2022-12-07 | #AwasModus

Waspada Install Aplikasi BCA lewat Link Penipuan!

Belakangan ini, marak modus penipuan yang mengatasnamakan BCA dan mengarahkan kamu untuk install aplikasi haloBCA atau aplikasi BCA lainnya melalui link yang diberikan.

Link-nya pun disebar di berbagai platform, mulai dari media sosial, WhatsApp, ataupun email. Menyikapi kejadian tersebut, BCA selalu menghimbau kepada para nasabah untuk terus berhati-hati terkait penyebaran link penipuan yang mengatasnamakan BCA.

Pasalnya, link berbahaya tersebut digunakan penipu untuk mengambil data-data pribadi perbankanmu sehingga penipu bisa mengakses akun BCA kamu.

Untuk menghindari hal itu, ada tiga hal yang perlu kamu ketahui supaya tidak terjebak oleh modus link penipuan yang mengatasnamakan BCA.

Aplikasi Resmi BCA

Ketika kamu mendapatkan link penipuan, entah itu dari WA ataupun email yang mengatasnamakan BCA, dan diarahkan untuk install aplikasi BCA, kamu jangan gegabah untuk melakukannya.

Pasalnya, ketika kamu mengklik link berbahaya tersebut dan menginstall aplikasi BCA, tiba-tiba perangkat kamu tidak dapat bekerja lagi dan data-data pribadi perbankan kamu dapat dicuri.

Harap diperhatikan, aplikasi-aplikasi resmi BCA itu hanya dapat di-install / di-download dari sumber yang resmi seperti:

  • Google Play Store;
  • Apple Store; atau
  • Huawei App Gallery*

*Aplikasi haloBCA belum tersedia di Huawei App Gallery.

Sebelum di-install, pastikan dulu publisher-nya adalah PT Bank Central Asia Tbk., bukan yang lain.

Jadi ingat ya, jangan pernah menginstall atau mendownload aplikasi-aplikasi yang mengatasnamakan BCA dari sumber yang tidak jelas termasuk link penipuan seperti itu!

Nomor dan Akun Resmi BCA

Selain link penipuan, kamu juga harus selalu waspada jika ada nomor dan akun yang menghubungi kamu dan mengaku-ngaku dari Bank BCA.

Berikut nomor dan akun resmi BCA:

  • Telepon Halo BCA 1500888 (tanpa awalan apapun)
  • WhatsApp Bank BCA 0811500998 (centang hijau)
  • Akun resmi social media BCA cek di bca.co.id/socialmedia

Jaga Selalu Kerahasiaan Data Pribadimu

Untuk menghindari adanya data yang bocor, kamu juga perlu hati-hati terkait data-data pribadi perbankan kamu.

Jangan sekali-kali membagikan atau memberitahukan nomor kartu ATM, PIN, CVC/CVV, Expired date, OTP, User ID, Respon token KeyBCA dan lain-lain kepada siapapun.

Pastikan, data-data tersebut dijaga dengan baik supaya tidak terjadi hal yang membahayakan akun BCA kamu.

Selalu waspada terhadap penipuan online yang mengatasnamakan bank BCA. Ingat selalu nomor dan akun resmi BCA yang sudah tertera di atas. Ingat juga jangan pernah mendownload aplikasi BCA dari sumber yang tidak jelas termasuk link penipuan.

Supaya kamu terhindar dari praktik modus link penipuan online, yuk #CariTahuBiarAman di www.bca.co.id/awasmodus