2023-05-23 | #AwasModus

Apa Itu Ransomware? Pengertian dan Tips Menghindarinya

Ransomware adalah sebuah nama dari kelas malware, yang terdiri dari kata ransom (tebusan) dan malware. Malware ini menyerang dengan cara mencari data dan informasi yang berharga & penting, kemudian mencuri dan mengunci (enkripsi) file tersebut sehingga tidak dapat diakses dan meminta sejumlah tebusan untuk dapat mengakses kembali file tersebut.

Jenis kejahatan ini memiliki tujuan untuk memperoleh keuntungan dengan cara mencuri dan mengunci data dan memberikan ancaman terhadap pemilik data untuk membayar sejumlah uang kepada peretas.

Proses terjadinya Ransom attack

Salah satunya dapat berasal dari phishing yang dilakukan melalui sarana email, WA, link, attachment, dll.

  1. User mengunduh malware melalui salah satu dari media yang digunakan Hacker.
  2. Malware akan terinstall ke dalam device untuk mencari data-data penting dan berharga yang dapat dijadikan ancaman bagi pemilik data.
  3. Malware yang telah menemukan data/informasi penting dan berharga, akan melakukan enkripsi terhadap file tersebut sehingga tidak dapat diakses oleh pemilik data.
  4. Hacker akan mengirim pesan ancaman (Ransom Notes) kepada pemilik data untuk memberikan sejumlah uang/benefit kepada Hacker dengan janji akan mengembalikan data yang telah dicuri. Apabila pemilik data tidak mau memberikan sejumlah uang/benefit yang diminta, Hacker akan mengancam untuk menghapus atau membocorkan data/informasi penting tersebut.

Tips aman:

Berikut tips agar kamu terhindar dari ransom attack.

  • Selalu was-was, ekstra hati-hati dalam ber-internet, browsing, atau mobile.
  • Tidak men-download dari situs yang tidak terpercaya, tidak mendownload aplikasi yang tidak memiliki sertifikasi keamanan, matikan save password di browser.
  • Pastikan software selalu di-update, operating system, app, browser, patch, baik komputer rumah maupun office.
  • TIDAK mendownload leaked file dari dark web. Ada indikasi file tsb juga mengandung malware. Biasanya banyak yg “curious” dan ingin meng klik link yg diberikan.

Yuk, dari sekarang kita membiasakan diri untuk berhati-hati dalam mengakses, mengklik, dan mendownload agar tidak menjadi korban dalam modus serangan siber!

#AwasModus #CariTahuBiarAman