudah mencanangkan implementasi Standar Nasional Teknologi Chip dan penggunaan 6 Digit PIN untuk kartu ATM /Kartu Debit yang diterbitkan di Indonesia.

  3. Mengurangi Risiko Kejahatan Kartu

Kartu Debit Non Chip yang menggunakan tekonologi magnetic strip secara teknologi lebih mudah di-copy. Karena itu, risiko pencurian data lewat magnetic strip pada kartu atau skimming lebih besar, dibandingkan Kartu Debit Chip yang secara teknologi lebih maju dan aman.

Sebagai tambahan informasi, penggantian atau penukaran Kartu Debit Non Chip ke Kartu Debit Chip BCA ini tidak dikenakan biaya alias GRATIS lho. Jadi, tunggu apalagi? Segera ganti kartu Debit Non Chip mu ke Kartu Debit Chip BCA dengan tiga cara mudah di atas. Ingat, jangan sampai terlewat hingga 1 Desember 2021.

Share informasi bermanfaat ini agar teman-temanmu tahu ya, Goodfriends.