30 Sep 2021 | News & Features

Risiko Bisa Terjadi Kapan Saja, Asuransi Harus Jadi Pilihan Utama

Pengalamannya semasa bekerja di Departemen Perhubungan sejak 1978 – 2013 membuat Iskandar Abubakar (68) mengenal asuransi. Sepanjang masa baktinya, perusahaan memberikan manfaat asuransi bagi dirinya sebagai karyawan. Hingga saat pensiunnya tiba, Iskandar segera mencari solusi proteksi. 

“Saya ingat di hari itu (tahun 2018) saya datang ke cabang BCA di Kebun Sirih, Jakarta Pusat, untuk mencari produk asuransi. Saya bertemu dengan Ibu Tia, Bancassurance Life Consultant AIA BCA yang menjelaskan berbagai produk dan manfaat asuransi, hingga akhirnya saya memilih Maxi Protection dengan fokus pada manfaat perlindungan jiwa dan kesehatan,” kenang Iskandar. 

Dalam hidup, kita mungkin tidak selalu  bisa melihat jalan ke depan, namun kita harus selalu siap dengan tantangan apapun. Akhir 2020, di bulan Desember, Iskandar mengalami kondisi medis yang cukup serius. “Saat itu dari anus saya keluar darah, saya langsung pergi ke RSPI Bintaro untuk memeriksakan diri,” kata Iskandar. Sungguh hasil pemeriksaan dari dokter saat itu bukanlah kabar yang ingin didengar, dokter mengatakan ada tumor di usus besar Iskandar. 

Setelah melalui pemeriksaan lanjutan, benar adanya ditemukan kanker sepanjang 5 cm yang mengharuskan Iskandar menjalani operasi, usus besarnya dipotong sepanjang 15 cm. Total perawatan saat itu mencapai 10 hari. Setelah pulang dari Rumah Sakit, Iskandar harus menjalani proses perawatan lanjutan dengan obat-obatan juga kemoterapi. Setelah menjalani proses tersebut selama tujuh bulan, Iskandar dinyatakan sembuh dan sel kanker di tubuhnya sudah hilang. 

“Saya bersyukur di saat proses perawatan itu saya hanya fokus kepada kesehatan saya, karena saya memiliki Maxi Protection, produk hasil kerjasama BCA dan AIA. Seluruh biaya dari mulai rawat jalan, rawat inap, operasi, obat, hingga kemoterapi ditanggung oleh asuransi Maxi Protection,” ujar Iskandar. 

Kini kondisi Iskandar sudah jauh membaik, ia sudah sehat. “Tapi enam bulan lagi saya tetap mau cek, hanya untuk memastikan kankernya tidak tumbuh lagi,” tegasnya. Kini di usia yang sudah tidak muda, gaya hidupnya pun lebih sehat. Selalu ada hikmah dan pelajaran yang dapat dipetik dari setiap momen kehidupan. 

Iskandar pun mengenang proses pengurusan asuransi saat ia membutuhkan, “Layanannya tidak ada kendala, prosesnya baik dan cukup cepat. Untuk rawat jalan prosesnya reimburse namun rawat inap dan operasi itu semua sudah diurus langsung oleh asuransi,” katanya. 

Belajar dari pengalaman Iskandar, terlebih di masa sekarang, di mana kita hidup di tengah pandemi yang penuh risiko, asuransi menjadi salah satu faktor penting yang harus dimiliki oleh masyarakat. Tentunya proteksi itu harus dilengkapi dengan langkah pencegahan seperti mematuhi protokol kesehatan juga menjaga gaya hidup sehat agar kita terhindar dari berbagai risiko kesehatan. 

“Asuransi sangat penting bagi kita semua, saya sudah merasakan sendiri bagaimana manfaatnya terhadap hidup saya. Karena, kita tidak tahu kapan kita akan bertemu dengan risiko hidup seperti sakit. Ketika itu terjadi, jika kita memiliki asuransi, kita bisa fokus kepada kesehatan kita,” pungkasnya. 

Kini telah hadir enhancement dari produk Maxi Protection, produk yang dibeli oleh Bapak Iskandar, yaitu Maxi Protection Plus (Maxi Plus) yang dapat dilengkapi dengan berbagai pilihan asuransi tambahan salah satunya Premier Hospital & Surgical Extra (PHS Extra). Maxi Plus dengan PHS Extra memberikan perlindungan hingga seumur hidup dan perlindungan kesehatan dengan Total Limit hingga Rp65 Miliar. Maxi Plus dapat diperoleh di Cabang BCA melalui Bancassurance Life Consultant (BLC) AIA atau tanpa tatap muka dengan klik tombol “Saya Tertarik” pada halaman produk Maxi Plus di mobile apps Welma dari BCA untuk kemudian dihubungi oleh BLC secara virtual melalui AIA DigiBuy.

Disclaimer: Produk asuransi ini adalah produk asuransi milik PT AIA FINANCIAL (“AIA”) serta bukan merupakan produk dan tanggung jawab PT BANK CENTRAL ASIA, Tbk. (“BCA”). BCA hanya bertindak sebagai pihak yang mereferensikan produk asuransi AIA. Produk asuransi ini tidak dijamin oleh BCA dan tidak termasuk dalam cakupan program penjaminan sebagaimana dimaksud dalam ketentuan perundang-undangan mengenai lembaga penjamin simpanan.

PT Bank Central Asia, Tbk. dan PT AIA FINANCIAL berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.