2022-09-06 | #AwasModus

Awas Penipuan Tawaran Upgrade Fitur BI FAST di BCA mobile!

Modus penipuan melalui iklan di media sosial tak henti-henti mengincar calon korban. Modus penawarannya pun kian beragam.

Salah satunya, modus menawarkan upgrade fitur BI Fast di aplikasi BCA mobile, myBCA atau KlikBCA. Padahal fitur BI FAST itu secara otomatis sudah ada di versi terbaru aplikasi-aplikasi tersebut.

Sebelum lebih lanjut menjelaskan kronologi penipuan yang satu ini, ada baiknya kita mengetahui informasi terkait BI Fast.

BI Fast merupakan infrastruktur sistem pembayaran dari Bank Indonesia untuk memfasilitasi pembayaran ritel nasional yang lebih efisien, aman, berlangsung seketika atau real time dan beroperasi selama 24/7 atau sepanjang waktu. BI FAST lebih hemat karena biayanya hanya 2.500 rupiah per transaksi.

Untuk bisa menggunakan BI Fast, yang harus dilakukan adalah memastikan BCA mobile atau di myBCA adalah versi yang ter-update. Untuk bisa mendapatkan versi terupdate, caranya dengan melakukan update aplikasi BCA mobile dan myBCA pada Playstore atau Appstore.

Tutorial cara menggunakan fitur BI FAST di BCA mobile, Klik BCA atau di myBCA bisa kamu pelajari di sini.

Kronologi Penipuan

Para penipu menjalankan aksinya dengan memasang iklan di media sosial khususnya di Instagram. Seringkali visualnya mengambil dan mengedit dari akun asli BCA dengan kualitas gambar yang kurang.

Mereka menggunakan akun palsu yang dibuat semirip mungkin dengan akun resmi BCA.

Dengan alasan agar dapat dilakukan upgrade fitur BI FAST, pelaku memberikan link palsu dan meminta korban untuk mengisi data pribadi seperti nomor kartu ATM, PIN, OTP dll.

Padahal, data pribadi tersebut diincar oleh penipu untuk dapat mengakses akun rekening milik korban, dan kemudian menguras uangnya.

Tips mengatasi penipuan ini

Ada beberapa tips yang harus kamu perhatikan untuk mencegah penipuan ini.

  • Waspada akun palsu! Biasanya iklan penipuan ini menggunakan akun palsu yang dibuat semirip mungkin dengan akun BCA, namun terlihat berantakan (asal comot gambar), kualitas gambar jelek, jumlah followernya sedikit, dll.
  • Akun resmi media sosial BCA sudah ter-verified bercentang biru. Contohnya, Instagram BCA adalah @GoodlifeBCA. Cek semua akun resmi media sosial BCA di sini
  • Fitur BI FAST otomatis bisa kamu dapatkan di BCA mobile dan myBCA versi terbaru. Fitur BI FAST juga bisa didapatkan di KlikBCA Individu / KlikBCA Bisnis.
  • Awas link palsu! Misalnya link isian data yang menyerupai tampilan BCA mobile. Jangan di klik, apalagi isi data-data pribadi bank kamu.
  • Ibarat rumah, data pribadi bank itu adalah kunci rumahnya. Agar orang lain tidak bisa mengakses akun rekening kita, jaga selalu kerahasiaan data seperti nomor kartu ATM, PIN, OTP dll.

Jika menemukan akun-akun palsu BCA di Instagram Ads, laporkan ke Instagram agar akun mereka di takedown, biar korban penipuan berkurang. Lihat caranya di sini.

Yuk, cari tahu biar aman tentang modus-modus penipuan perbankan di bca.co.id/awasmodus  

#CariTahuBiarAman