2023-05-26 | #AwasModus

Jaga Keamanan Kartu BCA Mastercard dengan Fitur Contactless

Era digital membuat transaksi finansial makin canggih salah satu contohnya dengan munculnya transaksi contactless yang bisa bayar transaksi hanya dengan tap kartu ke mesin EDC berlogo Contactless. Ciri utama kartu debit ini adalah terdapat logo seperti logo sinyal di tampak depan kartu. Informasi lengkap mengenai fitur dan keunggulan Kartu Debit BCA Mastercard dengan fitur Contactless bisa dibaca di sini.

Fitur contactless memang membuat transaksi jauh lebih mudah dan praktis. Untuk transaksi contactless tanpa PIN, batas akumulasi harian transaksi adalah Rp1 juta/hari/kartu, sedangkan transaksi dengan nominal di atas Rp1 juta, wajib menggunakan PIN (Berlaku di Indonesia, nominal transaksi Contactless dengan PIN mengikuti kebijakan masing-masing negara).

Tips Melindungi Kartu Debit BCA Mastercard dengan fitur Contactless

Dengan hadirnya fitur contactless tanpa PIN, nasabah harus ekstra hati-hati karena jika kartu hilang atau jatuh ke tangan yang salah bisa-bisa disalahgunakan oleh oknum tidak bertanggungjawab.

Fitur Contactless dapat digunakan bertransaksi apabila nasabah sudah melakukan aktivasi kartu berlogo contactless di myBCA atau BCA mobile. Sehingga, jika fitur ini belum diaktifkan, nasabah tidak dapat melakukan transaksi dengan metode contactless. Selain itu, nasabah bisa mengatur limit transaksi Kartu Debit BCA Mastercard dengan fitur Contactless tanpa PIN. 

Sehingga, jika fitur Contactless tidak digunakan atau ingin membatasi nominal transaksi, nasabah dapat mengatur sesuai keinginan lewat fitur Kontrol Kartu Debit Contactless dan Atur Limit Debit Contactless yang tersedia di BCA mobile atau myBCA.

Baca juga: Jaga Kerahasiaan Data Pribadi Untuk Keamanan BCA mobile

Simpan dengan baik Kartu Debit BCA Mastercard dengan fitur Contactless agar tidak berpindah tangan atau digunakan oknum tidak bertanggungjawab. Karena fitur contactless bisa berfungsi selama didekatkan atau tap ke mesin EDC, pemilik kartu bisa tetap memegang kartu tanpa diserahkan ke kasir saat bertransaksi. 

Hal ini juga dapat meminimalisir orang lain melihat data-data penting (Nomor Kartu ATM, Masa Expired Date, Kode CVV/CVC, dll). Jika kartu hilang, segera non-aktifkan fitur transaksi kartu via myBCA, BCA mobile atau hubungi Halo BCA di 1500888 atau via Aplikasi haloBCA.

Meski bisa digunakan dengan praktis dalam transaksi yang cepat, kamu harus tetap waspada ya untuk menjaga keamanan kartu agar terhindar dari modus penipuan.