Outward Documentary Collection

Penagihan dokumen perdagangan dengan perantara bank

Outward Documentary Collection

Kenali Layanan Perlu Diketahui Biaya Dapatkan Layanan

Outward Documentary Collection


Outward Documentary Collection adalah jasa yang disediakan BCA untuk menerima dokumen dari penjual/eksportir (principal) dan mengirimkan dokumen ke Bank pihak pembeli (presenting bank/collecting bank) sesuai instruksi dari principal dengan maksud menagihkan akseptasi dan/atau pembayaran.

Jenis Documentary Collection

Jenis Penjelasan

Documents Against Payment (D/P)

BCA mengirimkan dokumen kepada presenting bank/collecting bank sesuai instruksi nasabah dengan maksud menagihkan pembayaran.

Documents Against Acceptance (D/A)

BCA mengirimkan dokumen kepada presenting bank/collecting bank sesuai instruksi nasabah dengan maksud menagihkan akseptasi kemudian menagihkan pembayaran saat jatuh tempo.

Catatan:

  • Transaksi Outward Documentary Collection dijalankan dengan mengacu pada Uniform Rules for Collections (URC) 522 , beserta perubahan dan/atau penggantinya (jika ada).
  • Transaksi dengan layanan Documentary Collection dapat menggunakan seluruh mata uang yang tersedia di BCA.

Manfaat

  • Nasabah tidak harus memiliki fasilitas kredit.
  • Layanan yang unggul dengan biaya kompetitif.
  • Layanan pengiriman dokumen sesuai instruksi nasabah.
  • Menyampaikan pembayaran dari drawee kepada nasabah.

Perlu Diketahui

Persyaratan dan Tata Cara

Syarat:

Nasabah mengajukan layanan ekspor/impor melalui cabang atau relationship manager (RM) di BCA dengan mengisi Formulir Pengajuan Layanan Ekspor Impor dan menyerahkan dokumen kelengkapan lainnya.

Tata cara transaksi:

  1. Nasabah melakukan penyerahan dokumen dan Formulir Pengajuan Dokumen Ekspor di Sentra Operasi Ekspor-Impor atau Kantor Cabang Utama (KCU) BCA .
  2. BCA meneruskan dokumen dan penagihan kepada presenting bank/collecting bank.
  3. BCA meneruskan pembayaran kepada nasabah setelah menerima pembayaran dari presenting bank/collecting bank.

Risiko

  • Risiko kehilangan dokumen karena kelalaian pihak ketiga atau presenting bank/collecting bank.
  • Risiko tidak menerima atau adanya keterlambatan pembayaran karena kelalaian pihak ketiga atau presenting bank/collecting bank ataupun karena drawee tidak melakukan pembayaran karena sebab apapun, termasuk tetapi tidak terbatas karena fraud yang dilakukan oleh drawee.

Informasi Tambahan

  • BCA wajib untuk menginformasikan segala perubahan atas manfaat, biaya, risiko, syarat dan ketentuan Produk dan/atau Layanan ini melalui surat atau melalui cara-cara lainnya sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Pemberitahuan tersebut akan diinformasikan 30 (tiga puluh) hari kerja sebelum efektif berlakunya perubahan.
  • Untuk menjalankan transaksi Documentary Collection, BCA perlu menyampaikan informasi nasabah ke pihak terkait, antara lain dan tidak terbatas pada counterparty dan regulator dalam rangka memenuhi ketentuan regulator dan ketentuan internal bank yang berlaku.
  • Segala resiko yang timbul atas kerjasama nasabah dengan drawee, antara lain: penunjukan presenting bank/collecting bank, kelalaian pihak ketiga, timbulnya fraud, force majeure, dampak yang disebabkan karena adanya country risk, transaksi terkena sanction, sepenuhnya menjadi tanggung jawab nasabah.

Biaya


Biaya transaksi Outward Documentary Collection tunduk pada ketentuan yang berlaku di BCA, yaitu: biaya komisi, biaya Telex/SWIFT, biaya penyelesaian (settlement charges), dan biaya pengiriman dokumen .

Simulasi

Nominal dokumen : USD 100.000

Mata uang sumber dana : USD

Jenis Documentary Collection : Documents Agains Payment (D/P)

Bila settlement charges dibebankan kepada drawee, berikut simulasi perhitungan biaya yang dibebankan kepada nasabah:

Jenis Biaya Perhitungan Biaya Besar Biaya Dibebankan saat…

Komisi

0,125% x USD 100.000

USD 125

BCA memproses pengiriman dokumen ke presenting bank/collecting bank

Telex/SWIFT

-

USD 5

 Biaya pengiriman dokumen - USD 25

Keterangan:
Simulasi ini hanya sebagai alat bantu atau contoh perhitungan yang bersifat perkiraan dan tidak dimaksudkan untuk menyediakan rekomendasi apapun.

Dapatkan Layanan


Nasabah dapat menyampaikan pertanyaan dan pengaduan melalui:

Hubungi Kami:

Halo BCA 1500888

Email : halobca@bca.co.id

WA : +628111500998

Website : www.bca.co.id

Media Sosial:

Facebook : GoodLife BCA

Instagram : @goodlifebca

Youtube : Solusi BCA

X (Twitter) : @BankBCA

Informasi dalam produk/layanan ini merupakan Ringkasan Informasi Produk dan/atau Layanan (RIPLAY) Umum.