2022-12-30 | #AwasModus

Waspada Penawaran Promo KTA yang Mengatasnamakan BCA Finance!

Kredit Tanpa Agunan (KTA) memang sangat menggiurkan bagi sebagian orang untuk memenuhi kebutuhannya. Apalagi disertai promo yang menarik dan syarat yang mudah. Akan tetapi, nasabah perlu hati-hati dan teliti.

Pasalnya, baru-baru ini terjadi modus penipuan baru berkedok penawaran promo KTA BCA Finance khusus untuk nasabah BCA, baik itu berupa brosur fisik yang disebar di ATM, ataupun berupa file PDF yang disebar melalui sarana WhatsApp / email, bahkan bisa jadi lewat iklan di Instagram Ads.

Bahayanya lagi, si pelaku mengatasnamakan BCA Finance (anak perusahaan bank BCA) atas tindakannya tersebut sehingga tidak sedikit juga korban yang terkena modusnya tersebut.

Menyikapi hal tersebut, kamu tidak boleh sembarangan mempercayai selebaran brosur KTA. Sebab, melalui modus ini pelaku sebenarnya bertujuan mencuri data-data pribadi perbankan kamu dan menguras uang kamu di rekening!

Lantas, seperti apa motif modus penipuan ini? Bagaimana cara mencegahnya supaya tidak terjebak di dalam penipuannya? Mari kita simak bersama-sama.

Motif Modus Penipuan Berkedok Selebaran KTA

Modus ini biasanya dilancarkan oleh penipu di mesin ATM BCA. Penipu menyebarkan / menempel brosur promo KTA yang mengatasnamakan BCA Finance di mesin ATM BCA, dengan sasaran nasabah yang sedang berada di ATM BCA.

Selebaran brosurnya seperti ini:

Melalui brosur tersebut, karena penawarannya sangat menarik, beberapa nasabah mulai tertarik untuk mengambil promo KTA tersebut dengan cara menghubungi kontak yang tertera di dalam brosur, baik telepon ataupun WhatsApp.

Saat menghubungi kontak ‘BCA / BCA Finance’ yang sebetulnya menghubungi penipu, nasabah (korban) akan diminta ‘persyaratan pengambilan KTA’ dengan menyebutkan nomor HP, nomor kartu ATM, PIN, OTP, dan lain-lain seperti biasanya modus-modus penipuan.

Ketika semua data pribadi perbankan didapatkan, maka penipu dapat mengakses mobile banking milik korban dan mengambil seluruh uang di rekeningnya.

Tidak hanya melalui mesin-mesin ATM, penipu juga biasanya menyebarkan selebaran brosur KTA tersebut berupa format PDF melalui WhatsApp / email.

Bahkan, bisa jadi saking niatnya penipu juga memasang selebaran brosur tersebut melalui Instagram Ads.

Seperti itulah gambaran motif yang dilakukan oleh penipu untuk mengambil dana dari nasabah.

Oleh karena itu, kamu harus berhati-hati terhadap modus penipuan ini supaya tidak terjebak dalam permainan para pelaku dalam menyerap seluruh danamu.

Tips Mencegah Modus Penipuan KTA

Jika kamu menemui selebaran brosur / file PDF penawaran promo KTA yang mengatasnamakan BCA Finance, sebaiknya teliti dulu, jangan langsung percaya begitu saja. Sebab, bisa jadi itu merupakan modus dari para penipu.

Untuk selebaran brosur promo KTA seperti gambar di atas, mohon abaikan karena itu hoaks. Demi keamanan data perbankan kamu, diwajibkan langsung mengecek nomor / akunnya. Apakah itu nomor / akun resmi dari BCA / BCA Finance atau tidak.

Sebagai pegangan, berikut nomor / akun resmi BCA dan BCA Finance:

  • Nomor telepon resmi Halo BCA 1500888 (tanpa awalan apapun)
  • Nomor WhatsApp Bank BCA 0811-1500-998 (ada centang hijau)
  • Nomor WhatsApp BCA Finance 08111027780 (ada centang hijau)
  • Akun resmi Instagram BCA adalah @GoodlifeBCA (ada centang biru)
  • Akun resmi Instagram BCA Finance adalah @mybcaf dan juga @mybcaf.usedcar (ada centang biru)

Untuk mengetahui semua akun resmi sosial media BCA kamu bisa cek langsung di www.bca.co.id/socialmedia

Yang terpenting, kamu harus menjaga kerahasiaan data pribadi perbankan seperti nomor kartu ATM, PIN, OTP. Pasalnya, BCA tidak pernah meminta data pribadi lewat telepon, link atau sarana apapun.

Terakhir, apabila kamu menemukan selebaran brosur seperti gambar di atas ataupun informasi mencurigakan yang mengatasnamakan bank BCA / BCA Finance, laporkan langsung ke Halo BCA di 1500888 atau via aplikasi haloBCA yang bisa kamu instal di Google Play Store atau Apple App Store.

Itu dia tips keamanan mengenai modus penipuan berkedok selebaran brosur KTA yang perlu diwaspadai oleh para nasabah beserta cara-cara mencegahnya.

Untuk mengetahui berbagai macam modus penipuan perbankan yang merugikan nasabah, #CariTahuBiarAman di www.bca.co.id/awasmodus. Pelajari baik-baik modus-modus yang mengatasnamakan bank BCA supaya kamu terhindar dari jebakan para penipu.