Dengan mengakses situs ini, Anda telah menyetujui penggunaan cookies dari kami.
Penagihan dokumen perdagangan dengan perantara bank
Outward Documentary Collection
Outward Documentary Collection
Outward Documentary Collection adalah jasa yang disediakan BCA untuk menerima dokumen dari penjual/eksportir (principal) dan mengirimkan dokumen ke Bank pihak pembeli (presenting bank/collecting bank) sesuai instruksi dari principal dengan maksud menagihkan akseptasi dan/atau pembayaran.
Jenis Documentary Collection
Jenis | Penjelasan |
Documents Against Payment (D/P) |
BCA mengirimkan dokumen kepada presenting bank/collecting bank sesuai instruksi nasabah dengan maksud menagihkan pembayaran. |
Documents Against Acceptance (D/A) |
BCA mengirimkan dokumen kepada presenting bank/collecting bank sesuai instruksi nasabah dengan maksud menagihkan akseptasi kemudian menagihkan pembayaran saat jatuh tempo. |
Catatan:
Manfaat
Perlu Diketahui
Persyaratan dan Tata Cara
Syarat:
Nasabah mengajukan layanan ekspor/impor melalui cabang atau relationship manager (RM) di BCA dengan mengisi Formulir Pengajuan Layanan Ekspor Impor dan menyerahkan dokumen kelengkapan lainnya.
Tata cara transaksi:
Risiko
Informasi Tambahan
Biaya
Biaya transaksi Outward Documentary Collection tunduk pada ketentuan yang berlaku di BCA, yaitu: biaya komisi, biaya Telex/SWIFT, biaya penyelesaian (settlement charges), dan biaya pengiriman dokumen .
Simulasi
Nominal dokumen : USD 100.000
Mata uang sumber dana : USD
Jenis Documentary Collection : Documents Agains Payment (D/P)
Bila settlement charges dibebankan kepada drawee, berikut simulasi perhitungan biaya yang dibebankan kepada nasabah:
Jenis Biaya | Perhitungan Biaya | Besar Biaya | Dibebankan saat… |
Komisi |
0,125% x USD 100.000 |
USD 125 |
BCA memproses pengiriman dokumen ke presenting bank/collecting bank |
Telex/SWIFT |
- |
USD 5 |
|
Biaya pengiriman dokumen | - | USD 25 |
Keterangan:
Simulasi ini hanya sebagai alat bantu atau contoh perhitungan yang
bersifat perkiraan dan tidak dimaksudkan untuk menyediakan
rekomendasi apapun.
Dapatkan Layanan
Nasabah dapat menyampaikan pertanyaan dan pengaduan melalui:
Hubungi Kami:
Halo BCA 1500888
Email : halobca@bca.co.id
WA : +628111500998
Website : www.bca.co.id
Media Sosial:
Facebook : GoodLife BCA
Instagram : @goodlifebca
Youtube : Solusi BCA
X (Twitter) : @BankBCA
Informasi dalam produk/layanan ini merupakan Ringkasan Informasi Produk dan/atau Layanan (RIPLAY) Umum.
Anda akan meninggalkan BCA.co.id
Dengan mengklik ‘Lanjutkan’, Anda akan diarahkan menuju website di luar www.bca.co.id yang tidak terafiliasi dengam BCA dan mungkin memiliki tingkat sekuriti yang berbeda. BCA tidak bertanggung jawab dan tidak mendukung, menjamin, mengendalikan konten, mengendalikan ketersediaan dan perspektif atas produk-produk atau layanan-layanan yang ditawarkan atau dinyatakan oleh website tersebut.